Menggunakan AI Percakapan (Conversational AI), Mendefinisikan Kembali Pengalaman Pelanggan Di S

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Aug 18, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Dengan diperkenalkannya teknologi mutakhir seperti Conversational AI (AI Percakapan), industri asuransi mengalami perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Teknik baru dan inovatif, termasuk sebagai smart underwriting, asisten digital virtual, dan layanan asuransi 24 jam, menghapus prosedur yang sudah ketinggalan zaman karena proses konvensional diubah secara digital.

    Perkembangan ini membuka jalan bagi Pengalaman Pelanggan (CX) yang lebih baik dan menghadirkan prospek komersial baru bagi industri asuransi. Untuk memberikan pengalaman omnichannel dan mempercepat proses menjawab dan menyelesaikan masalah konsumen, AI percakapan (Conversational AI) didukung oleh 73% eksekutif asuransi, menurut jajak pendapat Mantra Labs. Pada saat yang sama, 44% konsumen mengatakan mereka lebih suka mengajukan klaim asuransi melalui chatbots. Sementara 43% orang membeli asuransi menggunakan chatbots.

    Mengingat hal di atas, blog ini mengeksplorasi berbagai contoh penggunaan tentang bagaimana chatbot dengan fitur Conversational AI meningkatkan pengalaman pelanggan asuransi. Pertama-tama mari kita periksa fungsi Conversational AI di industri asuransi.

    Fungsi Conversational AI (AI Percakapan) di Sektor Asuransi
    AI percakapan, sering dikenal sebagai chatbot atau asisten virtual, adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan dengannya. Untuk meningkatkan user experience, memberikan dukungan dan layanan, memfasilitasi penjualan, menjual layanan dan barang, dan banyak lagi, AI percakapan banyak digunakan dalam diskusi yang dihadapi pelanggan.

    Conversational AI adalah agen asuransi otomatis yang ideal untuk industri asuransi, memberikan informasi kepada calon konsumen tentang asuransi, membantu pelanggan dalam membandingkan kebijakan dan rencana terkait asuransi, dan bahkan memberikan saran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

    Menurut Juniper Study, adopsi chatbot Conversational AI di industri dan perusahaan asuransi dapat menghasilkan penghematan biaya sekitar $1,3 miliar pada tahun 2023 di seluruh asuransi mobil, kesehatan, properti, dan kewajiban, naik dari $300 juta pada 2019.

    Statistik ini menunjukkan chatbot asuransi dengan kemampuan Conversational AI sangat penting untuk perusahaan asuransi modern.

    Contoh Kasus Penggunaan Chatbot Asuransi
    1. Pedoman Pemilihan Pertanggungan Ausransi
    Pelanggan sering merasa sulit untuk memilih pertanggungan yang paling sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, keinginan, dll. Chatbot asuransi dapat membantu mereka menentukan tindakan terbaik dengan cepat dan mengurangi rasa kewalahan dan kekhawatiran pelanggan.

    Chatbot asuransi dapat mengumpulkan data tentang pelanggan dan kebijakan yang tersedia, membantu mereka dalam menyaring pilihan mereka sesuai dengan toleransi risiko dan persyaratan cakupan. Chatbot juga membantu pelanggan membayar premi dari dalam antarmuka yang sama untuk pengalaman pembelian end-to-end yang lancar.

    2. Self-Service: Pembelian
    Banyak pengguna merasa sulit untuk menavigasi situs web yang rumit, yang pada akhirnya mencegah mereka melakukan transaksi apa pun. Dengan mengintegrasikan aplikasi chat pilihan mereka ke dalam proses pembelian, chatbots mengubah pengalaman berbelanja.

    Sambil menghemat waktu, pelanggan dapat dengan cepat mengajukan pertanyaan, membaca dan menganalisis rencana dan kebijakan, mendapatkan bantuan, dan mendaftar untuk sebuah rencana asuransi. Solusi chatbot dari Gupshup - Penyedia Chatbot API terbaik di Indonesia - secara efisien memandu konsumen melalui proses asuransi. Pelanggan individu dapat berlangganan, searching, dan membeli produk asuransi.

