Mengapa Website Sepi ? 8 Masalah SEO Onpage

Discussion in 'Internet Marketing' started by noer98, Feb 6, 2021.

  1. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    588
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sudah umum bagi bisnis online untuk berpikir bahwa lalu lintas mesin telusur akan mulai mengalir jika mereka hanya menampilkan produk yang tepat di situs web e-niaga mereka. Sayangnya, kenyataannya cukup jauh dari cara kerja SEO.

    Pekerjaan Anda selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk menentukan peringkat kata kunci yang relevan di mesin pencari mungkin menjadi sia-sia karena masalah SEO. Lebih buruk lagi, Anda bisa kehilangan tahun-tahun kerja keras yang konsisten dalam hitungan detik. Mengapa? Karena kegagalan menyelesaikan masalah SEO tepat waktu.

    Masalah ini mungkin terlihat sangat sepele pada awalnya. Anda mungkin berpikir bahwa penurunan lalu lintas rujukan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, dan mungkin setiap situs menderita karenanya, terutama situs dengan hasil penelusuran yang lebih baik.

    100% setuju!

    Namun, jika Anda tidak menanganinya sekarang, masalah ini bisa bertambah hingga data Google Analytics Anda mulai merayapi ke bawah.

    Sekarang, jika Anda sudah mulai mengkhawatirkan semua hal yang tidak beres dengan SEO Anda, izinkan kami menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki 8 kesalahan paling umum yang mungkin Anda lakukan saat ini, yang merugikan toko e-commerce Anda. peringkat dan lalu lintas.

    1. Konten Duplikat
    Google mendefinisikan duplikat konten sebagai,

    "Pemblokiran konten yang substansial di dalam atau di seluruh domain yang benar-benar cocok dengan konten lain atau sangat mirip."

    Menurut penelitian, masalah SEO paling umum yang memengaruhi situs web adalah konten duplikat, yang dimiliki lebih dari 50% situs yang dianalisis.

    Halaman yang dapat dicetak, arsip, tag, dan halaman lain-lain tidak boleh diindeks oleh Google dan harus ditandai sebagai tidak diizinkan di robots.txt. Hal itu penting dilakukan, karena situs web e-niaga Anda bisa mendapatkan sanksi karena halaman duplikat.

    Pertama, memiliki konten duplikat di situs web Anda akan membuat Anda kehilangan kemampuan untuk memilih halaman mana yang ingin Anda rangking. Mesin pencari tidak akan tahu halaman mana yang akan ditampilkan di SERP (halaman hasil mesin pencari).

    Kedua, mesin telusur bertujuan untuk menjadikan web tempat yang lebih baik bagi pengguna, tempat mesin telusur dan pengguna sangat menghargai konten yang unik dan berharga.

    Gunakan robots.txt untuk memblokir area yang membuat konten duplikat seperti arsip, tag, dan bahkan halaman kategori dalam beberapa kasus. Gunakan tag kanonik untuk menunjukkan bot mesin pencari halaman mana dari situs website Anda yang ingin Anda indeks.

    2. Kurangnya Deskripsi Produk
    Mayoritas toko online membuat kesalahan dengan tidak menambahkan deskripsi produk ke daftar mereka. Sayangnya, kegagalan menambahkan deskripsi teks produk meminimalkan kemungkinan halaman berada di 10 teratas kueri mesin pencari, bahkan dalam kasus kueri frekuensi rendah.

    Tidak diragukan lagi, gambar sangat penting untuk toko e-commerce. Namun, jangan lewatkan deskripsi produk. Gambar-gambar itu untuk pelanggan Anda untuk memutuskan tentang melakukan pembelian. Namun, mesin pencari tidak memberi peringkat halaman karena gambar. Mereka membaca teks di situs web dan menampilkannya di halaman hasil.

    Contoh deskripsi produk mendetail di situs Sephora.

    Lebih dari 18% situs web yang dirayapi (saat mesin telusur menggunakan bot untuk menjelajahi konten web situs web untuk pengindeksan) biasanya memiliki jumlah kata yang rendah di beberapa laman. Jumlah kata adalah metrik SEO yang rumit. Tidak ada batasan jumlah kata minimum untuk sebuah halaman. Tapi, Google memberi peringkat halaman dengan konten yang lebih tinggi dan lebih panjang.

    Pastikan Anda tidak menyalin konten dari situs web lain. Buat konten unik Anda dan tambahkan kata kunci dalam deskripsi untuk membuat peringkat halaman Anda lebih tinggi di mesin pencari.

