Masalah SEO Yang Menyebabkan Peringkat Pencarian & Trafik Website Turun

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by noer98, Feb 23, 2021.

  1. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    588
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Masalah SEO Yang Dapat Menyebabkan Peringkat Turun

    1. Anda Belum Memperbarui website Anda dalam Waktu Yang Lama
    Meskipun ini sangat bergantung pada niche Anda, pembaruan rutin ke situs Anda sangat penting agar tetap kompetitif.

    Analisis pesaing akan mengungkapkan apa yang mungkin perlu Anda lakukan untuk mengikuti situs lain dalam ceruk pasar Anda

    Namun, secara keseluruhan, jika situs Anda tetap stagnan tanpa pertumbuhan apa pun (konten, tautan, atau aktivitas promosi online lainnya), Anda kemungkinan tidak akan memperoleh manfaat dari pertumbuhan.

    Meskipun benar bahwa mengambil jalan lama dan menunggu bertahun-tahun untuk lalu lintas dapat membantu, ini adalah pengecualian yang sangat jarang daripada aturan. Jika Anda tidak mengambil tindakan, bagaimana Anda berharap mendapatkan keuntungan kompetitif yang nyata?

    Strategi Anda bisa sesederhana membuat blog setiap hari, dan ini terutama berlaku jika Anda belum melakukan upaya signifikan baru-baru ini ke dalam blog Anda.

    Atau, bisa jadi lebih kompleks, membutuhkan banyak kerja keras untuk melihat peningkatan.

    Sebagai dasar, jika Anda hanya sekali-sekali ngeblog, mungkin itu tidak cukup konten segar untuk menghasilkan tautan yang diperlukan agar situs Anda tetap bertahan di ceruk pasar Anda.

    Dengan melakukan analisis pesaing, Anda dapat mengetahui dengan tepat apa yang dilakukan pesaing Anda untuk mencapai puncak SERP.



    2. Anda Belum Membuat Perubahan Yang Signifikan pada Konten Anda
    Ini berperan dalam pembaruan yang sedang berlangsung dari diskusi kita.

    Jika Anda belum membuat perubahan apa pun pada konten Anda, Anda dapat mengambil risiko untuk peringkat dan lalu lintas mesin telusur.

    Dalam relung kompetitif di mana Anda harus selalu memperbarui situs Anda untuk bersaing di laman pertama, Anda bisa kehilangan posisi hanya karena dianggap tidak relevan.

    Ketidakrelevanan, dalam hal ini, berarti Anda belum memperbarui situs atau mengubah konten Anda sama sekali, membuat situs Anda menjadi hasil yang tidak relevan dan usang.

    3. Anda Memperbarui Situs Anda Dengan Desain Baru
    Jika Anda memperbarui situs dengan desain baru, hal itu tidak berarti lalu lintas Anda menurun.

    Ini terutama benar ketika Anda telah mempertimbangkan pengalihan, dan masalah lain yang mungkin mengganggu kemampuan perayapan dan pengindeksan situs Anda.

    Misalnya, satu masalah yang dapat menyebabkan hilangnya peringkat mesin telusur adalah bahwa tema baru situs sangat berbasis JavaScript, yang dapat mengganggu perayapan dan pengindeksan.



    Jika desain berbasis JavaScript Anda mengganggu dua fungsi inti laba-laba mesin pencari ini, kemampuan merayapi dan mengindeks Anda akan berkurang.

    Jika Google tidak dapat merayapi atau mengindeks situs Anda, coba tebak apa yang akan terjadi?

    Jika Anda menggunakan WordPress dan belum menonaktifkan “Mencegah mesin telusur mengindeks situs ini” di Setelan> Membaca setelah pembaruan, Anda juga akan mengalami masalah dengan peringkat dan lalu lintas mesin telusur.

    Inilah mengapa penting untuk membuat profesional SEO Anda menjadi bagian dari proyek peluncuran situs baru.

    Ada hal-hal yang dapat mereka temukan yang mungkin tidak diperhatikan oleh pengembang normal.

    Meskipun pengembang mungkin bermaksud baik dengan memilih CMS tanpa kepala, jika hal itu mengganggu perayapan dan pengindeksan dasar, ini akan menghasilkan peringkat dan lalu lintas mesin pencari Anda.

    Penting untuk memiliki pakar SEO yang berpengalaman dalam masalah sisi server, yang dapat berdampak negatif pada kinerja SERP Anda secara keseluruhan.

    4. Anda Menghapus Konten Penggerak Lalu Lintas
    Misalnya Anda memulai proyek audit konten baru.



    Salah satu sarannya adalah menghapus konten tipis dan duplikat dari situs Anda.

    Tapi ada masalah; audit tidak memperhitungkan apakah laman ini benar-benar menerima lalu lintas, hanya kualitas lamannya.

    Jika ini terjadi, Anda berada dalam situasi di mana audit konten sebenarnya merugikan Anda, bukan untuk Anda.

    Ada lebih dari satu perspektif untuk masalah konten, seperti yang diilustrasikan dalam contoh ini.

