Mainan Bayi yang Tepat untuk Menstimulasi Panca Indera

Discussion in 'General Lifestyle' started by okoki, Jun 10, 2016.

  1. okoki

    okoki Guest

    Semakin meningkatnya tumbuh kembang bayi seiring waktu, maka sebagai orangtua yang bijak kamu perlu membantu si bayi untuk menstimulasi seluruh panca indera miliknya. Caranya yaitu dengan menggunakan perantara mainan. Kamu perlu memperhatikan mainan yang baik untuk diberikan kepada is bayi agar dapat merangsang perkembangan panca inderanya.

    Berikut adalah jenis mainan yang tepat untuk bisa menstimulasi panca indera bayi.

    1. Mainan yang digantung

    Mainan yang digantung beraneka ragam, ada yang digantung dan bisa bergerak atau hanya digantung namun memiliki bunyi-bunyian dengan musik lembut yang dapat menarik bayi untuk melihat mainan itu. Mainan yang digantung ini cukup praktis, hanya tinggal menggantungkan di atas tempat tidur bayi dan bayi pun bisa secara visual bermain dengan melihat objek yang ada di atasnya. Mainan ini bermanfaat karena bisa menstimulasi penglihatan dan pendengaran bayi.

    [​IMG]

    2. Rattle

    Rattle merupakan mainan bayi yang biasanya berbentuk tongkat yang untuk digenggam, dan bentuk yang dapat mengeluarkan bunyi dengan beragam jenis warna. Pilihlah rattle dengan bahan yang lembut, mudah digenggam, dan bersuara tak terlalu nyaring saat mainan tersebut digoyang-goyangkan. Rattle dibuat dengan beragam jenis warna sehingga sangat colourful agar bisa menstimulasi penglihatan bayi. Dengan menggenggam rattle, bayi akan belajar merasakan tekstur dan memperkuat genggamannya. Suara yang ditimbulkannya saat digoyang akan merangsang indera pendengaran bayi.

    [​IMG]

    3. Buku dari kain

    Saat ini banyak sekali toko yang menyediakan buku untuk bayi, namun berbeda tidak seperti buku pada umumnya yang terbuat dari kertas. Buku khusus bayi ini terbuat dari kain, agar tidak membahayakan bayi jika digenggam ke dalam mulut mereka. Mainan buku dari kain ini dapat mengajarkan bayi untuk merasakan tekstur kain dan melihat banyak warna pada gambar-gambar yang ada di dalam buku tersebut. Sehingga buku ini pun juga bisa menstimulasi penglihatan.

    [​IMG]

    4. Theeter

    Bayi yang memasuki usia 3 bulan biasanya memasuki fase oral, dimana bayi akan suka memasukkan benda-benda yang ada di dekatnya ke dalam mulut. Mungkin tidak hanya benda atau mainannya, bayi pun suka mengemut jarinya sendiri ke dalam mulut. Namun, hal tersebut kurang baik untuk bayi karena bisa saja jari atau mainan yang sedang digenggam itu terdapat bakteri yang jika masuk ke dalam tubuh bayi bisa membahayakan bagi kesehatannya. Jadi, theeter tepat sekali untuk diberikan pada bayi saat sudah masuk fase orang. Threeter ini membantu bayi dalam belajar menstimulasi indera pengecapannya.

    [​IMG]

    5. Boneka

    Seperti yang dikutip dari Okezone, boneka memang mainan paling umum, bahkan terkadang ada sebagian bayi yang takut jika diberikan boneka. Namun, jika bayi kamu tidak takut akan boneka, kamu bisa memilihkannya boneka dengan bahan bulu yang tidak mudah rontok, berbahan lembut, dan berukuran sedang. Tak terlalu kecil dan tak terlalu besar. Boneka akan menstimulasi indera peraba anak melalui teksturnya dan penglihatan dengan warna-warna lembut.

    [​IMG]
     
    lasealwin likes this.
  2. hasbiallah

    hasbiallah Member

    Joined:
    May 31, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    lucu banget mainannya min. bayi yang aktiv memang menyenangkan sekali min.
     
  3. putra bungsu

    putra bungsu Member

    Joined:
    Feb 21, 2016
    Messages:
    357
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    bener nih persis sama mainan anak saya dirumah kecrekanya
     
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Paling sering melihat yang beginian
    Biasanya di letakkan diatas tempat tidur / ranjang bayi
    Kalau untuk yang satu ini saya baru tahu
    Sebuah referensi yang baik untuk perkembangan anak
    Terimakasih
     
  5. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page