Pemilik Usaha Harus Tahu Ini Manfaat Dari Pinjaman Karyawan

Discussion in 'General Business' started by arissaputro, Jan 31, 2021.

  1. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Sumber gambarnya dari www.freepik.com

    Halo Selamat Siang Semua,Sesuai dengan judul thread,Saya akan membagikan manfaat dari pinjaman karyawan(merupakan salah satu jenis dari piutang lain-lain).Biasanya ini(pinjaman karyawan) yang mengaplikasikannya adalah perusahaan besar sebagai reward kepada karyawannya.Tetapi untuk usaha yang kecil(5-10 orang) juga harus mengaplikasikannya.Mengapa?

    Karena selain memberikan reward untuk karyawan yang baik(menurut penilaian pemilik usaha).Ternyata pinjaman karyawan ini juga memiliki banyak manfaat yang menguntungkan untuk pemilik usaha yang lingkupnya kecil.Berikut ini manfaat yang diterima jika mengadakan program pinjaman karyawan.

    1. Meningkatkatkan Produktivitas Karyawan,

    Semua karyawan itu pastinya mempunyai kebutuhan masing-masing.Ketika suatu waktu terjadi suatu kejadian mendadak dan membutuhkan dana yang sifatnya mendesak.

    Sedangkan karyawan gajinya maupun tabungannya tidak mencukupi untuk mengatasi masalah tersebut.Pemilik usaha dapat menawarkan pinjaman kepada karyawan yang terkena masalah tersebut.

    Jika dengan pinjaman tersebut membantu karyawan.Selain daripada membayar pinjaman,karyawan juga akan menunjukkan rasa berterima kasih dengan giat dan bertanggungjawab dalam bekerja.

    Hal ini akan menimbulkan meningkatnya produktivitas kerja karyawan tersebut.

    2. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

    Pengadaan pinjaman yang diberikan pemilik usaha akan membuat karyawan merasa diberikan kemudahan penyelesaian ketika ada masalah mendesak yang membutuhkan dana.Hal ini memberikan kesan positif karyawan untuk lebih loyal kepada bosnya.

    3. Untuk Strategi Retensi Karyawan

    Sebelum mengapa pinjaman dapat menjadi strategi retensi karyawan,terlebih dahulu mengetahui apa artinya?

    Menurut Susilo, (disini)pengertian retensi karyawan adalah upaya dalam mempertahankan karyawan yang potensial untuk tetap loyal terhadap perusahaan.

    Nah dengan pinjaman karyawan ini dapat meminimalisir karyawan yang ingin resign atau mengundurkan diri untuk bekerja di tempat lain.

    4. Mengikat Karyawan Secara Halus

    Ya,dengan adanya pinjaman dari pemilik usaha dan karyawan ada yang meminjam.Ini akan mengikat karyawan tersebut selain kewajiban mereka bekerja juga harus membayar pinjaman.

    5. Efisien Dalam Biaya Pengelolaan Karyawan

    Dengan diperhatikannya pegawai dengan program pinjaman karyawan membuatnya menjadi loyal, produktivitas meningkat dan keterikatan dengan tempat kerjanya.

    Dengan ini membuat karyawan tidak berpindah(turn over) ke tempat kerja lain.Nah dengan minimnya turn over membuat pengurangan beban dana maupun waktu yang habis terpakai dalam perekrutan karyawan pengganti.Selanjutnya pemilik usaha dapat merancang strategi usaha lebih baik dan matang.

    Tetapi dari semua manfaat yang didapatkan,pemilik usaha juga harus menganalisa dulu kasnya apakah tersedia untuk program pinjaman karyawan.Ya itu saja thread yang saya bagikan hari ini mengenai manfaat program pinjaman karyawan.Semoga bermanfaat.
     
    Last edited: Jan 31, 2021
  2. creo

    creo New Member

    Joined:
    May 19, 2021
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantap infonya, sukses
     
Loading...

Share This Page