    3. Kurangnya Review Produk
    Sekitar 70% pembeli memeriksa ulasan produk di toko online sebelum membelinya. Jadi, jika situs web e-niaga Anda tidak memiliki ulasan semacam itu, Anda akan kehilangan banyak sekali audiens.

    Selain itu, lebih mudah bagi halaman dengan ulasan untuk mencapai hasil pencarian teratas daripada halaman produk.

    Ulasan membantu menghasilkan umpan balik dari pelanggan dan juga meningkatkan hubungan pelanggan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengizinkan pengguna untuk memposting ulasan di situs web.

    4. Alt Tag Hilang
    Gambar sama pentingnya untuk toko online seperti oksigen bagi manusia. Toko online harus menggunakan gambar produk yang jelas, relevan, dan mendetail.

    Meski pemiliknya memperhatikan untuk mengupload gambar berkualitas baik, mereka sering mengabaikan pentingnya tag Alt. Tag Alt berfungsi sebagai deskripsi tekstual untuk produk, memungkinkan mesin pencari untuk mengkategorikannya. Banyak merek gagal memasukkan frase kata kunci dalam tag ini.

    Penelitian SEMrush menyimpulkan bahwa sekitar 45% situs memiliki gambar tanpa tag alt, dan sekitar 10% di antaranya telah merusak gambar internal. Keduanya dapat memperburuk masalah SEO pada halaman e-niaga. Untuk menghindarinya, pastikan alt tag berisi frase kata kunci SEO.

    Selain itu, pastikan halaman Anda tidak memiliki gambar yang rusak. Ini bisa menjadi jalan buntu bagi mesin pencari dan pengguna.

    5. Judul Non-Unik
    Mesin pencari menggunakan tag judul (judul halaman) untuk menentukan substansi setiap halaman. Tag judul muncul di bagian atas daftar pencarian. Mereka juga membantu pengguna web memutuskan untuk mengeklik

    tautan Anda atau tidak.

    Tag judul adalah salah satu elemen SEO terpenting di halaman Anda. Jika Anda mengoptimalkan tag judul Anda dengan benar, itu dapat berdampak positif pada peringkat Anda.

    Kami memahami bahwa membuat tag judul unik untuk setiap halaman bisa sangat menantang. Wajar jika mengulang kata kunci yang sama berulang kali. Mesin pencari mengetahui kejadian ini; oleh karena itu, Anda harus fokus untuk membuat tag judul Anda unik.

    Untuk membuat judul yang unik, gunakan rumus "brand-product-model" untuk menyusun tag judul Anda. Misalnya, "Chanel Floral Affair Perfume 005".

    Masuk ke Ubersuggest untuk mempelajari lebih lanjut tentang judul-judul unik.

    Gunakan Ubersuggest untuk mempelajari lebih lanjut tentang judul-judul unik.

    6. Tautan Rusak Internal dan Eksternal
    Tautan yang rusak dapat menyebabkan malapetaka dan menyebabkan masalah SEO di tempat. Saat situs Anda berkembang dan sumber daya diperbarui, satu atau dua tautan dapat rusak, yang bukan merupakan masalah besar. Tapi, bagaimana jika tautan rusak ini dihitung hingga 10? Atau 100? Tautan rusak bisa menjadi potensi bahaya untuk SEO.

    Pertama, jika pengguna melihat halaman 404 alih-alih informasi yang ingin mereka akses, itu mengarah ke tarik-turun lalu lintas. Selain itu, pengguna akan menganggap situs web Anda berkualitas rendah.

    Kedua, tautan rusak hanya membuang-buang anggaran perayapan Anda. Karena setiap kali bot mesin pencari mengunjungi situs web Anda, mereka tidak merayapi seluruh situs melainkan sejumlah halaman tertentu.

    Jika toko e-niaga Anda memiliki banyak tautan rusak, ini meminimalkan halaman yang dirayapi dan diindeks. Itu mengalihkan perhatian bot dari halaman Anda, yang penting.

    Penelitian dari Search Engine Watch menunjukkan bahwa 35% situs yang dirayapi telah merusak tautan internal yang menghasilkan kode status HTTP yang buruk.

    7. Banyak Link Pada Halaman
    Menghubungkan bukanlah urusan yang mudah. Mungkin itu sebabnya lebih dari 15% situs web memiliki terlalu banyak tautan dalam laman, yang menyebabkan masalah SEO.

