Mengenal Keunggulan Bentonit

Discussion in 'General Discussion' started by RyanNDI, Nov 25, 2020.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Bentonite merupakan sebuah sebutan untuk batu yang didalamnya terkandung mineral montmorillonite, bahan dasar yang membentuk batu bentonite adalah abu vulkanik. Pada teorinya, bentonite di Indonesia bisa dibagi kedalam dua jenis yaitu yang dapat dimanfaatkan, yaitu Bentonite Natrium dan Bentonita Kalsium. Kedua jenis dari batuan bentonite ini mempunya fungsi yang berbeda.

    Pada umumnya, bentonite natrium merupakan bentonite yang kation utamanya diisi oleh natrium. Bentonite natrium memiliki sifat utama yang volumenya dapat berkembang apabila mengalami sentuhan langsung dengan fluida air. Sementara itu, bentonite kalsium memiliki kemampuan lebih rendah secara perkembangan volumenya secara keseluruhan apabila kontak dengan air. Meskipun begitu, dibandingkan dengan bentonite natrium yang lebih kecil, bentonite kalsium memiliki jumlah cadangan yang lebih besar.

    Baca Juga: Bentonite Indonesia

    Apa manfaat batuan bentonite?

    Selain sifat utama bentonite yang memiliki daya serap fluida air yang tinggi, bentonite di Indonesia memiliki berbagai macam sifat lain yaitu sifat obat, komersial serta kemampuan memuainya yang baik. Karena sifatnya yang unik ini membuat karakteristik dari batuan bentonite menjadi lebih khas. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa diberikan oleh batuan bentonite yaitu:

    Penggunaan dalam berbagai jenis industri dan konstruksi

    Sifatnya yang unik dan khas karena dapat dengan mudah menyesuaikan bentuk atau volumenya berdasarkan lingkungannya membuat bentonite di Indonesia kerap kali dimanfaatkan untuk industri dan konstruksi bagi para produsen bentonite Indonesia. Pemanfaatan bentonite sendiri pada bidang industry dan jasa umumnya digunakan sebagai campuran lumpur pengeboran yang berfungsi untuk mengeluarkan serta memberi ekstraksi pada lubang pengeboran tersebut.

    Penggunaan dalam bidang kesehatan

    Beberapa fakta menyebutkan jika bentonite dapat digunakan untuk bidang kesehatan dan membantu mengurangi masalah pada kulit wajah hanya dengan mencampurkannya dengan air sebagai masker. Efek yang akan langsung terasa dari pemakaian bentonite adalah menenangkan dan juga melembutkan kulit yang sensitive. Pada beberapa kasus, bentonite juga bahkan dapat digunakan untuk mengobati saluran pencernaan dan menghilangkan racun yang ada pada perut.

    Memberikan efek relaksasi


    Tidak hanya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jasmani, manfaat lain yang diberikan oleh bentonite adalah manfaat relaksasi. Mencampurkan bentonite dengan air pada bak mandi ketika Anda mandi akan memberikan efek relaksasi untuk tubuh Anda. pasalnya, sifat bentonite yang mengikat kotoran akan mengeluarkan racun pada permukaann kulit Anda sehingga membuat Anda menjadi lebih tenang dan santai.

    Sumber: Bentonit Alam Indonesia
     
Loading...

Share This Page