    Di satu sisi, meskipun situs Anda mungkin memiliki konten duplikat dan tipis untuk ditangani, jika Anda tidak memperhatikan sisi teknis SEO dengan mempertimbangkan halaman mana yang menerima lalu lintas atau tidak, tidak masalah seberapa banyak konten yang Anda gabungkan menjadi bagian-bagian yang hebat.

    Jika bagian yang Anda gabungkan dan hapus memiliki lalu lintas yang signifikan dan bagian baru kurang relevan atau cukup bagus, Anda berpotensi kehilangan lalu lintas dari laman lain tersebut.



    5. File Robots.txt Anda Dapat Menyebabkan Masalah Pengindeksan
    Ini adalah salah satu kesalahan teknis di situs paling umum yang saya temui selama audit: klien telah melarang perayapan untuk semua halaman dan folder karena konfigurasi robots.txt tidak tepat.

    File ini dapat membuat atau menghancurkan perayapan dan pengindeksan Anda jika Anda tidak berhati-hati dan tidak sepenuhnya memahami cara (atau cara tidak) menggunakannya.

    Misalnya, baris berikut: “Disallow: /” di bagian atas file robots.txt Anda akan menyebabkan mesin telusur berhenti merayapi dan mengindeks seluruh situs Anda, yang menyebabkan penurunan lalu lintas.

    Peringkat Alasan Di Luar Situs Dapat Turun
    Ternyata, ada banyak alasan di luar situs yang dapat menjadi faktor penyebab lalu lintas dan penurunan peringkat.

    Ini akan membutuhkan penggalian lebih dalam dan analisis korelatif.

    Misalnya, jika Anda kehilangan tautan dari situs yang sangat diperdagangkan, hal itu dapat menyebabkan lalu lintas Anda turun. Mari kita mulai dari sana.

    6. Tautan Dihapus dari Situs
    Ini terjadi lebih sering dari yang Anda kira.

    Jika Anda mengalami penurunan lalu lintas, Anda mungkin ingin memeriksa dan memastikan bahwa Anda tidak kehilangan satu atau dua tautan yang mengirimkan lalu lintas tersebut, sebelum mengambil kesimpulan bahwa itu pasti penalti.

    Webmaster suka membersihkan tautan mereka.

    Mempelajari cara melakukan audit profil tautan dan penghapusan tautan adalah cara yang baik untuk menganalisis jenis tautan ini.

    7. Situs yang Menghubungkan ke Anda Turun
    Jika situs yang tertaut ke Anda turun secara permanen, Anda mungkin melihat kehilangan permanen dalam lalu lintas dari situs itu.

    Sebenarnya tidak ada cara untuk mencegah atau melindungi hal ini terjadi.

    Anda hanya perlu mengganti situs itu dengan yang lain, dalam hal akuisisi tautan.

    Setelah Anda menemukan ini, Anda harus bekerja mencari situs lain untuk ditautkan ke Anda untuk meningkatkan lalu lintas itu.

    8. Situs Yang Menghubungkan Anda Tidak Lagi Menerima Lalu Lintas
    Jika situs yang menaut ke Anda dihukum dan dihapus dari indeks Google, Anda akan kehilangan lalu lintas dari situs tersebut sebagai akibatnya.

    Sayangnya, ini adalah sesuatu yang mungkin tidak dapat Anda tunjukkan.

    Inilah sebabnya mengapa aktivitas akuisisi tautan yang berkelanjutan sangat penting untuk terus meraih kesuksesan saat Anda mencapai rintangan seperti ini.

    Perubahan pada SERP Google yang Mempengaruhi Peringkat Mesin Pencari

    9. Fitur atau Perubahan Cuplikan Kaya
    Jika Anda memiliki cuplikan unggulan, cuplikan kaya, atau jenis cuplikan lain yang mengarahkan lalu lintas, lalu lintas Anda akan berhenti semalaman jika SERP berubah dan tidak lagi menampilkan cuplikan tersebut.

    Demikian pula, pesaing mungkin mengeluarkan sumber daya berkualitas lebih tinggi yang menjatuhkan sumber daya Anda dari cuplikan yang didambakan itu.

    Jika beberapa SERP telah berubah, Anda harus menganalisisnya dan mencari tahu apakah kehilangan lalu lintas Anda disebabkan oleh hilangnya elemen SERP penting ini.

    10. Perubahan Perilaku Pencarian Audiens
    Perilaku penelusuran audiens dapat berubah dari waktu ke waktu, mengakibatkan lebih sedikit traffic ke halaman yang pernah diberi peringkat.

    Hal ini dapat terjadi karena masalah makro seperti pandemi global, atau hal-hal yang tidak terlalu jahat seperti produk atau layanan yang sedang tren

    Sumber : Lawangtechno.com
     
  2. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    316
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    bener banget nih, udah ampir 3 tahun website saya gk di update dan di benhain, jadi turun banget peringkat di google *berkeringat*
     
Loading...

Share This Page