Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by almuklisin, Jul 7, 2019.

  1. almuklisin

    almuklisin New Member

    Joined:
    Dec 31, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ketika berbuka puasa, alangkah baiknya kita berbuka dengan makanan atau minuman yang manis-manis. Hal ini karena terdapat zat gula yang terkandung didalamnya lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga tubuh mendapatkan energi lebih kuat. Salah satu sumber makanan manis yang baik untuk dikonsumsi atau digunakan ketika berbuka puasa adalah dengan buah kurma. Ternyata kurma adalah salah tumbuhan yang pertama kali ditanam dan dibudidayakan dengan manusia, yaitu sejak 5500-3000 SM. Selain rasanya yang enak dan anis, kurma juga memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja?

    - Memiliki aktifitas antioksidan yang tinggi

    Setiap harinya, tubuh kita terpapar dengan berbagai hal yang dapat menghasilkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Faktor-faktor tersebut bisa bersumber dari berbagai lingkungan hidup (seperti radiasi UV sinar matahari, gas ozon, NO2, asap rokok) dan juga proses-proses biokimia di dalam tubuh. Radikal bebas yang dihasilkan dari faktor-faktor tadi jika bereaksi dengan lemak, protein, dan DNA yang ada di tubuh manusia dapat menyebabkan terjadinya kerusakan oksidatif yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti kanker dan penyakit lainnya.
    Kami juga jula bibit kurma yang bisa tumbuh di darah khususnya Indonesia.

    Sebenarnya, tubuh kita sendiri punya mekanisme yang dapat menetralisir oksidan dan radikal bebas tersebut. Tapi, jika kadarnya sangat berlebih, sistem di dalam tubuh kita bisa kewalahan. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sangat disarankan kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan zat anti-oksidan yang relatif tinggi. Zat anti-oksidan tersebut dapat bereaksi dengan radikal bebas di tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel dan timbulnya penyakit.

    Berdasarkan hasil penelitian, kurma memiliki sifat anti-oksidan yang tinggi. Buah kurma dapat menetralisir senyawa superoksida dan hidroksil radikal serta dapat menghambat proses peroksidasi lipid dan oksidasi protein pada ekstrak otak tikus. Penelitian lainnya pada berbagai jenis kurma juga menunjukkan hasil yang sama.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,867
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    63
    Ceritanya ada keponakan yang mengalami trombosit rendah, rekomendasi makanan untuk suplement untuk menambah trombosit adalah sari kurma.
     
  3. almuklisin

    almuklisin New Member

    Joined:
    Dec 31, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jadi kurma ini ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia terutama bagi wanita.
     
Loading...

Share This Page