Mengenal SEO berikut jenis dan cara kerjanya

Discussion in 'CMS & Blogging Platform' started by Yandiahmadgandasaputra, Nov 2, 2020.

  1. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Apa itu SEO ?
    SEO atau Search Engine Optimation merupakan fitur yang dapat digunakan untuk optimasi halaman website ataupun blog dengan tujuan untuk memposisikan website atau blog anda di halaman utama mesin pencarian. Dengan optimasi SEO ini website ataupun blog anda akan mendapatkan ranking dan posisi teratas di mesin pencari. Secara otomatis jika anda menerapkan optimasi SEO ini dengan benar, maka potensi traffic yang bagus pun akan anda lihat.

    Jenis-jenis SEO
    SEO ini terbagi ke dalam 2 jenis optimasi. Pertama ada SEO on page dan kedua ada SEO off page. Keduanya tentu memiliki perbedaan walaupun secara umum fungsinya sama yaitu untuk meningkatkan kualitas traffic dan ranking website anda. Untuk lebih jelasnya apa itu SEO On page dan SEO Off page, anda simak penjelasan berikut.
    • SEO On Page
    SEO On page ini merupakan suatu langkah optimasi search engine yang dibangun dari dalam halaman website anda sendiri. Seperti contohnya penulisan heading artikel, permalink, internal link, akses kecepatan website, struktur website dan juga konten. Dari beberapa hal tersebut jika anda setting dengan benar maka potensi traffic akan mengalami peningkatan yang significant.
    • SEO Off page
    Sedangkan untuk SEO Off page ini merupakan kebalikan dari SEO On page. SEO Off page ini dibangun diluar halaman website anda. Artinya ada beberapa hal yang perlu anda lakukan juga setelah optimasi SEO On page ini diterapkan. Misalkan seperti membangun backlink yang berkualitas ataupun inbound link.

    Penggunaan backlink ini berkaitan dengan mitra yang dibangun di luar blog. Baik itu bekerjasama dengan blog dan website berita ataupun sejenisnya. Untuk memilih partner ataupun mitra anda dalam menerapkan backlink ini harus selektif. Pastikan halaman website ataupun blog yang akan menjadi mitra backlink ini punya jam terbang, aman dan terpercaya. Jangan sembarangan menerapkan backlink, karena bisa jadi bukan memaksimalkan optimasi SEO, tapi justru memperburuk rating halaman website atau blog anda jika salah memilih.

    Dengan adanya backlink ini mesin pencari ataupun para pegiat dunia maya akan terbangun kepercayaannya bahwa halaman website ataupun blog anda ini direkomendasikan untuk dilihat.

    Cara Kerja SEO
    Ada beragam proses yang dijalankan di mesin pencarian sebenarnya dan tidak terjadi dengan begitu saja. Seperti ada proses Crawling, Indexing dan juga Ranking. Ketiga proses ini bisa mewakili seperti apa konsep kerja dari Search Engine Optimation (SEO).

    Crawling ini merupakan suatu proses dimana alurnya yaitu dengan mengumpulkan berbagai informasi dari seluruh website ataupun blog, baik itu antar halaman ataupun antar link tertentu. Dengan crawling ini optimasi SEO baru akan dimulai.

    Kemudian ada Indexing. Untuk proses ini akan bekerja setelah informasi yang telah dikumpulkan dari proses crawling didapatkan, maka data informasi tersebut akan disimpan dengan proses indexing.

    Jika kedua proses ini terpenuhi, kini anda tinggal menunggu hasil optimasi SEO dalam bentuk Ranking. Nah ini yang menjadikan sebuah halaman website ataupun blog dapat berada di halaman utama mesin pencarian. Ada di posisi manakah halaman website ataupun blog anda jika telah dioptimasi.

    Terimakasih, jika ada yang menarik seputar SEO boleh sertakan di kolom komentar ya.
     
  2. Gifterindo

    Gifterindo Member

    Joined:
    Nov 20, 2020
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Terimakasih ilmunya gan, sangat bermanfaat *akhirnya*
     
  3. Dedi89

    Dedi89 New Member

    Joined:
    Jan 28, 2021
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau Boleh tahu hari-hari apa saja google Spyder melakukan peramban/pengindeksan
     
Loading...

Share This Page