Pengen Kerja di Luar Negeri? Simak 6 Tips Jitu Cari Lowongan Kerja Luar Negeri

Discussion in 'General Lifestyle' started by AndroidApkApps, Sep 11, 2020.

  1. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Ada banyak hal mengapa orang memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Salah satu yang paling kuat adalah mendapatkan gaji yang tinggi. Selain itu, bekerja di luar negeri juga akan menambah pengalaman, kecakapan, dan memperbanyak relasi. Iming-iming inilah yang menjadi alasan kuat kenapa orang mulai mencoba peruntungan untuk bekerja di luar negeri.

    Namun, biasanya ada kendala saat ingin melamar atau memasukkan CV di perusahaan di luar negeri. Nah, berikut ini ada 6 tips ampuh yang dapat kamu terapkan saat mencari lowongan kerja luar negeri. Apa saja? Simak artikel berikut ini, ya!

    1. Lakukan riset kecil-kecilan mengenai situs resmi dari perusahaan yang akan kamu lamar

    Bukan sekadar asal-asalan, kamu butuh riset tentang perusahaan yang kamu lamar sama halnya ketika kamu mencari kerja di negeri sendiri. Bahkan dalam hal ini kamu harus lebih ketat menyaringnya.

    Kamu bisa membuat check list tentang kantor mana saja yang sudah terjamin dalam memberikan gaji pada karyawan, keuntungan dan fasilitas ketika kamu bekerja di sana, atau dokumen apa saja yang dapat diperlukan untuk melamar. Meski hal sepele, ini sangat penting sebelum kamu betulan diterima di perusahaan tersebut.

    2. Pakai media sosial dan aktif di grup pencari kerja, seperti LinkedIn dan lainnya

    Manfaatkan media sosial semaksimal mungkin ketika kamu dalam tahap pendekatan terhadap perusahaan yang akan kamu lamar. Menggunakan media sosial akan membantu kamu terhubung dengan berbagai perusahaan lain. Bahkan bisa jadi perusahaan yang menerima kamu bukan merupakan tujuan awal yang kamu inginkan.

    Melalui media sosial, kamu dapat mengetahui tentang seluk-beluk yang berhubungan dengan kantor, pegawai, dan budaya di kantor tersebut. Siapkan profil terbaik untuk membuat perekrut tertarik menerima kamu.

    3. Siapkan niat dan antusias yang tinggi

    Tentu saja, butuh kepercayaan diri dan niat yang tidak pernah padam ketika melamar kerja di luar negeri. Persiapkan segala hal, mulai dari dokumen legal yang kamu butuhkan, sampai presentasi skill dan pengalamanmu.

    Alih-alih menunggu dan malas-malasan setelah memasukkan lamaran, kamu bisa mencari dan mencari lagi hingga menemukan perusahaan yang paling cocok dengan dirimu. Semakin kamu punya antusiasme dan keingintahuan yang besar, semakin kamu dekat dengan pekerjaan yang kamu impikan.

    4. Perdalam skill dan persiapkan mental kamu

    Persiapkan semua dengan matang, termasuk dalam hal ini yang paling penting adalah skill kamu. Jangan sampai nanti setelah diterima, kamu jadi kagok dan belum bisa menyesuaikan dengan perusahaan yang menerimamu. Selain itu, siapkan pula mental yang kuat dan tahan banting terhadap setiap kondisi.

    Bekerja di luar akan membuatmu memperoleh banyak tantangan yang lebih besar dibandingkan bekerja di Indonesia. Jadi mulai sekarang, tebalkan niat dan selalu konsisten sama apa yang kamu inginkan.

    5. Beri usaha semaksimal mungkin tanpa perlu banyak harap

    Kalau kamu mengalami kegagalan saat melamar pekerjaan di luar, itu adalah hal biasa. Sehingga, taruh harapan kamu serendah mungkin. Bukan berarti kamu tidak memperkirakan gaji atau posisi yang bagus, namun sebaiknya cari lowongan yang sepertinya sesuai dengan kemampuan kamu.

    Jika seandainya sudah bekerja di luar negeri, kamu bisa menaikkan karier setelah beradaptasi dengan negara tempat kamu bekerja tersebut.

    6. Jangan lupa siapkan biaya dan restu keluarga

    Tidak ada usaha apa pun yang memulai dagangan mereka dengan modal dari nol, pasti ada yang namanya modal usaha. Begitu pula kamu yang sedang mencari kerja di luar negeri. Sehingga, kamu butuh mempersiapkan modal untuk biaya awal, seperti mengurus visa, tempat tinggal, kebutuhan sehari-hari, asuransi, dan hal lainnya.

    Tentunya, keputusan kamu untuk bekerja di luar negeri bukan hal yang mudah diterima oleh keluarga. Jadi pastikan kamu sudah mendapatkan izin keluarga sebelum bekerja di sana.

    Sumber : https://www.idntimes.com/life/career/fajar-laksmita-dewi-1/6-tip-cari-lowongan-kerja-luar-negeri
     
    Ganyool likes this.
Loading...

Share This Page