Mau Jadi Freelancer atau Karyawan atau Pebisnis

Discussion in 'Internet Marketing' started by Linda Nur Wakidah, Dec 23, 2020.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    143
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    jadi freelance.png
    Diluar sana banyak orang yang memiliki kemampuan yang luar biasa. Terutama kemampuan atau keahlian dalam bidang digital. Namun apakah anda pernah berpikir kalau kemampuan tersebut bisa anda jadikan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi orang lain dan bahkan mengambil keuntungan dari kemampuan atau keahlian anda?

    Anda dapat menjual kemampuan anda dengan cara freelance. Freelance adalah pekerjaan yang dikerjakan perseorangan atau mandiri dan tidak terikat dengan kontrak jangka panjang dengan perusahaan, bahkan ada pula pekerjaan yang hanya dibutuhkan pada saat tertentu saja dan semua pekerjaan ini dapat anda kerjakan dari rumah.

    Sebagai seorang freelancer biasanya akan berurusan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan cara virtual. Lalu, apa kualifikasi yang harus dimiliki seorang freelancer untuk mendapatkan pekerjaan?

    Kualifikasi seorang Freelancer

    1. Kemampuan atau Keahlian Satu hal yang pasti adalah kemampuan yang dimiliki harus baik, karena calon pembeli anda ingin memastikan pekerjaan yang akan diberikan kepada anda dapat diselesaikan dengan baik dan memuaskan, sehingga akan ada kemungkinan besar pelanggan tersebut untuk memesan jasa anda lagi di kemudian hari.

    Apabila anda tidak memiliki suatu kemampuan atau keahlian khusus, anda dapat mempelajarinya di internet ataupun youtube dan menawarkan jasa anda kepada teman atau seseorang secara gratis setelah mempelajarinya dan anda dapat menjadikan pengalaman tersebut menjadi salah satu bukti nyata atau testimoni bahwa anda mampu dalam bidang tersebut.

    2. Tidak Gaptek Hal ini merupakan hal yang mendasar, karena tentu saja anda perlu mengetahui seluk beluk tentang teknologi dan bagaimana menggunakan internet untuk memudahkan anda dalam menjalankan tugas atau pekerjaan yang akan anda lakukan nantinya.

    3. Mudah Beradaptasi Dalam mengerjakan suatu pekerjaan freelance. Anda akan dituntut untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, sehingga kemampuan mudah beradaptasi dan cepat belajar menjadi salah satu faktor yang penting agar pekerjaan lebih mudah diselesaikan.

    4. Manajemen Waktu Karena dalam pekerjaan freelance tidak ditentukan dimulai jam berapa sampai selesai jam berapa melainkan di tentukan dengan kurun waktu tertentu, sehingga memberikan kebebasan bagi freelancer untuk melakukan pekerjaannya. Hal ini akan menjadi tantangan untuk anda dalam membagi waktu antara kehidupan dan pekerjaan anda. Pastikan pekerjaan diselesaikan tepat waktu dan memuaskan calon pelanggan ya.

    Perbedaan Freelance dan Pekerja atau Karyawan Biasa

    [​IMG]
    Tentunya kedua istilah tersebut memiliki perbedaannya masing - masing dan keduanya juga memiliki keuntungannya sendiri.

    Freelancer
    1. Lebih bebas
    2. dapat bekerja dimana saja
    3. waktu kerja fleksibel
    4. Tidak ada hirarki
    5. Aturan tidak mengikat
    6. Tidak ada Dresscode
    Kariyawan
    1. Lebih teratur
    2. Dekerja di kantor
    3. Waktu kerja 7 - 8 jam sehari
    4. Ada dirarki
    5. Aturan yang terikat
    6. Memiliki dresscode
    Untuk memulai pekerjaan freelance. Sekarang sudah banyak platform yang menyediakan tempat menjual jasa kemampuan atau keahlian anda di platform tersebut. Contohnya adalah seperti Fiverr.com, Freelancer.co.id, dan Sribulancer.com.

    Caranya adalah dengan mendaftarkan diri anda pada platform tersebut dan mulai mengisi data - data yang diperlukan dan mulai tawarkan jasa yang akan anda berikan di platform tersebut.

    Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa suatu keahlian atau kemampuan menjadi hal yang sangat penting untuk mendapat suatu pekerjaan dimanapun anda berada. Maupun melamar sebagai freelance atau di perusahaan.

    Akan tetapi jangan lupa juga ya kalau Softskill dan Pengalaman merupakan hal yang penting juga agar anda dapat diterima dan mendapat pekerjaan.

    Baca Juga: Bisnis Online Cleanzie Power Clean

    Apabila anda ingin memiliki usaha bisnis sendiri, dan anda ingin memulai bisnis sebagai Mitra Cleanzie Squad dengan menjual produk cairan pembersih, anda dapat memulainya dari sekarang dengan mengunjungi halaman berikut ini:

    Sedikit gambaran dengan bisnis Cleanzie, cleanzie adalah produk pembersih kerak atau noda pada lantai atau dinding kamar mandi, dengan sekali kuas noda dan kerak yang menempel akan terangkat.

    anda bisa hubungi whatsapp untuk mengetahui lebih dari produk pembersih kerak DISINI.

    Bagaimana ingin menjadi freelancer, karyawan atau pebisnis,
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,828
    Likes Received:
    130
    Trophy Points:
    63
    Lebih enak jadi freelancer daripada kerja di pabrik bisa kapan saja kerjainya
    Tapi mendapatkan proyek dalam freelancer juga butuh pengetahuan
     
    Linda Nur Wakidah likes this.
  3. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    143
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    yoii bsng, apa lagi kalo dah proyek dari orang luar kek beda banget kalo nerima projek dari dalam negri
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page