Membuat internet cepat wireless tetap stabil

Discussion in 'General Internet' started by ayahnyanadia, Nov 16, 2015.

  1. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Bagaimana cara membuat internet cepat wireless tetap stabil? Apakah jaringan internet nirkabel Anda tidak stabil? Tulisan ini akan sedikit memberi solusi bagi Anda. Bagi Anda yang berdomisili di Bekasi Karawang KIIC Suryacipta hingga Jababeka di Cikarang, Unina.net Karawang menyediakan akses global Internet dengan teknologi dedicated backbone Fiber Optic dan Wireless. Anda akan mendapatkan kecepatan mulai dari 1 Mbps terus-menerus selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu dengan layanan yang reliabilitas dan handal.

    [​IMG]

    Internet cepat wireless kini semakin menjamur tidak saja di pulau jawa tapi juga seluruh tanah air. Kehadiran internet wireless memang tidak menggeser posisi jaringan dengan menggunakan kabel. Hal ini terlihat dari masih banyaknya perusahaan jasa internet yang menggunakan jaringan kabel. Masyarakat pun masih juga mengkonsumsi internet yang menggunakan jaringan kabel. Akan tetapi, internet tanpa kabel pun kian merajalela.

    Dewasa ini internet bukan hanya sekadar sarana melainkan juga kebutuhan. Kondisi ini tercermin dari banyaknya orang yang tidak mampu lepas dari ponsel pintar atau tablet mereka. Kedua perangkat tersebut pun wajib untuk terhubung dengan jaringan internet. Sebab itu, internet cepat wireless pun makin banyak disediakan di tempat-tempat umum dan pribadi.

    Kini tempat tinggal pribadi seperti rumah dan apartemen pun mempunyai jaringan internetnya sendiri. Setiap tamu yang bertandang pun mulai menanyakan passworddari internet wireless yang digunakan. Bukan hanya itu, rumah sakit hingga cafe-cafe juga mulai menyediakan jaringan internet bagi para pengunjungnya. Jaringan internet tersebut tentunya tanpa kabel karena sangat praktis digunakan. Namun, internet tanpa kabel pun mempunyai kelemahannya sendiri.

    Salah satu kelemahan terbesar dari jaringan internet tanpa kabel adalah tidak stabil. Dibandingkan dengan internet menggunakan kabel, jaringan wireless cenderung kurang stabil. Banyak orang yang mengeluh terputus koneksinya dari internet wireless saat sedang menggunakannya. Akan tetapi, bukan berarti jaringan internet tanpa kabel tidak mampu menjaga kestabilannya. Beberapa cara dapat digunakan pengguna agar jaringan internet mereka selalu stabil meskipun tanpa kabel.

    Meletakkan Posisi Perangkat Internet Wireless di Tempat Strategis

    Internet cepat wireless dapat tetap terjaga kestabilannya ketika pemiliknya cerdik mencari tempat strategis untuk meletakkannya. Dalam penerapannya, internet tanpa kabel mempunyai perangkat yang biasa dikenal dengan router. Peletakan dari router tersebut haruslah strategis sehingga mampu menjangkau seluruh area.

    Apabila internet tanpa kabel digunakan di dalam rumah maka usahakan letakkan routernya pada ruangan yang berada di tengah. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilannya. Apabila letak router kurang strategis maka pengguna yang berada jauh darinya akan mendapatkan sedikit sinyak sehingga koneksi yang didapat pun tidak stabil. Hal ini tentunya juga berlaku pada jenis bangunan lainnya.

    Mengganti Antena Router Bawaan Apabila Memungkinkan

    Ketika berniat menggunakan internet tanpa kabel maka pembelian router biasanya telah disertai dengan antena untuk menyebarkan jaringan. Namun, ada beberapa antena yang kurang bagus dalam menyebarkan internet ke area di mana router tersebut diletakkan. Alhasil, koneksi internet yang diterima pun putus-nyambung. Sebab itu, jika antena yang digunakan berjenis removeable maka pemiliknya dapat mengganti dengan yang lebih bagus.

    Menambahkan Perangkat Tambahan Sebagai Pendukung

    Apabila internet tanpa kabel diaplikasikan pada area yang lebih luas seperti mall atau bandara maka satu buah router tidak mampu untuk mengatasinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan perangkat tambahan sebagai pendukung. Biasanya perangkat tersebut dinamakan repeater.

    Keberadaan repeater tersebut berguna selain untuk memperluas jaringan yang dibagikan juga untuk menstabilkan koneksi internet. Dengan ini maka para penggunanya dapat merasakan kenikmatan berselancar di dunia maya tanpa adanya kendala.

    Memperhatikan Lokasi Router Berada

    Bagi mereka yang menggunakan jaringan internet tanpa kabel di rumah maka posisi router perlu diperhatikan. Hal ini sebenarnya juga berlaku bagi bangunan-bangunan lainnya. Namun, meletakkan router di rumah biasanya suka asal-asalan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh meletakkan router di dekat barang-barang yang berbahan logam atau metal. Hal ini dapat membuat koneksi internet menjadi tidak stabil. Selain itu, letakkan pula router pada posisi yang aman sehingga tidak mudah jatuh. Apabila lokasi router tepat maka internet cepat wireless pun turut stabil.
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    saya pakai bolt :D jadi bisa diatur mau taro dimana aja
     
  3. nawi667

    nawi667 Member

    Joined:
    Jul 5, 2013
    Messages:
    113
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Numpang nyimak mas bro ... artikelnya cukup bermanfaat ...........
     
Loading...

Share This Page