Minuman Tradisional Teman Yang Asik Dikala Hujan

Discussion in 'General Lifestyle' started by accsoleh, Nov 18, 2015.

  1. accsoleh

    accsoleh Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Minuman tradisional teman yang asik dikala hujan - Disaat musim hujan seperti ini menikmati hidangan panas memang paling pas. Hangatnya hidangan dapat membantu tubuh melawan dinginnya udara sekitar. Sehingga tubuh tidak gampang sakit, dan aktifitas keseharian pun tidak terganggu.

    Contohnya menikmati minuman hangat. Selain bisa melepas rasa dahaga, menyeruput minumman hangat terbukti ampuh melawan rasa dingin dan dapat menghangatkan tubuh kita. Kalau saya sih paling suka menikmati minuman tradisional. Karena harganya murah, berkhasiat, dan bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

    Berikut ini adalah beberapa minuman tradisional teman yang asik dikala hujan:

    1. Bajigur - Minuman tradisional Jawa barat
    [​IMG]

    Bajigur merupakan minuman khas masyarakat Sunda. Minuman tradisional yang terbuat dari campuran gula aren, santan, dan kopi ini biasa dijajakan oleh pedagang dengan gerobak keliling. Biasanya si penjual bajigur juga menjajakan ubi, singkong, kacang, dan pisang yang direbus. Karena rebusan tersebut memang paling pas disantap ketika menikmati Bajigur.

    2. Bir pletok - Minuman Tradisional Betawi
    [​IMG]

    Minuman yang satu ini adalah birnya orang Betawi. Walaupun namanya bir, namun bir pletok sama sekali tak mengandung alkohol. Minuman asli Betawi ini memang disajikan layaknya bir yang gemar diminum oleh para penjajah Belanda disaat udara dingin. Hangatnya minuman ini berasal dari 100% rempah-rempah dan Warna merahnya dihasilkan dari kayu secang.

    3. Sarabba - Minuman tradisional Makassar

    [​IMG]

    Bila masyarakat Sunda punya bajigur, Makassar punya sarabba. Minuman tradisional penghangat tubuh asli Bugis ini adalah salah satu jajanan murah-meriah khas pinggir jalan di Makassar. Bahan-bahan yang digunakan mirip dengan bajigur, namun lebih kaya akan rempah. Beberapa penjual sarabba bahkan menambahkan sampai sembilan jenis rempah-rempah untuk menambah aroma dan sensasi hangatnya.

    4. Wedang tahu - Minuman tradisional Semarang
    [​IMG]

    Di beberapa daerah minuman tradisional ini disebut juga tahwa atau kembang tahu. Di Semarang minuman ini lebih populer dengan sebutan wedang tahu. Wedang tahu bahan-bahannya terdiri dari tahu sutera dan ditambah dengan kuah jahe hangat. Sebenarnya wedang tahu adalah hidangan dari keturunan Tionghoa dengan nama Tauhue.

    5. Wedang Uwuh - Minuman tradisional Yogyakarta
    [​IMG]

    Minuman berkhasiat ini adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta. Penampilannya mirip sekali dengan bir pletok. Namun wedang uwuh disajikan tanpa disaring terlebih dahulu. Rempah-rempah, daun dan batangan ikut disajikan dalam gelas membuatnya tampak seperti uwuh (sampah).

    6. Teh talua - Minuman tradisional Padang
    [​IMG]

    Teh talua adalah minuman tradisional asli minang yang memiliki konsep penyajian mirip dengan teh tarik asli Malaysia. Selain bisa menghangatkan tubuh, teh talua juga biasa dinikmati sebagai minuman penambah stamina tubuh. Biasanya disajikan dengan potongan jeruk nipis. Dan ada pula yang ditambahkan pinang muda sebagai campurannya.

    Sumber: http://accsoleh.blogspot.co.id/2015/11/minuman-tradisional-hidangan-nikmat-musim-hujan.html
     
    lasealwin likes this.
  2. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Bajigur ini nih yang masih sering ada di desa desa :)
     
  3. Dina Astuti

    Dina Astuti New Member

    Joined:
    Nov 7, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    semua minuman di atas, belum pernah sama sekali minumnya.. :D
     
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,863
    Likes Received:
    172
    Trophy Points:
    63
    Mantap. Semua minuman ini baik bagi kesehatan kita. Terimakasih
     
  5. accsoleh

    accsoleh Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Iya om, klo di Jakarta sudah jarang sekali yang jual Bajigur.
     
  6. accsoleh

    accsoleh Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Masa sih??? coba buat sendiri aja di rumah
     
  7. accsoleh

    accsoleh Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Iya om, bahan-bahan yang digunakan alami dan memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.
    Kalo om @lasealwin suka yang mana?
     
  8. jackandjill

    jackandjill New Member

    Joined:
    Nov 2, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    ini baru minuman sehat gan, dijamin bikin badan adem dan segar, yang bir pletok pas tuh kalau diminum pas hujan-hujan
     
  9. accsoleh

    accsoleh Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Iya om, coba om pas cuaca mendukung untuk menikmatinya.. TOSS..
     
  10. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,159
    Likes Received:
    2,709
    Trophy Points:
    413
    Kalau gak salah, pakai secang biar berwarna merah. Tapi sulit juga carinya :(
     
  11. accsoleh

    accsoleh Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Bener banget tuh Kang, memang di Jakarta sulit sekali mendapatkannya..
     
  12. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    EEmm belum ada yang nyoba , sepertinya mantap tuh ,,
     
  13. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    cocok buat musim hujan buat penghangat badan dan pasti rasanya (y) mantap :D
     
  14. djonski

    djonski Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    teh talua rasanya pasti enak tuh ya den, hangat-hangat saat hujan minumnya
     
  15. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page