Mengubah Pengalaman Logistik untuk Pelanggan Dengan Conversational AI

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Aug 1, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    71
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Seberapa penting pengalaman pengguna? Ini adalah komponen penting dari interaksi dan user experience bagi perusahaan mana pun. Dan ketika sektor ini bersiap untuk harapan konsumen yang berubah pasca-pandemi, perusahaan logistik mulai memahami betapa pentingnya hal itu. Dalam artikel kali ini, kita akan berbicara tentang beberapa kemajuan teknologi yang mungkin dipilih oleh perusahaan logistik untuk meningkatkan “kelincahan” operasional dan meningkatkan keterlibatan klien.

    Tahap selanjutnya untuk perusahaan logistik adalah scaling up. Menjadi gesit, menjaga jalur komunikasi yang aktif dan real-time dengan klien, dan melacak berbagai komponen rantai pasokan dengan pembaruan tepat waktu sangat penting untuk memungkinkan kurva pertumbuhan ini. Pon yang terakhir akan sangat penting untuk bisnis yang mengangkut makanan segar (fresh food). Sebuah perusahaan logistik dapat membedakan dirinya dari kompetitor dengan memiliki kemampuan untuk melakukan tugas-tugas ini secara efisien dan cepat.

    Pilihan untuk layanan manajemen, penyimpanan, dan transportasi semakin tidak bergantung pada pembelian saat ini atau yang akan datang. Menjadi semakin penting untuk mempertimbangkan bagaimana logistik, pemrosesan, penyimpanan, dan transportasi memengaruhi pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan. Ini menimbulkan teka-teki strategis tingkat tinggi yang mendasar untuk semua bisnis, terutama yang besar: bagaimana perusahaan logistik, sebagai peserta rantai pasokan yang penting, membedakan diri mereka ketika CX menjadi aspek yang semakin terlihat dari manajemen rantai pasokan harian?

    Perusahaan Anda mungkin dapat memberikan bantuan chat tentang pengiriman 24/7 kepada klien dengan mengintegrasikan AI percakapan (conversational AI) ke dalam proses rantai pasokan. Semuanya ditangani oleh chatbot AI yang otomatis.

    Masalah Pengalaman Pelanggan dalam logistik:

    v Beberapa pesanan dan pelacakan

    v Pengembalian barang dan pengembalian uang

    v Ketersediaan dukungan pelanggan

    v Mekanisme penanganan keluhan

    v Kesulitan dalam pengaturan penjemputan

    Beberapa Kasus Penggunaan Di Mana AI Percakapan Dapat Membantu
    [​IMG]
    1. Pemantauan Status Pesanan Klien Dengan Mudah Dan Cepat
    Pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendengar kabar dari seorang profesional tentang proses pembelian mereka. Status pelacakan akan segera diberikan oleh AI Percakapan Gupshup (Chatbot API terbaik di Indonesia).

    2. Kenyamanan Dan Kemudahan Pelanggan
    Pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan dengan mengklik tombol. Gupshup - Chatbot API tepercaya di Indonesia - bersimpati dan memberi mereka semua bantuan yang mereka inginkan tanpa kesulitan. Melalui layanan perpesanan seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, SMS, dan lainnya, mereka dapat berkomunikasi dengan chatbot.

    3. Administrasi Layanan Pelanggan dan Umpan Balik Yang Efektif
    Jika ada sesuatu tentang pengalaman pengguna yang tidak memuaskan mereka, mereka mungkin akan segera mengeluh. Gupshup - Chatbot API pilihan di Indonesia - akan mengumpulkan informasi tentang masalah pelanggan dan menghubungi staf pendukung Anda.

    4. Pemberitahuan Pengiriman yang Andal
    Gupshup akan menghadirkan akurasi dan kecerdasan pada penyampaian layanan Anda saat ini. Dengan memberi orang tautan pelacakan, Anda dapat memberi tahu mereka tentang status atau lokasi barang-barang mereka saat ini. Pelacakan pesanan instan dan perkiraan waktu pengiriman tersedia untuk pengguna. Pengguna dapat mengubah tanggal pengiriman jika pengiriman gagal. Selain itu, fungsi ini menjamin kenyamanan konsumen dan efisiensi prosedur pengiriman.
    [​IMG]

    5. Penjadwalan Penjemputan yang Sederhana
    Pengguna dapat menggunakan chatbot yang disediakan oleh Gupshup – penyedia Chatbot API termurah di Indonesia - untuk mengatur tanggal dan waktu pengambilan jika mereka perlu mengembalikan barang. Tugas selesai ketika mereka melakukan percakapan dengan bot. Dengan menggunakan Gupshup, perusahaan tidak perlu khawatir menangani pesanan pengambilan dan pengiriman secara bersamaan dengan CRM yang rumit dan alat alokasi sumber daya.
    [​IMG]

