Masalah Logistik Kini Dapat Diselesaikan Dengan Pesan Percakapan dan Chatbot

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Nov 27, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Divisi layanan pelanggan adalah divisi penting dalam industri logistik. Mungkin melelahkan untuk menangani operasional sehari-hari, proses slot, dan menangani permintaan. Masalah komunikasi manajemen rantai pasokan dapat menyebabkan masalah yang mengganggu seluruh pengiriman atau alur kerja. Keterlambatan komunikasi dapat mengakibatkan reaksi berantai dari masalah pada rantai pasokan perusahaan logistik, menurunkan efisiensi, dan meningkatkan biaya.

    Keterlambatan komunikasi dapat berdampak serius pada rantai pasokan, menurunkan dan mengurangi profitabilitas serta produktivitas untuk bisnis. Otomatisasi tidak diragukan lagi menjadi semakin diperlukan. Dan otomatisasi menjadi lebih sederhana dengan teknologi chat dan percakapan yang didukung AI (kecerdasan buatan).

    Anda dapat mengotomatiskan interaksi layanan pelanggan, proses transaksi, dan tugas relevan lainnya dengan platform conversational AI (percakapan otomatis dengan teknologi AI). Aplikasi percakapan berteknologi kecerdasan buatan dapat membantu bisnis transportasi dan logistik dalam meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya selain meningkatkan pengalaman pelanggan dan memenuhi harapan konsumen yang tinggi. Bila digunakan dengan benar, aplikasi AI percakapan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, memberi perusahaan T&L keunggulan kompetitif, dan membantu retensi dan akuisisi klien baru. Dengan menggunakan AI percakapan, penyedia layanan logistik dapat meningkatkan kepuasan dan efisiensi pelanggan sekaligus memangkas biaya.

    Asisten virtual cerdas (intelligent virtual assistants / IVAs) dan aplikasi AI percakapan lainnya dapat digunakan untuk mengimplementasikan fitur layanan mandiri otomatis termasuk pemantauan real time, pemberitahuan keluar (outgoing notifications), dan pengalaman omnichannel yang disesuaikan untuk setiap klien.

    Sederhanakan Komunikasi Antara Perusahaan dan Pelanggan
    Dengan menghilangkan interupsi dari interaksi pelanggan, solusi conversational AI di sektor logistik meningkatkan alur kerja. Teknologi AI percakapan memantau dengan cermat semua hubungan pelanggan untuk secara otomatis mengevaluasi interaksi pengguna dan menurunkan risiko operasional.

    Komunikasi real-time yang dimungkinkan oleh enterprise messaging memungkinkan manajemen dan staf untuk bereaksi cepat terhadap kondisi sektor logistik yang terus berubah. Aplikasi seluler seperti pesan instan perusahaan dapat membantu mengoordinasikan operasional. Karena ada begitu banyak komponen yang bergerak, solusi seluler memungkinkan tim untuk mengotomatiskan aktivitas bisnis dan komunikasi penting untuk merampingkan manajemen logistik, menjamin kontinuitas alur kerja, dan mempertahankan jadwal. Mobilitas menawarkan solusi dengan merampingkan komunikasi logistik dan menyelesaikan masalah utama yang dihadapi bisnis dan perusahaan dalam ekonomi global.

    Perusahaan yang berspesialisasi dalam logistik dapat mempercepat rantai pasokan dengan menyelesaikan masalah komunikasi dari masa lalu yang mungkin memperlambat mereka. Satu masalah komunikasi mungkin memiliki efek domino dan sepenuhnya mengganggu pengiriman atau seluruh operasi, dari manajemen armada hingga pengadaan persediaan. Personil rantai pasokan dapat menggunakan solusi komunikasi percakapan berteknologi AI untuk meningkatkan kecepatan dan kemampuan beradaptasi komunikasi logistik demi mengurangi masalah ini.

    Apa yang Dilakukan Chatbot?
    Chatbots sangat baik dalam layanan pelanggan dalam hal logistik. Karena chatbot mungkin menyarankan perbaikan potensial untuk berbagai masalah klien, chatbots menawarkan dukungan operasional dalam bentuk dukungan percakapan. Dengan menyederhanakan prosedur untuk klien Anda, chatbot dapat berfungsi sebagai asisten selama proses pembelian dan mempercepat prosesnya. Setelah kebutuhan mereka diketahui, chatbot mampu menawarkan ide dan solusi untuk membantu pelanggan menciptakan strategi berbelanja yang sempurna.

    Misalnya, selama obrolan WhatsApp Business otomatis dengan Chatbot Logistik WhatsApp, bot akan mengarahkan pelanggan ke Service Desk Manager. Selain itu, Anda dapat memindahkan percakapan antar divisi berdasarkan kata kunci tertentu yang akan diidentifikasi oleh chatbot logistik WhatsApp. Chatbots juga memungkinkan komunikasi dua arah antara perusahaan dan kliennya. Beberapa chatbot mengotomatiskan aliran informasi ke tim penjualan sehingga kesepakatan dapat diraih sambil mengumpulkan dan menyimpan informasi pelanggan dari waktu ke waktu.

    Untuk memperbarui dan memulai percakapan dua arah dengan klien dengan biaya rendah, templat pesan dapat digunakan bersama dengan chatbot. Untuk meningkatkan layanan pelanggan di sektor logistik, templat pesan WhatsApp Business dapat diubah agar sesuai dengan permintaan pelanggan.

    Anda dapat mengotomatiskan hingga 80% pertanyaan dukungan dengan chatbot WhatsApp Logistics, yang dapat menghemat uang dan waktu staf Anda sekaligus membebaskan waktu karyawan Anda untuk menangani masalah yang lebih rumit yang memerlukan keterlibatan manusia. Chatbots dapat membantu Anda dengan mudah mengarahkan pelanggan ke informasi yang mereka butuhkan dan menyederhanakan hidup mereka.

    Kesimpulan
    Chatbot yang digunakan oleh brand untuk hampir setiap tugas, termasuk meningkatkan penjualan dan pemasaran, meningkatkan tim kerja, dan menyediakan layanan pelanggan. Pemasaran dan layanan pelanggan paling penting dalam pikiran ketika orang berpikir tentang chatbots dan jenis tugas yang mereka kuasai. Satu chatbot dapat dengan mudah menangani sebagian besar kebutuhan komunikasi perusahaan logistik, termasuk membantu pengemudi menemukan lokasi yang tepat, mengoordinasikan pengiriman dan pengambilan, dan banyak lagi.

    Kemampuan untuk merampingkan pengalaman pengguna dan menawarkan pengalaman pelanggan yang khas mungkin merupakan keuntungan terbesar dari penerapan chatbots percakapan ke dalam perusahaan Anda. Mari klik Gupshup untuk mempelajarinya lebih lanjut atau klik sumber di bawah ini atau klik link pada catatan kaki di bawah artikel ini.

    Sumber
    Dilokalisasi dari:
    Interesting Logistic Problems Solved With Conversational Messaging
    Sumber Sekunder:
    Conversational Messaging Solutions for Logistics
     
  2. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    INFO TAMBAHAN:

    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.

    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
    Last edited: Nov 27, 2022
Loading...

Share This Page