Luar Biasa, Mendengarkan Musik Meningkatkan Kesehatan !!

Discussion in 'Health & Medical' started by Elis kantor, Sep 30, 2016.

  1. Elis kantor

    Elis kantor Member

    Joined:
    Aug 20, 2016
    Messages:
    88
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    15 manfaat ini bisa anda dapatkan hanya dengan mendengarkan musik, apa sajakah 15 manfaat itu ? Mungkin saat mendengarkan musik, anda tidak tahu apa yang sudah terjadi pada tubuh anda, untuk itu saya akan memberi tahukannya, ini dia :

    1. Meredakan nyeri

    Musik memiliki sifat sebagai pengatur nyeri yang hebat. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis serta rasa sakit pasca operasi. Bahkan, terapi musik kini digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi.

    Selain itu, musik bertindak sebagai pengalih perhatian pasien dan memberikan pasien kontrol. Musik juga memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit. Sementara musik lambat/slow bermanfaat untuk melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.

    2. Menyehatkan pembuluh darah
    Tempo, intensitas dan kecepatan musik terbukti mampu mempengaruhi kinerja jantung. Musik dengan tempo tinggi dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan, sedangkan musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien jantung dapat memilih musik mana yang sesuai untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka.

    3. Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan
    Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.

    4. Menyehatkan otak dan mencegah kepikunan
    Mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempretahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.

    5. Meningkatkan suasana hati
    Mendengarkan musik mampu membuat otak Anda melepaskan dopamine, suatu bahan kimia yang berguna untuk membangkitkan mood Anda secara instan.

    6. Mengontrol tekanan darah
    Mendengarkan musik slow secara teratur dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah. Sebuah studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik setiap hari terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

    7. Meningkatkan kualitas tidur
    Musik menenangkan pikiran dan jiwa sehingga membantu Anda tidur nyenyak. Di samping itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta menyembuhkan insomnia.

    8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Mendengarkan jenis musik tertentu menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, mendengarkan musik tempo tinggi selama 50 menit dapat meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh serta menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres.

    9. Meningkatkan perkembangan fisik dan mental janin
    Janin yang selalu diperdengarkan musik sejak dalam kandungan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu, mereka akan memiliki kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.

    10. Meningkatkan olahraga
    Mendengarkan musik sambil berolahraga mampu meningkatkan daya tahan, mood dan mengalihkan perhatian Anda dari segala bentuk ketidaknyamanan serta kelelahan.

    11. Mengembalikan ingatan yang hilang
    Musik dapat membantu orang mengingat lagu dan mengembalikan ingatan yang berkaitan dengan lagu tersebut. Hal ini karena bagian otak yang berfungsi memproses musik bersebelahan dengan memori di otak.

    12. Mempercepat proses pemulihan pasca olahraga
    Mendengarkan musik slow dapat membuat pikiran rileks dan meringankan otot-otot Anda dari rasa sakit sehingga proses pemulihan pasca olahraga berlangsung cepat.

    13. Mengendalikan nafsu makan
    Mengkonsumsi makanan sambil mendengarkan musik dapat membantu memperlambat gerakan makan. Jika tips ini Anda lakukan secara rutin, niscaya Anda akan mengalami penurunan berat badan.

    14. Membuat rileks
    Seringkali pasien merasa takut dan stress ketika akan sedang menunggu untuk dioperasi. Dengan mendengarkan musik, pasien dapat bersantai dan memenangkan pikiran. Sehingga ketakutan pasien bisa berkurang dengan mendengarkan musik.

    15. Mengendalikan mood saat mengemudi
    Mendengarkan musik sambil mengemudi merupakan hal lazim dan sering dilakukan kebanyakan orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Musik ternyata dapat membuat pengemudi merasa gembira dan terhindar dari stres.

    Lumayan kan, dengan mendengarkan musik anda bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Selain itu, anda bisa meluapkan hal - hal terpendam dalam diri anda haha, asal jangan sampai mengganggu orang sekitar anda saja :D
     
  2. hspg

    hspg Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    54
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Memang musik bisa membangkitkan mood atau bahkan mendukung mood yang ada. Dengan sifatnya yang universal, musik bisa menjadi teman yang sangat setia untuk beberapa orang yang addicted dengan musik, entah dengan satu lagu tertentu, jenis musik tertentu, atau yang lain, misalnya grup musik atau penyanyinya.
     
  3. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Tapi terkadang mendengarkan musik mala tambah pusing... pernah ngalamin gak?
     
  4. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    mendengarkan musik jg bs utk hilangkan stress
     
  5. Elis kantor

    Elis kantor Member

    Joined:
    Aug 20, 2016
    Messages:
    88
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    kalau yang ngederin musiknya orang lain tapi kedengeran ke telinga kita, itu baru bikin pusing kak *takut* *ketawa4*
     
Loading...

Share This Page