    Administrasi Otomatis Layanan Pelanggan Dan Umpan Balik
    Anda tidak perlu khawatir tentang taktik keterlibatan konsumen omnichannel saat menggunakan Gupshup, Chatbot API pilihan di Indonesia. API tunggal ini membuat sistem menjadi instan, interaktif, dan berharga. Gupshup meminta pengguna untuk mengevaluasi proses pengiriman setelah perjalanan pengguna selesai untuk mendapatkan umpan balik. Jika terjadi ketidakpuasan, mereka juga dapat menghubungi bantuan pelanggan di perusahaan Anda melalui telepon atau SMS.

    Banyak Integrasi
    Lebih dari 30 layanan perpesanan, termasuk WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram, Telegram, Viber, Skype, dan lainnya, kompatibel dengan conversational messaging API dari Gupshup.

    Dengan bantuan bot AI, perusahaan logistik dapat menjawab pertanyaan dan masalah konsumen. Dari kenyamanan rumah mereka, pelanggan dapat melakukan pembelian, menyelesaikan perselisihan, mengajukan pertanyaan, dan melakukan lebih banyak lagi. Pengguna tidak akan pernah merasa bahwa mereka sedang berbicara dengan mesin dengan balasan yang seperti manusia. Ini menjamin pengalaman yang benar-benar segar dan meningkatkan kesenangan pengguna.

    Dengan conversational commerce, manajemen rantai pasokan perusahaan Anda sekarang dapat diubah. Kini perusahaan Anda akan menjadi tersedia bagi konsumen sepanjang waktu untuk meningkatkan keterlibatan dan memberikan respons yang lebih cepat daripada manusia, yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan.

    Kesimpulan
    Meningkatkan loyalitas merek dan kesenangan pelanggan melalui pengalaman pengguna yang luar biasa dimaksudkan untuk mempromosikan kesuksesan jangka panjang. Meskipun mungkin tampak seperti taktik pemasaran, ada lebih banyak lagi ekosistem berinteraksi dengan konsumen dan memberikan bantuan luar biasa untuk memperdalam interaksi dengan mereka. Nilai tambah yang diberikan perusahaan merupakan pusat perhatian pengguna dan perusahaan.

    Ketika pertanyaan dijawab secara luas tanpa personalisasi apa pun, itu adalah salah satu masalah klien yang paling umum. Ketika konsumen memulai tiket dukungan, mereka tidak ingin berpindah dari satu agen ke agen layanan pelanggan lain. Komunikasi real-time dengan satu titik kontak lebih disukai daripada pembaruan luas yang tidak memiliki sentuhan khusus.

    Sebagai kesimpulan, aspek terpenting dalam memutuskan apakah pelanggan akan terus bekerja dengan penyedia logistik adalah pengalaman pengguna mereka. Ingatlah bahwa hasil rantai distribusi memiliki dampak yang signifikan. Hasil tersebut berpengaruh besar dalam memperoleh dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan tersebut. Model rantai pasokan tangkas saat ini bertentangan dengan kebutuhan pelanggan karena tidak memiliki ketahanan dan hanya mementingkan efisiensi proses.

    Rantai pasokan diubah dari berorientasi proses menjadi upaya yang berpusat pada konsumen dengan berfokus pada pemenuhan kebutuhan klien dengan pembaruan interaktif.

    Jaringan distribusi seringkali sangat tidak stabil. Oleh karena itu, perusahaan logistik harus menyediakan koneksi komunikasi real-time yang dapat dipercaya antara semua kelompok pendukung yang diperlukan. Hal ini memungkinkan untuk memastikan ide yang cepat dan pemecahan masalah. Perangkat lunak AI percakapan dari Gupshup sangat membantu dalam situasi ini.

    Gupshup adalah pembuka percakapan yang cerdas untuk dukungan, penjualan, dan pemasaran. Mulailah menggunakan solusi sukses pelanggan all-in-one ini. Apakah Anda siap menggunakan Gupshup untuk mengubah sistem distribusi Anda? Ajukan demo chatbot API dari Gupshup sekarang juga.


    Sumber
    Dilokalisasi dari:

    Transforming Logistics Experience For Customers With Conversational AI

    Sumber sekunder:

    Interesting Logistic Problems Solved With Conversational Messaging
     
  2. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    71
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    INFO TAMBAHAN:

    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.

    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page