    Pelanggan dapat menyelesaikan formulir yang panjang dengan lebih cepat, memperoleh lebih banyak informasi tentang rencana asuransi, dan memulai berasuransi berkat chatbots.
    [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    3. Pengiriman Dokumen
    Karena persyaratan bisnis yang ketat, dokumen asuransi merupakan sekumpulan klausa, syarat, dan ketentuan yang ketat. Jika terjadi klaim atau litigasi yang signifikan, perusahaan memastikan bahwa dokumen tersebut menyeluruh dan mencakup semua persyaratan yang diperlukan.

    Chatbots dapat digunakan oleh perusahaan asuransi untuk memberi tahu agen tentang kebijakan, harga, manfaat, persyaratan, layanan, penawaran khusus, dan informasi lainnya. Hal ini meningkatkan layanan pelanggan dan komunikasi korporat di industri asuransi. Pelanggan juga dapat mengajukan permintaan dokumen dan mengajukan pertanyaan tentang beragam informasi menggunakan chatbot ini.
    [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    4. Layanan Pelanggan Yang Konstan (24×7 Customer Support)
    Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) dari konsumen asuransi, agen, atau pemangku kepentingan perusahaan yang penting juga dapat ditangani oleh chatbots. Chatbots dapat secara instan menanggapi pertanyaan berulang dari konsumen asuransi, agen, atau pemangku kepentingan perusahaan tanpa melibatkan manusia.

    Menemukan rumah sakit di jaringan perusahaan asuransi adalah salah satu poin paling krusial bagi customer experience untuk asuransi kesehatan. Dalam keadaan darurat, chatbots dapat memandu pengguna ke rumah sakit jaringan terdekat.
    [​IMG]

    5. Penagihan Pembayaran Premi
    Pembayaran premi tidak pernah semudah ini. Pemegang polis mungkin diberi tahu tentang pembayaran di masa mendatang, jatuh tempo, atau missed payments menggunakan chatbots. Pelanggan dapat membayar premi mereka dengan satu klik dalam ekosistem aplikasi perpesanan dengan mengintegrasikan payment gateway (asli atau disediakan pihak ketiga), yang mudah dilakukan.
    [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    6. Lead Generation
    Perusahaan asuransi dapat dengan mudah mengotomatiskan proses kualifikasi prospek menggunakan chatbots, memberi tim penjualan semua pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengejar prospek yang paling memenuhi syarat dan meningkatkan tingkat konversi.

    Kesimpulan
    Sektor asuransi telah menyadari keuntungan besar dari AI percakapan (conversational AI). Perusahaan asuransi dapat secara signifikan mengurangi biaya operasional sambil mempercepat respons end-to-end dan penyelesaian kueri lebih dari 80% dari pertanyaan yang masuk dengan Conversational AI.

    Sudah waktunya bagi perusahaan asuransi untuk memimpin, dengan investasi asuransi di seluruh dunia pada platform AI diperkirakan akan mencapai $3,4 miliar pada tahun 2024. Perusahaan yang tahu bagaimana memanfaatkan teknologi canggih – di tempat dan waktu yang tepat – untuk berbuat lebih banyak, lebih cepat bagi pelanggan mereka akan menjadi pemenang.

    Gupshup - Penyedia Chatbot API tepercaya di Indonesia - dapat membantu perusahaan asuransi Anda dalam membuat chatbot asuransi yang ramah pengguna dan berfokus pada pelanggan dengan cepat. Klik sumber di bawah untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan pengembangan bot kustom kami dan platform pembuatan bot (bot-builder platform) yang terjangkau.

    Sumber
    Dilokalisasi dari:

    Redefining CX In Insurance Sector With Conversational AI

    Sumber lainnya:

    Conversational AI: The future of Insurance Companies
     
    Last edited: Aug 18, 2022
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,212
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Pengguna whatsapp juga ada yang menggunakan reply otomatis, tapi mungkin fitur ini hanya bisa digunakan di whatsapp for business
     
  3. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Iya benar, sekarang fitur whatsapp sudah banyak yang bertambah. Baca juga info tambahan terkait Gupshup:

    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.


    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page