Mengenal Fungsi-fungsi Pajak di Indonesia

Discussion in 'General Business' started by joshua, Dec 30, 2015.

  1. joshua

    joshua Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    101
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Istilah pajak tentunya sudah sangat populer di telinga Anda, mengingat sebagai warga negara yang baik kita memang dituntut untuk membayar kewajiban terhadap pajak ini. Hanya saja perlu diketahui bahwa tiap item atau obyek akan dikenakan pajak berbeda, inilah mengapa mereka yang kaya dan memiliki aset besar maka pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah juga semakin besar. Bagi negara dengan landasan sosialis maka cara inilah yang digunakan untuk menyamaratakan kekayaan masyarakatnya. Mereka yang mendapatkan penghasilan besar pajaknya semakin tinggi, jadi jika dikalkulasikan sebenarnya hasil akhir pendapatan masing-masing orang adalah sama, lalu bagaimana dengan sistem pajak di Indonesia.

    Seperti yang diketahui bahwa Indonesia ini adalah negara dengan basis ekonomi campuran, bukan sosialis maupun kapitalis, sehingga kita masih bisa dengan mudah menjumpai orang-orang yang sangat kaya, namun di sisi lainnya banyak juga golongan miskin yang membutuhkan santunan. Sistem ekonomi yang dianut memang terkesan kurang adil, namun jika kamu melihat jumlah pajak yang dikenakan sebenarnya cukup adil. Mereka dengan tingkat pendapatan dan aset tinggi akan terkena pajak, sehingga yang tak mampu sudah pasti tak dibebani biaya tersebut.

    [​IMG]

    Kebanyakan sudah mengenal pajak sebagai pungutan rutin, mengingat dilihat dari sejarahnya sejak zaman kerajaan dulu, pajak ini dikenal dengan nama upeti, dimana setiap rakyat diwajibkan membawa sesuatu yang bermanfaat untuk pimpinan mereka. Jangan salah, ini merupakan suatu bayaran untuk dapatkan perlindungan dari kerajaan tersebut dan diakui sebagai rakyatnya. Lalu sebenarnya apa fungsi dari pajak tersebut, simak ulasannya berikut ini:

    1. Fungsi anggaran, jika kamu bertanya dari mana asalnya dana yang digunakan pemerintah untuk membayar aparatur negara dan juga pembangunan, maka pajak adalah jawabannya, fungsi anggaran digunakan dalam membiayai setiap pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan oleh negara dalam rangka kepentingan masyarakatnya. Biayanya tentu diperoleh dari pungutan masyarakat terhadap pajak.

    2. Fungsi regulasi, yang dikatakan sebagai regulasi adalah untuk mengatur pertumbuhan ekonomi dalam rangka kebijaksanaan pajak.

    3. Fungsi stabilitas, semua dana yang berasal dari pajak akan digunakan untuk membiayai semua kebutuhan negara dalam rangka menciptakan stabilitas. Salah satunya adalah harga, untuk mencegah adanya inflasi maka pengeluaran terbanyak berasal dari pajak. Hal ini dilakukan dengan cara mengatur atau menekan peredaran uang dan lebih mengutamakan penggunaan uang dari pungutan pajak.

    4. Fungsi redistribusi pendapatan, yang dinamakan sebagai redistribusi pendapatan adalah untuk membiayai semua kepentingan umum, contohnya untuk membantu pembangunan jalan dan sarana-saran sosial lainnya.

    Sekarang Anda atau bukan, bahwa dengan kesadaran membayar pajak maka ada banyak sekali manfaat yang kamu berikan bagi negara, semakin banyak masyarakat yang mengetahui pentingnya pajak diharapkan kontribusi mereka juga semakin tinggi, kenali jenis pajak di Indonesia dan lihat apakah kamu salah satu subyek wajib pajak.
     
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Wah penting buat negara ya den .. cuman ya itu banyak orang kaya yang ga sadar pajak
     
  3. novel22

    novel22 New Member

    Joined:
    Feb 15, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bagus nih tipsnya gan biar semua orang bisa intropeksi diri dan rajin mbayar pajak
     
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Threadnya bikin ane lebih sadar akan manfaat membayar pajak. Thankyou
     
  5. wahanasolusi

    wahanasolusi New Member

    Joined:
    Feb 22, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    jika berminat, ada perusahaan perusahaan yang menawarkan jasa dalam penanganan pajak agar dapat terencana dan tepat, tidak terkena kesalahan kesalahan yang dapat merugikan bisnis
     
  6. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Ane baru ngeh gan fungsinya kayak beginian
     
  7. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    ternyata banyak juga fungsi pajak, kirain cuma buat di korup aja :D
     
  8. freddy88

    freddy88 New Member

    Joined:
    Jun 26, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sama gan, ane juga kerja di salah satu perusahaan jasa konsultan pajak nih. :D
    Heran juga ya, masih banyak loh perusahaan-perusahaan yang gak taat pajak, harus ditindak tegas tuh. Hal ini mengingat betapa pentingnya fungsi-fungsi dari pajak seperti uraian diatas.
     
Loading...

Share This Page