Pembangunan Infrastruktur Listrik 35.000 MW, Untuk Apa Saja?

Discussion in 'Education' started by no teemo, May 10, 2017.

  1. no teemo

    no teemo New Member

    Joined:
    Jan 26, 2016
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Infrastruktur adalah agenda pembangunan pemerintah Indonesia yang tidak pernah lepas dari rancangan anggaran. Untuk tahun 2017 saja, pemerintah Indonesia menganggarkan dalam APBN pembangunan infrastruktur yang mencapai angka Rp. 387 Triliun. Jumlah ini naik Rp. 74 Triliun dari APBN tahun 2016 untuk infrastruktur. Salah satu yang jadi fokus utama untuk pembangunan bidang infrastruktur ini adalah pembangunan pembangkit listrik bertenaga 35.000 MW dalam rencana pembangunan jangka panjang. Rencananya, suplai energi listrik yang besar ini akan diwujudkan dengan memanfaatkan tenaga uap. Meski mendapat banyak pro dan kontra, pembangunan infrastruktur untuk listrik hingga 35.000 MW ini ditutujukan untuk kesejahteraan masyarakat secara umum. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika nantinya benar akan terwujud?

    1. Arti penting dari gencarnya Presiden Jokowi mencanangkan program listrik 35.000 MW ini adalah untuk meratakan pasokan listrik ke seluruh wilayah Indonesia terutama ke wilayah-wilayah yang belum mendapatkan akses listrik yang memadai. Sudah bukan hal yang luar biasa bagi masyarakat di luar Pulau Jawa dan Bali merasakan listrik hanya beberapa jam dalam sehari. Bahkan masyarakat di Jawa pun masih sering mengalami pemadaman bergilir yang bisa mengganggu aktivitas.

    2. Yang kedua adalah program ini berguna untuk menambah cadangan listrik hingga 30% pada hampir semua wilayah di Indonesia. Cadangan listrik diperlukan untuk memastikan listrik tetap menyala dan bisa digunakan ketika penggunaan masyarakat melebihi dari kapasitas biasanya. Sementara di banyak wilayah Indonesia cadangan listrik sama sekali tidak ada bahkan sampai minus, yang artinya kapasitas listrik tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

    3. Yang ketiga tentu untuk mendorong pertumbuhan industri dan juga wilayah termasuk daerah-daerah. Pada tahun 2016 peningkatan akan permintaan listrik mencapai 7.000 MW yang sebagian besar diminta oleh sektor perumahan dan industri. Melihat bahwa geliat bisnis industri baik skala kecil hingga besar terus meningkat maka tidak heran apabila permintaan akan ketersediaan listrik yang bisa melancarkan operasional usaha terus meningkat. Itulah dia arti penting dan tujuan dari pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW sebagai bagian dari rencana jangka panjang pembangunan infrastruktur di Indonesia.
     
  2. 9trayeri

    9trayeri New Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Saya setuju.. Masalahnya banyak daerah2 di Indonesia yang belum ada listrik dan kalau tujuan pembangunan infrastruktur untuk mengoptimalkan distribusi listrik ke seluruh pelosok daerah di Indonesia, saya setuju.
     
  3. Rinto85

    Rinto85 New Member

    Joined:
    Mar 20, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Yah semoga saja dengan adanya pembangunan infrastruktur listrik dengan daya yang besar ini bisa membuat tersedianya sarana listrik yang merata di seluruh Indonesia jadinya setiap orang bisa menikmati penggunaan listrik untuk kehidupan sehari-hari mereka.
     
Loading...
Similar Threads - Pembangunan Infrastruktur Listrik
  1. tiyo
    Replies:
    0
    Views:
    543
  2. no teemo
    Replies:
    0
    Views:
    556

Share This Page