Meski Bau, Jengkol Bisa Turunkan Gula Darah di Tubuh Anda

Discussion in 'Health & Medical' started by Wandi suwandi, Aug 29, 2017.

Tags:
  1. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Boleh jadi orang amerika bangga dengan makanan "steak"nya, boleh jadi orang turki bangga dengan "kebab" nya, atau orang italia yang bangga denga "pizza" nya. Namun, indonesia seharusnya berbangga punya masakan yang enak dan kaya manfaat seperti " Jengkol". Walaupun jengkol banyak disakiti oleh rakyatnya sendiri sebagai makanan yang bau dan kampungan:mad::mad:. Nyatanya jengkol lebih sehat dari pada makanan ala barat yang katanya "keren" keninian dan "kece".:(:(

    [​IMG]

    Salah satu yang wajib diperhitungkan ialah jengkol mampu menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh, itu artinya jika anda yang memiliki riwayat penyakit kencing manis, sebaiknya sesekali anda bisa konsumsi jengkol.

    Bukan tanpa sebab, jengkol memiliki sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup tinggi. dan yang paling diperhitungkan kandungan nya yakni "asam jengkolat" Senyawa sejenis asam amino non protein ini mengandung sulfur.

    Tabel 1. Informasi Kandungan Gizi Jengkol


    Kandungan Jumlah
    Energi 133 kkal
    Protein 23,3 gr
    Karbohidrat 20,7 gr
    Vitamin A 240 SI
    Vitamin B 0,7 mg
    Vitamin C 80 mg
    Fosfor 166,7 mg
    Kalsium 140 mg
    Zat Besi 4,7 mg
    Air 49,5 gr

    Asam jengkolat ini sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah tubuh, zat ini bisa berkontraksi dengan ginjal untuk menekan kadar glukosa yang akan disalurkan ke seluruh tubuh. Sehingga gula darah yang menyebar di pembuluh darah anda akan muda diserap oleh insulin sebagai zat energi cadangan.

    Selain berguna sebagai pencegahan kencing manis, senyawa polifenol berupa etanol dan 50% hidroetanol yang berfungsi sebagai anti-gastric. Jengkol efektif mengurangi mampun mengurangi tukak pada lambung, jadi jika anda memiliki masalah pada lambung jangan takut memakanya, karena jengkol sangat aman khusunya bg penderita lambung. namun sebagai catatan, makan saja secukupnya, jangan berlebihan, karena jika berlebihan malah akan menggangu kinerja ginjal anda.

    Anda ingin makan jengkol, tapi tak suka baunya ? Coba tips ini

    Sering rasanya saya mendengar teman, bahwa ingin makan jengkol dan suka, namun sering muntah dengan baunya. Untuk masalah ini, anda bisa sedikit mengolah jengkol sebelum di masak, caranya sebagai berikut

    1. Menggunakan Air Kapur Sirih

    Nah, cara yang satu ini dianggap paling mudah nih untuk menghilangkan bau jengkol. Kita cukup merendam jengkol yang belum dimasak ke dalam air kapur sirih, lalu rendam selama semalam. Setelah satu malam bau yang ada dalam jengkol akan berkurang atau malah bisa jadi hilang.

    2. Menggunakan Rebusan Air Kapur Sirih

    Kalau cara yang ini adalah tahap lebih lanjut dari cara sebelumnya. Jika kita sudah merendam jengkol semalaman di dalam air kapur sirih tapi baunya masih belum hilang juga. Cobain aja direbus di dalam air kapur sirih, setelah itu baru jengkolnya digepengin sampai terbelah setengah.

    3. Menggunakan Daun Jeruk

    Cara ini dilakukan saat kita sedang merebus jengkol sebelum dimasak menjadi berbagai jenis masakan. Saat kita merebus jengkol masukkan juga potongan daun jeruk kedalamnya. Aroma yang ada pada daun jeruk akan mengurangi atau bisa jadi menghilangkan bau khas dari jengkol.

    4. Menggunakan Abu Gosok

    Merebus jengkol dengan menambahkan abu gosok yang biasa buat cuci piring juga bisa menghilangkan bau jengkol. Rebus jengkol menggunakan air yang sudah ditambahkan dengan abu gosok Rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan beberapa menit, baru setelah itu ganti air untuk merebus dengan air dingin dan diamkan semalam.

    Sumber : masfikr.com

    Thread lainya

    Bahaya Es Batu Dari Air Mentah
    Ternyata Tertawa Bermanfaat Untuk Kesehatan Anda
     
  2. Ardi Tri

    Ardi Tri Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Belum pernah nyoba dan blm pengen nyoba makan jengkol. huu *kesepian*
     
    Wandi suwandi likes this.
  3. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Harus banget bang :D:D hehe
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Wah udah mah doyan, jadi makin doyan deh, tp kasihan istri, komplen melulu krn g doyan
     
Loading...

Share This Page