Manfaat Bermain Game Yang Sudah Terbukti

Discussion in 'General Discussion' started by mrswinarti, Jun 20, 2022.

  1. mrswinarti

    mrswinarti New Member

    Joined:
    Mar 27, 2020
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Manfaat main game online itu ternyata sangat banyak sekali lho dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan manfaat main game online ini bisa berdampak bagi tubuh hingga dampak luas terhadap hubungan sosial. Meski begitu, hingga kini masih belum banyak yang sadar akan manfaat main game online tersebut lebih jauh.
    Bisa jadi hal ini karena adanya stigma negatif dari bermain game yang telah ada sejak jaman dahulu, yang identik dengan hiburan semata tanpa memberi manfaat. Namun, seiring berkembangan zaman, para generasi muda ini dengan berani mulai berusaha untuk membuktikannya. Yaitu dengan cara menghasilkan uang lewat game online. Selain manfaat tersebut, sebenarnya ada banyak manfaat bermain game yang lain yang bisa didapatkan.
    [​IMG]

    Manfaat Bermain Game

    1. Menambah Teman
    Manfaat bermain game yang pertama adalah menambah teman. Mungkin manfaat main game ini bisa dibilang merupakan dampak sosial yang cukup baik bagi beberapa orang. Namun terkadang, sering kali muncul stigma negatif dari masyarakat kita, jika bermain game akan membuat kamu memiliki sikap apatis (Acuh tak Acuh) atau kurang emosi. Padahal jika Kita pikir lagi secara matang, justru dalam game seperti game online itu harus membutuhkan kerjasama yang bagus antara sesama player.
    Hal tersebut sangat berkebalikan dengan pandangan apatis tadi, yang diarahkan kepada para player game online. Bahkan pada beberapa kasus, para player game online mengadakan acara gathering (kumpul bersama) untuk bertemu satu sama lain di tempat dunia nyata, jadi tidak hanya sebagai partner di dunia maya saja.

    2. Meningkatkan Kinerja Otak
    Manfaat bermain game yang kedua adalah meningkatkan kinerja otak. Bermain game secara prakteknya memang membutuhkan kinerja otak yang lebih besar dan akan memaksa otak untuk belajar memahami hal baru yang ada didalam game. Katakan saja belajar bahasa Inggris, otak pada akhirnya dipaksa belajar untuk belajar bahasa asing tersebut, walaupun ada saja juga orang yang merasa pusing, karena memang otak dipaksa menerima berbagai ilmu baru dengan cepat.
    Selain itu, ketika ada tugas baru atau masalahs baru dalam game, maka tingkat kecerdasan IQ seseorang akan di uji kemampuannya. Dan dengan dorongan kemauan yang kuat, baik masalah dan rintangan yang sesulit apapun, pasti akan dengan mudah diselesaikan. Hal seperti ini yang jika dikerjakan terus menerus maka akhirnya akan memberi peningkatan yang cukup signifikan pada kinerja dan kemampuan otak.

    3. Meningkatkan Fokus
    Manfaat bermain game yang ketiga adalah meningkatkan fokus. Pastinya kamu sering melihat para player game online yang sangat fokus sekali ketika sedang dalam mode pertandingan. Bahkan, tingkat fokus mereka bisa berlangung dan bertahan sampai berjam-jam, tentu saja hal ini bisa saja akan membawa berpengaruh secara tidak langsung kepada kemampuan kefokusan dalam kehidupan sehari-hari.
    Beberapa game yang ada memang membutuhkan tingkat fokus tinggi, seperti game PUBG dan Free Fire atau jenis game first person shooter (FPS), yang mana jenis game ini diperlukan fokus lebih tinggi. Sebab, jika hilang fokus sedikit saja, maka pemain bisa saja mati tertembak oleh musuh.

    4. Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah
    Manfaat bermain game yang keempat adalah meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah. Baik game offline maupun game online pastinya akan memerintahkan para pemainnya untuk menyelesaikan tugas dan memenangkan kompetisi battle yang ada di dalam game tersebut. Maka tak heran, seumpama kemampuan para pemain game akan meningkat dalam memecahkan masalah. Sebab, keterampilan pemecahan masalah itu akan membutuhkan kreativitas yang cukup besar dan cara berpikir Out of the Box diluar kebiasaan.
    Oleh sebab itu, jangan pernah Kamu meremehkan para gamers. Meski game itu terlihat mudah untuk dimainkan, meski begitu ada tingkat kesulitan ketika bermain game, yang belum tentu semua orang mampu untuk menamatkannya. Dan, skill dalam penyelesaian masalah yang bertambah pastinya akan berguna dalam menghadapi beragam masalah-masalah hidup pada kehidupan sehari-hari.

    5. Menghilangkan Stres
    Manfaat bermain game kelima atau yang terakhir adalah menghilangkan stres. Setuju atau tidak setuju, bermain game entah itu online ataupun offline sekaligus, akan bermanfaat dalam menurunkan tingkat stres yang Kamu miliki, karena kegiatan sehari-hari yang merepotkan. Dengan begitu, maka dengan bermain game akan menghalau stres dan berpotensi menekan darah tinggi yang bisa membahayakan bagi kesehatan.
    Nah, supaya pengalaman bermain game online menjadi semakin menggembirakan, maka kamu bisa bermain game online bersama teman-temanmu atau yang identifikasikan sebagai “mabar” atau main bareng, serta dapat memanfaatkan fitur percakapan chat yang bisa dipakai berdiskusi bersama temanmu. Jadi, bermain game online itu tidak harus membahas tentang strategi, kamu bisa dipakai untuk bercanda dan melakukan hal konyol ketika bermain bersama teman-teman dunia maya.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,131
    Likes Received:
    149
    Trophy Points:
    63
    Ada kabar baik dan ada kabar buruknya,
    kabar buruknya banyak anak-anak mengalami gangguan mental karena kecanduan bermain game dan perlu perawatan di rumah sakit jiwa,
     
  3. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    115
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Sekarang dengan bermain game juga dapat menjadi pekerjaan, dan saya dengar² bayaran pro player itu cukup mahal
     
Loading...

Share This Page