KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba. Bagi pengendara sepeda motor selain mempersiapkan jas hujan, kondisi motor juga harus diperhatikan, terutama rem. Karena bagian ini menentukan keselamatan Anda dalam berkendara, terutama di musim hujan. Ada dua tipe rem pada sepeda motor, yaitu tromol dan cakram. Kedua rem ini memiliki kelebihan masing-masing, namun butuh perawatan yang hampir sama. Jika enggan ke bengkel, merawat rem bisa dilakukan sendiri di rumah. Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang, memberikan beberapa cara merawat rem. Rem model cakram. Setelah dipakai saat hujan, tunggu beberapa menit untuk memberi waktu bagi rem cakram turun suhu panasnya. Jika sudah dingin, bersihkan bagian rem cakram dengan menyiram menggunakan air bersih. Setelah itu keringkan bagian-bagian yang dapat dijangkau dengan menggunakan kain. "Tegakkan motor pakai standar tengah, dan putar roda," terang Reza. Pembersihan bagian ini untuk hilangkan kotoran dan lumpur yang menempel akibat terbawa air hujan. "Kalau tidak dibersihkan bisa berkarat dan seret," tegasnya. Rem tipe tromol. Setelah digunakan saat hujan, dan melewati genangan air bersihkan bagian luar tromol dengan air bersih, kemudian keringkan. Namun yang harus diperhatikan menurut Reza adalah jangan mendirikan motor dengan standar samping, karena sebagian air kotor bisa masuk ke tromol. Air juga akan turun saat mendirikan motor dengan standar tengah. Dan yang selanjutnya adalah lakukan perawatan rem secara teratur, setiap 10.000 km. Untuk mengetahui, batas keausan kampas rem cakram bisa melihat alur-alur kampas. "Untuk melihat bagian ini tidak perlu membongkar, bisa dilihat langsung," tambah Reza lagi. Sementara itu, batas keausan kampas rem untuk motor dengan tipe rem tromol adalah dengan melihat tanda segitiga pada panel rem tromol dan tanda panah pada tuas rem. "Kalau saat menarik tuas rem atau menginjak, ada tanda segitiga dan tanda panah hampir bertemu atau segaris, maka segera lakukan penggantian kampas," terangnya. Untuk menjaga rem tetap aman dan awet, hindari menaruh tuas atau menginjak rem terus menerus, karena kampas akan cepat habis. "Tromol atau piringan cakram jadi gosong dan tentu saja membuat boros bensin," papar Reza lagi. Sumber: Link bimo dimas, Apr 23, 2021 #1 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Merawat Motor Saat Begini Cara Merawat dan Bersihkan Karburator Motor Budimola, Sep 27, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 1,306 Budimola Sep 27, 2019 Filter Udara Motor: Manfaat, Waktu Penggantian, dan Cara Merawat Budimola, Sep 10, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 1,003 Budimola Sep 10, 2019 Cara Merawat Motor Klasik dengan Mudah dan Murah Budimola, Aug 23, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 991 Budimola Aug 23, 2019 Knalpot Motor Mau Awet? Kenali Cara Merawat yang Benar! Budimola, Aug 19, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 902 Budimola Aug 19, 2019 Tips Ringan Merawat Motor Bebek, Performa Tetap Aman Budimola, Jul 11, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 996 Budimola Jul 11, 2019 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in