Pentingnya Sertifikasi Kompetensi

Discussion in 'Education' started by zigitmp, Aug 14, 2022.

  1. zigitmp

    zigitmp New Member

    Joined:
    May 18, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Setiap tahun perguruan tinggi di Indonesia meluluskan ribuan mahasiswa. Memulai fase baru dikehidupan mereka, ada yang melanjutkan pendidikan, ada yang berwirausaha, ada juga yang bekerja sebagai seorang profesional.

    Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan dunia kerja juga tidak mudah, ada begitu banyak fresh graduate atau lulusan baru yang berjuang untuk mendapatkan tempat di perusahaan. Tetapi salah satu masalah yang seringkali mereka hadapi ialah minimnya pengalaman atau malah tanpa pengalaman sama sekali. Jika pun ada, itu hanyalah pengalaman magang saat perkuliahan.

    Lantas apa yang bisa dilakukan oleh lulusan baru?

    Salah satunya ialah dengan memiliki sertifikasi kompetensi. Sertifikasi merupakan pengakuan terhadap kompetensi seseorang. Ada banyak lembaga sertifikasi, baik berskala nasional ataupun internasional.

    Di Indonesia sendiri ada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diberikan wewenang untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja, hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2018. Dalam pelaksanaannya, BNSP memberikan lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi yang memenuhi persyaratan.

    Dengan memiliki sertifikasi kompetensi, peluang lulusan baru untuk diterima perusahaan tentu saja lebih terbuka, sebab kompetensi mereka sudah mendapatkan pengakuan.
     
Loading...

Share This Page