Negara Dengan Tradisi Mudik Lebaran

Discussion in 'General Lifestyle' started by KangAndre, Jul 17, 2015.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Bukan hanya di Indonesia, tradisi mudik saat lebaran juga ada di beberapa negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Mudik lebaran merupakan tradisi pulang kampung ke tempat kelahiran atau asal daerah saat menjelang lebaran.

    Tradisi turun-temurun yang sudah dilakukan masyarakat Indonesia ini, juga terjadi di beberapa negara yaitu jutaan orang tiap tahunnya berbondong-bondong kembali ke kampung halaman dengan memanfaatkan berbagai macam transportasi dengan tujuan hanya satu, ingin berkumpul dan berlebaran bersama keluarga.

    Berikut ini beberapa negara di dunia yang memiliki tradisi mudik seperti Indonesia, yang dikutip dari situs Dream.

    1. Malaysia
    Di Malaysia, tradisi mudik dikenal dengan nama 'balik kampong'. Masyarakat Malaysia melaksanakan 'balik kampong' tak hanya pada saat Lebaran, tetapi biasanya juga saat tahun baru Imlek.

    2. Bangladesh
    Tradisi mudik jelang hari raya Idul Fitri juga dimiliki Bangladesh yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Beberapa hari sebelum Idul Fitri biasanya arus mudik di Bangladesh sudah mulai ramai. Orang-orang berbondong-bondong 'menyerbu' terminal bus, memadati stasiun kereta api hingga memilih mudik dengan perahu sungai.

    3. India
    Masyarakat India juga terbiasa melakukan mudik saat menjelang Lebaran. Orang-orang berbondong-bondong pulang kampung karena ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halamannya. Di samping mudik, masyarakat India bahkan memiliki tradisi perayaan Lebaran seperti saling mengirimkan makanan, bersilaturahmi, bersalam-salaman, dan membagikan sedekah.

    4. Pakistan
    Saat menjelang Lebaran, jutaan orang Pakistan pulang ke kampung halaman. Sejak beberapa hari menjelang Idul Fitri, biasanya ribuan polisi dan kamera pengintai ditempatkan di berbagai lokasi ramai pemudik seperti di terminal bus, stasiun kereta api, dan bandara. Hal ini dilakukan demi menjamin kelancaran dan keamanan masyarakat yang mudik.

    5. Mesir
    Meski bagi masyarakat Mesir, Idul Fitri tidak dirayakan secara besar-besaran namun tetap saja, pada kedua Hari Raya ini masyarakat Mesir melaksanakan tradisi mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Di samping tradisi mudik, saat libur Lebaran biasanya banyak warga Mesir yang menghabiskan waktu dengan berkumpul di pinggiran Sungai Nil sambil mengenakan pakaian baru.

    6. Arab Saudi
    Tradisi mudik juga dilakukan oleh masyarakat Arab Saudi saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Selain mudik, saat menjelang Idul Fitri masyarakat Saudi juga sibuk menata rumah agar terlihat indah ketika dikunjungi tetangga atau keluarga saat Lebaran. Masyarakat di sana juga berlomba-lomba mempersiapkan berbagai makanan mahal dan lezat. Berbagai festival dan pertunjukan seni juga banyak digelar selama perayaan Idul Fitri.

    7. Turki
    Di Turki, mudik dikenal dengan istilah bayram. Masyarakat Turki juga terbiasa melakukanbayram tiap Idul Fitri untuk berkumpul dan bermaafan dengan keluarga. Setelah berkumpul dengan keluarga, biasanya akan dilanjutkan dengan tradisi berziarah dan tabur bunga ke makam orangtua atau keluarga. Kegiatan mengunjungi makam keluarga di Turki dilakukan secara besar-besaran dan ditandai dengan maraknya kemunculan pasar bunga di beberapa daerah di negara tersebut.

    8. Nigeria
    Tradisi mudik di Nigeria dilakukan saat menjelang Idul Fitri yang ditetapkan sebagai hari libur nasional selama 2 hari. Banyak umat Muslim Nigeria yang pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk mengunjungi keluarga serta berziarah ke makam keluarga.
     
  2. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    771
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    tapi mudik yang paling seru ya di indonesia, beragam cara mudiknya, ada yang pake motor, ngerental mobil, kapal laut.. ada juga pake pesawat...
     
  3. sebeningembun

    sebeningembun Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    74
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    kalo negara2 dari benua amerika ada tradisi pulang kampung juga nggak yah?
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Jelas ada, tapi berhubung minoritas jadi tidak begitu menonjol. :D
     
  5. iqbal

    iqbal Member

    Joined:
    Sep 17, 2014
    Messages:
    147
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    ada gan,,TKI, dubes, dll
     
  6. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,954
    Likes Received:
    137
    Trophy Points:
    63
    8 Negara yg melakukan ritual Mudik Lebaran....? hmmmm pasti seru nih... tapi memang benar kayaknya Indonesia yg paling banyak heheh
     
  7. Raja_disko

    Raja_disko Member

    Joined:
    Jan 19, 2015
    Messages:
    68
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Karena penduduk Indonesia yang banyak ini, mayoritas beragama Islam. Kalau di Tiongkok, mudik juga luar biasa saat perayaan Imlek.
     
  9. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Ada yang mudik nyewa Gerbong wisata KAI kmrn harganya 15-30 juta per trip, rata2 artis. tuh..
    Sayangnnya jalur kereta di indo hanya ada di jawa n di sebagian sumatra ya :S
     
  10. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    957
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    Kirain di indonesia aja, ternyata di negara lain juga ada
     
  11. Adang Hudayana

    Adang Hudayana Member

    Joined:
    Mar 22, 2018
    Messages:
    102
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    :eek: kirain cuma indonesia aja yang menganut asas permudikan :D
     
Loading...

Share This Page