    Meskipun Google telah membatalkan persyaratannya untuk mempertahankan jumlah link pada halaman di bawah angka tertentu, halaman yang dioptimalkan berarti memiliki link yang natural, relevan, dan berkualitas tinggi.

    Banyaknya tautan dapat menurunkan nilai laman Anda dan mengurangi sebagian besar lalu lintas Anda. Namun, jika tautan tersebut memiliki relevansi dan tujuan, maka peringkat situs Anda akan tetap baik.

    Untuk mengatasi masalah link pada halaman, pastikan Anda melakukan audit link bahwa semua link pada halaman tersebut berguna dan menambah nilai. Jika tautan tidak membantu, segera singkirkan untuk meningkatkan SEO pada halaman Anda.

    8. Kegagalan Mengoptimalkan Halaman Produk sesuai Permintaan Pencarian
    Untuk meningkatkan SEO situs web Anda, perhatikan permintaan dan kata kunci pencarian yang diketik orang ke mesin pencari. Pastikan Anda memasukkan kata kunci tersebut saat Anda menulis berita utama, halaman judul, dan deskripsi produk pada halaman produk Anda.

    Kegagalan untuk melakukannya akan menciptakan situasi di mana Anda mempromosikan sesuatu yang tidak seorang pun tertarik untuk mencarinya. Toko dengan barang berbeda sering melakukan kesalahan ini.

    Misalnya, seseorang secara keliru membuat halaman yang memiliki:

    Tag Judul
    Judul H1
    Tag Alt Gambar
    Misalkan Anda mengoptimalkan tag ini untuk frasa kata kunci 'Lipstik Merah'. Kata kunci yang disebutkan dalam tag tidak spesifik. Sebaliknya, menggunakan frase kata kunci 'MAC Ruby Woo Lipstick' akan menjadi ide yang lebih baik untuk mengoptimalkan produk.

    Kesimpulan
    Tidak masalah jika Anda memiliki sedikit atau banyak masalah SEO; Anda harus mencoba dan menyelesaikannya satu per satu.

    Google berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik dan berguna bagi penggunanya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan SEO Anda, pastikan toko online Anda nyaman dan berharga bagi pelanggan untuk mencapai rasa hormat mereka. Memperlakukan dan menghormati kebutuhan pelanggan Anda akan membuat Google memberi peringkat halaman Anda lebih tinggi pada halaman hasil.

    Pastikan Anda mengetahui semua masalah SEO yang mungkin dihadapi situs Anda. Luangkan waktu Anda untuk melakukannya, tetapi jangan mengabaikannya karena akan semakin memperburuk situasi.

    sumber : optimasi.net
     
    Last edited: Feb 13, 2021
    karjaw likes this.
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,813
    Likes Received:
    129
    Trophy Points:
    63
    ilmu yang bermanfaat dalam dunia SEO dari seorang pakar, terimakasih ilmunya
    satu pertanyaan mungkin mendapat jawaban, bagaimana cara mengecek link rusak dengan cepat tapi gratis?
     
  3. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    cukup banyak sekali faktor seo yang perlu diperhatikan, satu faktor juga akan sangat berpengaruh dan perlu diperhatikan jika dipersaingan yang ketat
     
  4. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    @noer98 suhu, untuk mencari kata kunci yang baik dan relefan di bidang mebel(furniture) bagaimana caranya tolong di kasih jurus yang paling ampuh.:D:D:D:D:D
     
  5. Tas Fandy

    Tas Fandy New Member

    Joined:
    Sep 26, 2019
    Messages:
    44
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Terimakasih suhu, ini sangat membantu
     
  6. karjaw

    karjaw New Member

    Joined:
    May 17, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    karena sepi peminat juga bisa. semisal kita di bisnis pariwisata tapi kena dampak PSBB jadi sepi pengunjung.
     
  7. Irfan Hakim

    Irfan Hakim New Member

    Joined:
    Oct 26, 2014
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bener juga sih, efek corona ini website yang bergerak di industri parawisata paling berdampak ke turun nya trafik
     
  8. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    ini yang sering saya lihat... deskripsinya super pelit
     
  9. Gifterindo

    Gifterindo Member

    Joined:
    Nov 20, 2020
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    suhu saya mau nanya, kalau faktor yang disebutkan diatas sudah ada di website namun tetap sepi pengunjung, faktor lain yang mempengaruhi apa saja ya?
     
Loading...

Share This Page