Mengenal Varian Mobil Keluarga Nissan Livina Generasi Pertama

Discussion in 'Otomotif' started by andikasa, Dec 31, 2020.

  1. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    159
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Nissan Livina adalah mobil MPV kompak buatan Nissan yang dirakit di Indonesia, China, Brasil dan Filipina. Grand Livina adalah versi panjang 7-seater yang berbentuk MPV, sedangkan Livina adalah hatchback 5-seater. Versi hatchback tersedia dalam dua varian yaitu XR dan X-Gear.

    Nissan Grand Livina 2007

    [​IMG]

    Nissan Grand Livina sebetulnya berasal dari hatchback Nissan Note. Pertama kali dijual di China pada Desember 2006 dalam wujud hatchback 5-penumpang. Versi MPV 7-penumpangnya, baru hadir di China pada 2007 dan dijual dengan nama Nissan Livina Geniss, sedangkan di Taiwan versi 5-penumpangnya disebut Livina Urban. Untuk negara Indonesia, Grand Livina adalah nama yang diberikan pada mobil versi panjang 7-penumpang yang berbentuk MPV. Sementara itu nama Livina diberikan untuk versi hatchback 5-penumpang yang meluncur setahun kemudian (Januari 2008). Nissan Livina versi hatchback hanya tersedia dalam dua versi yaitu Livina XR dan Livina X-Gear.

    Di Indonesia Nissan Grand Livina diluncurkan pada bulan April tahun 2007 dan tersedia dalam 3 varian yaitu SV, XV, dan Ultimate. Nissan Grand Livina dibekali dua pilihan mesin, yaitu 4-silinder 1.500 cc (HR15DE) dan 1.800 cc (MR18DE).

    Harga bekas mobil Nissan Grand Livina generasi awal kini berada pada rentang harga 50 juta - 80 juta.

    Nissan Livina XR 2008

    [​IMG]

    Nissan Livina XR 2008 yang merupakan mobil hatchback 5 penumpang yang dipasarkan dengan satu varian dengan 2 tipe transmisi, yakni transmisi manual (M/T) dan transmisi otomatis (A/T). Dilihat dari tampilan eksterior, Livina XR tak ada bedanya dengan Grand Livina (GL) yang diluncurkan bulan April 2007 sebelumnya. Dari depan hingga ke belakang sama persis. Bisa dibilang inilah Livina XR adalah Grand Livina versi pendek. Livina XR hanya menyediakan dua baris tempat duduk untuk lima orang penumpang. Eksterior Nissan Livina XR 2008 masih mengikuti desain Grand Livina namun lebih pendek 24,5 cm dan lebih tinggi 0,5 cm dari Grand Livina.

    Berbeda dengan Grand Livina yang turun dengan dua kapasitas mesin, yaitu mesin berkapasitas 1.5 Liter dan mesin berkapasitas 1.8 Liter, maka Nissan Livina XR hanya punya satu varian mesin yang berkapasitas 1.5 Liter. Pengunaan mesin 1.5 liter untuk Livina XR ini memang sudah diperhitungkan dan berdasarkan dengan bodinya yang lebih pendek.

    Harga bekas mobil Nissan Livina XR generasi awal kini berada pada rentang harga 50 juta - 70 juta.

    Nissan Livina X-Gear 2008

    [​IMG]

    Nissan Livina X-Gear pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Mobil ini berhasil menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia, hal ini karena desainnya yang sporty dan membuat rasa penasaran orang untuk mencobanya. Nissan Livina X-Gear adalah jajaran mobil seri Livina paling akhir dari pabrikan mobil Nissan di Indonesia dimana seri pertama adalah Grand Livina yang diluncurkan pada tahun 2007 dan kemudian pada tahun 2008 diluncurkan Livina XR, dan yang terakhir adalah Livina X-Gear.

    Livina X-Gear 2008 menggunakan sasis yang sama dengan mobil Livina XR. Pada Livina X-Gear hadir dengan balutan elemen semacam body kit di sekelilingnya. Elemen berlekuk halus berwarna hitam itu mengesankan tampilan yang semakin sporty. Livina X-Gear hadir dengan over fender, bemper depan dan bemper belakang dengan aksen warna hitam. Selain itu, grilnya terlihat lebih maskulin. Sama halnya dengan Livina XR, Pada Livina X-Gear hanya tersedia dalam pilihan mesin 1.5 liter saja. Dengan penambahan aksesoris roof rail dan fender yang menggelembung, jelas Livina X-Gear masuk dalam kelas crossover. Sekilas, mobil ini terlihat seperti SUV mini. Mobil Livina X-Gear memang dipasarkan oleh Nissan untuk melawan mobil Suzuki SX-4 yang bermain sendirian di kelas crossover.

    Harga bekas mobil Nissan Livina X-Gear generasi awal kini berada pada rentang harga 50 juta - 70 juta.
     
  2. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    445
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Ternyata banyak juga varian dari mobil nissan ini
     
Loading...

Share This Page