Mengenal Karakter dan Kepribadian Anak Anda

Discussion in 'General Lifestyle' started by Septiano Pratama, Mar 5, 2021.

  1. Septiano Pratama

    Septiano Pratama New Member

    Joined:
    Feb 4, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pemalu, bersemangat, intens, atau santai — anak seperti apa yang Anda miliki, dan dari mana asal sifat-sifat ini? Dengan mengetahui karakter anak Anda, Anda dapat lebih memahami tentang apa dia sebenarnya.

    faktor-faktor-yang-memengaruhi-karakter-anak.jpg


    Apa Itu Tempramen?
    Temperamen adalah sesuatu yang kita miliki sejak lahir — ini adalah serangkaian sifat yang membuat kita masing-masing unik, dan ini merupakan faktor yang kuat dalam menentukan bagaimana kita bereaksi terhadap dunia. Cara seorang anak mendekati situasi baru adalah salah satu contoh temperamen di tempat kerja.

    Pertimbangkan, misalnya, tiga anak usia 2 tahun memasuki ruang kelas mereka pada pagi pertama penitipan anak. Rahim dan ibunya membuka pintu dan mengamati ruangan. Dalam beberapa menit, Rahim melepas mantelnya dan meninggalkan ibunya untuk bergabung dengan anak-anak lain membangun dengan balok.

    Ketika Frank dan ayahnya tiba di ruang kelas, Frank menghabiskan waktu lama bersandar di kaki ayahnya dan menolak melepas mantel atau topinya. Setelah memperhatikan anak-anak lain sebentar, dia hanya beberapa inci dari ayahnya untuk melihat lebih dekat ke meja tempat anak-anak mengerjakan teka-teki. Pada saat itu, ayah Frank menyarankan agar dia bergabung dengan mereka. Frank meraih tangan ayahnya, dan mereka berjalan bersama ke meja puzzle. Frank duduk di samping anak lain dan mulai bekerja.

    Carlos mempercepat masuk ke kamar di depan neneknya — jangan buang waktu untuk melihat sekeliling untuk memeriksa apa yang terjadi. Dia menyerang hingga dua anak laki-laki yang merangkak di lantai, mengambil salah satu truk, dan berteriak, "Milikku!"

    Beda Anak, Beda Reaksi
    Mengapa ketiga anak ini bereaksi sangat berbeda terhadap situasi yang sama? Masing-masing dari ketiga anak laki-laki ini lahir dengan temperamennya sendiri. Bagaimana anak Anda bereaksi terhadap rutinitas sehari-hari, transisi, situasi asing, dan orang baru dipengaruhi oleh temperamennya.

    Meskipun ada banyak cara untuk mendefinisikan temperamen, kami fokus di sini pada lima sifat yang mewakili berbagai karakteristik bawaan: intensitas reaksi, tingkat aktivitas, toleransi terhadap frustrasi, respons terhadap perubahan, dan reaksi terhadap orang baru.

    Masing-masing ada pada setiap anak — yang berbeda adalah cara pengungkapannya. Misalnya, dalam hal reaksi terhadap orang baru, satu anak mungkin dengan riang menyapa sepupu yang belum pernah dia temui, sementara yang lain mungkin bahkan tidak melakukan kontak mata.

    Bagaimana Anda bisa membedakan temperamen anak Anda? Antara 6 dan 9 bulan, kebanyakan orang tua mulai melihat pola dalam perilaku anak mereka yang memberi mereka petunjuk, tetapi temperamen menjadi lebih jelas pada tahun-tahun balita, karena anak Anda menjadi lebih verbal dan sosial.

    Baca lebih lengkap: Karakter Anak - Cara Membentuknya Sejak Dini
     
  2. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    117
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Nice share gan....
    Lagi kerja baca artikel ini jadi kangen anak di rumah :D
     
Loading...

Share This Page