Nggak Nyangka! Ternyata Karena Ini Milenials Jadi Susah Nabung

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Jan 31, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    187
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Siapa sih yang nggak tau dengan milenials? Generasi yang akrab banget dengan gadget ini terkenal sangat memperhatikan gaya hidupnya. Mereka cenderung bersifat boros dan mementingkan kesenangan. Hal inilah yang membuat generasi kekinian sulit menabung.

    Bahkan berdasarkan riset yang dilakukan George Washington Global Financial Literacy Excellence Center, milenials lebih memilih menghabiskan uangnya untuk traveling dan belanja dibanding membeli sebuah apartemen atau produk dengan nilai investasi lho. Duh, kalau keadaannya terus begini, nggak heran kalau banyak pakar ekonomi yang memprediksi milenials nggak bisa beli rumah dalam 5 tahun ke depan.

    Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat milenials sulit untuk menabung. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

    Terlalu Banyak Nongkrong di Café

    Untuk menaikkan status sosial, generasi milenials sering banget pergi nongkrong ke café bersama teman-temannya. Padahal, uang yang dikeluarkan nggak sedikit lho. Hal ini semata-mata untuk di-share di media sosial dan dapat menaikkan gengsi mereka.

    Makan di Restoran

    Tak berbeda jauh dengan poin pertama, generasi milenial juga lebih senang untuk membeli makanan di luar. Alasannya lebih cepat, praktis, dan mudah. Padahal, pengeluaran untuk makan di restoran cepat saji bisa menghabiskan Rp 50.000 hingga Rp 100.000 sekali makan lho.

    Bayangkan jika kamu makan di restoran setiap hari, berapa banyak uang yang akan dikeluarkan? Lumayan besar kan?

    Travelling

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa milenials cenderung lebih memilih menghabiskan uangnya untuk travelling dibanding membeli hunian. Sebenarnya, nggak ada yang salah dengan pergi berlibur. Taip, bukankah lebih baik jika kamu juga mempertimbangkan kondisi keuangan di masa depan?

    Karena itulah, prioritaskan tabungan jangka tua atau cicilan hunian dibandingkan dengan travelling yang bisa dibilang kesenangan sesaat.

    Tidak Menabung Untuk Masa Pensiun

    Kesalahan terakhir yang dilakukan milenials adalah nggak memikirkan masa depan sedini mungkin. Kamu mungkin berpikir bahwa masa pensiun masih dua puluh atau tiga puluh tahun lagi, sehingga merasa nggak perlu menyisihkan uang dari sekarang. Tahukah kamu bahwa dengan menyisihkan dana pensiun sejak dini, kamu akan mendapat hasil tabungan 2x lipat di masa mendatang lho.

    Nah, itulah beberapa alasan mengapa generasi milenial sulit menabung. Kalau menurutmu gimana? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Menabung itu penting ya kalau sumbernya berlebihan.
    Tapi kalau source-nya kurang gimana donk...
    Salam.
     
  3. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    187
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    asal kita pinter ngatur keuangan, pasti bisa kok gan. mulai dari nominal kecil dulu jg gak masalah*peace*
     
  4. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    kalau mau gampang nabung, ya tingkatin gaji dan perkecil pengeluaran. Jadi penghasilan bakalan banyak lebihnya
     
Loading...

Share This Page