Mau Mulai Bisnis Tapi Bingung Modal Dari Mana? Nih, Tipsnya!

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by iwen, Jul 28, 2021.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    187
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Modal adalah salah satu hal terpenting yang harus dipikirkan saat memulai bisnis. Jika Anda punya konsep bisnis tapi tidak punya modal, bisnis Anda nggak bisa berjalan.

    Ada beberapa alternatif sumber modal yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa segera memulai bisnis:

    Kredit Usaha Rakyat (KUR)

    Program kredit yang disediakan oleh pemerintah yang bekerjasama dengan Asuransi Kredit Indonesia dan beberapa bank ini bisa jadi alternatif yang tepat untuk Anda yang membutuhkan modal berbisnis. Besar dana yang bisa Anda dapatkan berkisar mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

    Tabungan

    Kebanyakan orang yang memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis merupakan mantan karyawan dari suatu perusahaan dan biasanya mereka sudah mengumpulkan uang yang ditabung sebagai modal usaha. Menggunakan tabungan sebagai modal terbilang cukup aman karena tidak perlu melibatkan pihak lain.

    Kompetisi

    Kompetisi yang dimaksud disini ialah kompetisi business plan. Banyak pihak yang menyelenggarakan kompetisi ini dengan menawarkan hadiah berupa modal usaha atas rencana bisnis yang telah dibuat. Untuk memenangkan kompetisi ini, Anda harus menyiapkan ide dengan sangat matang serta bahan presentasi yang bisa menarik perhatian investor.

    Kredit dengan Jaminan

    Jika Anda membutuhkan dana yang cukup tinggi, ada baiknya jika Anda mengajukan kredit atau pinjaman berjaminan. Anda bisa memanfaatkan aset yang Anda miliki, seperti BPKB kendaraan atau sertifikat rumah. Keduanya bisa digunakan sebagai jaminan untuk keperluan modal bisnis. Anda bisa mengajukan ke lembaga pembiayaan terpercaya yang sudah terdaftar di OJK.

    Salah satu platform pembiayaan yang bisa membantu Anda mendapatkan modal usaha adalah aplikasi SiapCair. Di SiapCair, Anda bisa mendapatkan pembiayaan mulai dari 20 juta – 500 juta dengan jaminan BPKB mobil.

    Itulah beberapa sumber modal untuk bisnis UMKM. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda memulai bisnis ya. Selamat berbisnis!
     
  2. egihrsn

    egihrsn New Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    berarti ditentukan produknya dulu ya, terget market dan plannya seperti apa. begitu ya
     
Loading...

Share This Page