Manfaat Teh Hijau untuk Detox, Fakta atau Hanya Mitos?

Discussion in 'Health & Medical' started by bimo dimas, May 18, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    246
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Banyak orang beralih ke diet detox sebagai cara cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan, serta membersihkan racun tubuh. Detoksifikasi teh hijau populer karena mudah diikuti dan tidak memerlukan perubahan besar pada pola makan atau gaya hidup.

    Meskipun beberapa pakar mempromosikannya sebagai cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, ada yang menganggapnya sebagai diet musiman yang tidak aman dan tidak efektif.

    Sebelum kamu tertarik melakukan green tea detox ini, kenali dulu manfaat teh hijau, serta fakta dan mitos seputar diet ini.

    Para pendukungnya detox teh hijau mengklaim, hanya dengan menambahkan beberapa cangkir teh hijau setiap hari, kamu dapat membersihkan racun tubuh, meningkatkan fungsi kekebalan, dan meningkatkan pembakaran lemak.

    Biasanya, detoksifikasi teh hijau melibatkan penambahan 3-6 cangkir, sekitar 0,7-1,4 liter teh hijau ke dalam rutinitas harianmu. Kamu tidak perlu pantang makanan tertentu atau mengurangi asupan kalori. Namun, disarankan untuk berolahraga dan mengikuti diet kaya nutrisi selama detoksifikasi. Panduan tentang lamanya detoks bervariasi, tetapi biasanya dilakukan selama beberapa minggu.

    Berikut beberapa manfaat potensial dari detoksifikasi teh hijau:

    1. Meningkatkan hidrasi


    Tetap terhidrasi penting untuk banyak aspek kesehatan, karena hampir setiap sistem dalam tubuhmu membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Hidrasi yang tepat sangat penting untuk menyaring racun, mengatur suhu tubuh, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan membantu otak berfungsi secara efisien.

    Namun, teh hijau seharusnya bukan satu-satunya sumber cairan tubuh. Minuman harus dipasangkan dengan banyak air dan minuman sehat lainnya untuk membantumu tetap terhidrasi dengan baik.

    2. Mendukung penurunan berat badan

    Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan cairan dapat membantu upaya penurunan berat badan. Studi selama satu tahun pada 173 perempuan menemukan, minum lebih banyak air dikaitkan dengan penurunan lemak dan berat badan yang lebih besar, terlepas dari diet atau olahraga.

    Terlebih lagi, teh hijau dan komponennya telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan pembakaran lemak. Satu studi pada 23 orang dewasa menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau meningkatkan pembakaran lemak selama olahraga sebesar 17% dibandingkan dengan plasebo.

    Terlepas dari manfaat potensial detoksifikasi teh hijau, ada kerugian yang perlu kamu ketahui sebelum mempertimbangkan detox teh hijau, misalnya:

    1. Tinggi kafein


    Satu cangkir teh hijau atau sekitar 237 ml, mengandung sekitar 35 mg kafein. Jumlah ini jauh lebih sedikit daripada minuman berkafein lain seperti kopi atau minuman energi, yang dapat mengandung dua atau bahkan tiga kali lipat jumlah itu per porsi.

    Namun demikian, minum 3-6 cangkir (0,7-1,4 liter) teh hijau per hari dapat menambah asupan kafeinmun hingga 210 mg kafein per hari hanya dari teh hijau. Kafein merupakan stimulan yang dapat menimbulkan efek samping seperti kecemasan, masalah pencernaan, tekanan darah tinggi, dan gangguan tidur, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Ini juga membuat ketagihan dan dapat menyebabkan gejala gangguan kesehatan seperti sakit kepala, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan perubahan suasana hati.

    2. Penyerapan nutrisi terganggu

    Teh hijau mengandung polifenol tertentu, seperti EGCG dan tanin, yang dapat mengikat mikronutrien dan memblokir penyerapannya di tubuhmu. Secara khusus, teh hijau telah terbukti mengurangi penyerapan zat besi dan dapat menyebabkan kekurangan zat besi pada beberapa orang.

    Meskipun sesekali menikmati secangkir teh hijau tidak mungkin menyebabkan kekurangan nutrisi pada orang dewasa yang sehat, detoksifikasi teh hijau mungkin tidak disarankan bagi mereka yang berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan zat besi. Jika kamu berisiko kekurangan zat besi, tetaplah minum teh hijau di antara waktu makan dan coba tunggu setidaknya satu jam setelah makan sebelum minum teh.

    3. Tidak perlu dan tidak efektif

    Minum teh hijau dapat bermanfaat bagi kesehatanmu, tetapi detoksifikasi teh hijau kemungkinan tidak efektif dan tidak diperlukan untuk menurunkan berat badan dan detoksifikasi. Tubuh kamu memiliki sistem detoksifikasi bawaan untuk membersihkan racun dan senyawa berbahaya. Selain itu, meskipun asupan teh hijau dalam jangka panjang dan teratur telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, meminumnya hanya dalam beberapa minggu kemungkinan tidak akan berdampak banyak.

    Meskipun menambahkan teh hijau ke dalam pola makanmu dapat mengakibatkan penurunan berat badan kecil dan jangka pendek, ini tidak mungkin bertahan lama atau berkelanjutan setelah detoksifikasi berakhir. Oleh karena itu, teh hijau harus dipandang sebagai komponen diet dan gaya hidup sehat, bukan bagian dari "detoksifikasi".

    Kesimpulannya, teh hijau adalah minuman yang sangat sehat, detoksifikasi teh hijau tidak perlu dan tidak efektif. Tidak hanya sangat tinggi kafein, tetapi juga dapat mengganggu penyerapan nutrisimu. Karena klaim kesehatannya berlebihan, sebaiknya hindari detoksifikasi ini.

    Sumber: Link
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,196
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Saya jarang minum teh, apalagi teh hijau. Saya malah baru tahu kalau teh hijau ber kafein tinggi
     
  3. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    50
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Gue minum teh hijau kalau lagi sushi doang alias itu Ocha dan free refill :)
     
  4. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    236
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Wah, saya jarang sekali minum teh hijau, kecuali ibu saya sendiri yang minum ahahah *ketawa1*
     
Loading...

Share This Page