Pengertian dan Definisi Biosfer

Discussion in 'Education' started by Yovi, Apr 4, 2016.

  1. Yovi

    Yovi Member

    Joined:
    Feb 28, 2015
    Messages:
    79
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Pengertian biosfer sederhananya adalah tempat di Bumi dimana makhluk hidup ada. Sehingga baik itu manusia, animalia, plantae, dan bahkan makhluk makhluk mikrobiologis yang ada, dan hidup di Bumi, apabila mereka masih mampu hidup dan melangsungkan kehidupan ditempat tersebut, maka itu masih merupakan biosfer Bumi.

    Dalam referensi lain dijelaskan bahwa pengertian biosfer sendiri adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Seperti yang kita sadari bahwa Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer berdasarkan beberapa riset yang ada, telah ada sejak 3,5 miliar tahun dan seperti kita tahu bahwa usia Bumi diperkirakan berusia 4,5 miliar tahun, yang artinya biosfer kita ada setelah 1 milyar tahun bumi terbentuk.

    Biosfer kita dibagi menjadi beberapa bioma, dihuni oleh flora dan fauna yang serupa. Di darat, bioma dipisahkan terutama oleh lintang. Bioma terestrial terletak di dalam Lingkaran Arktik dan Antartika relatif tandus kehidupan tanaman dan hewan, sementara sebagian besar bioma lebih padat terletak di dekat khatulistiwa. Organisme terestrial di beriklim sedang dan bioma Arktik memiliki jumlah yang relatif kecil dari total biomassa, anggaran energi yang lebih kecil, dan menampilkan adaptasi menonjol ke dingin, termasuk dunia-mencakup migrasi, adaptasi sosial, homeothermy, estivation dan beberapa lapisan isolasi.

    Secara garis besar, biosfer dibagi ke dalam tiga biosiklus (biocyclus) atau siklus makhluk hidup, Yaitu biosiklus daratan, biosiklus lautan, dan biosiklus air tawar. Karakteristik organisme yang hidup dalam setiap biosiklus di daratan, lautan dan air tawar berbeda. Organisme tersebut ada yang hanya daapt bertahan hidup di daratan, ada yang hanya bertahan hidup di lautan, dan ada yang hanya dapat hidup di air tawar. Tetapi terdapat banyak juga organisme yang mampu bertahan hidup di dua biosiklus bahkan dalam tiga biosiklus. Contohnya saja ikan sidat dan ikan salem dapat hidup di biosiklus lautan (air asin) dan biosiklus air tawar. Adapun binatan amfibi dapat hidup di tiga biosiklus sekaligus, yaitu daratan, lautan, dan air tawar.

    Sumber : http://woocara.blogspot.com/2016/02/pengertian-biosfer-lengkap.html
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Dalam siklus biosfer ada yang namanya keseimbangan. Oleh karena itu kita butuh tumbuhan dan hewan lainnya.
    Ayo hijaukan bumi untuk Indonesia yang lebih baik
     
Loading...

Share This Page