Laptop yang Cocok untuk Programmer

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Mar 23, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Bagi sebagian orang profesi programmer adalah suatu hal yang diimpikan dan sangat dinikmati, akan tetapi bagi sebagian orang lainnya programmer adalah profesi yang sangat memberikan beban pada pikiran.

    Beban pikiran yang bertambah saat kamu menjadi programmer memang sering kali terjadi, terutama pada saat kamu harus membuat suatu logika baru demi mendapatkan solusi atas program yang sedang kamu buat.

    Apa jadinya jika kesulitan tersebut tidak diimbangi dengan perangkat yang mendukung? Bukan tidak mungkin kegiatan programming jadi tersendat karena perangkat yang kurang mupuni. Nah, jika kamu memang serius ingin menjadi seorang programmer, maka sebaiknya kamu memiliki laptop khusus yang memang fungsinya digunakan untuk kegiatan programming saja.

    Laptop yang Cocok untuk Programmer

    Bila kamu kesulitan atau bingung dalam memutuskan laptop seperti apa yang cocok untuk programmer, maka berikut ini telah kami rangkum laptop seperti apa yang cocok untuk kegiatan programming mu :

    1. Spek Tinggi dan Mupuni

    Sebenarnya kegiatan programming bisa saja dilakukan dengan laptop spek rendah sekalipun. Namun, jika kedepannya ada pengembangan dan kamu membutuhkan berbagai software yang harus dipasang pada laptop tentunya tidak bisa lagi dengan spek yang terbatas tersebut.

    Oleh karena itulah dibanding kedepannya kamu kesulitan dalam melakukan kegiatan programming, maka sebaiknya sejak awal gunakanlah laptop dengan spek yang mupuni. Spek yang mupuni di sini bukan berarti dari segala sisinya harus tinggi. Biasanya untuk keperluan programming, spek tinggi yang dibutuhkan adalah spek processor, spek ram, dan spek media penyimpanan.

    Spek yang tinggi akan memudahkanmu dalam melakukan berbagai macam kegiatan programming seperti mengcompile kode, melakukan web desain, dan lainnya.

    2. Keyboard yang Nyaman untuk Digunakan

    Karena profesi programmer lebih banyak menggunakan bagian keyboard pada laptop, maka sebaiknya pilihlah laptop yang keyboardnya nyaman saat digunakan. Jika kamu datang ke toko laptop, maka kamu bisa langsung mencobanya. Bila kamu melakukan pembelian laptop secara online, maka sebaiknya pilihlah laptop dengan spesifikasi Keyboard yang memiliki jarak renggang antara satu tombol dengan tombol lainnya.

    3. Memiliki Layar yang Lebar

    Jika kamu adalah seorang programmer UI/UX biasanya membutuhkan layar yang lebar untuk melihat hasil jadi tampilan yang kamu buat. Dengan menggunakan laptop yang memiliki layar lebar memungkinkan kamu untuk melihat hasil karyamu dari resolusi yang berbeda-beda.

    4. Memiliki Bobot yang Ringan

    Banyak programmer yang lebih senang melakukan pekerjaan programming di luar ruangan. Jika kamu termasuk salah satu programmer yang seperti itu, maka sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki bobot ringan. Bobot laptop yang ringan akan memudahkanmu dalam membawa laptop saat berpergian keluar.

    5. Memiliki Drive Penyimpanan yang Besar

    Terakhir, laptop yang kami rekomendasikan untuk programmer adalah laptop yang memiliki media penyimpanan besar. Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan programming, biasanya para programmer menyimpan berbagai script, template maupun desain-desain yang tentunya jika ditotal terkadang tidak sedikit.

    Belum lagi terkadang programmer juga mengharuskan memasang localhost server untuk mengerjakan demo website atau apps yang akan dibuatnya nanti. Jika kedepannya sudah banyak project, maka media penyimpanan besar ini sangat dibutuhkan untuk menyimpan data-data web atau apps yang akan dibuat.

    Jadi itulah beberapa rekomedasi dari kami yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan tentang laptop yang cocok untuk programmer ini bermanfaat untuk kamu ya.

    Pada prinsipnya untuk melakukan pekerjaan programmer dibutuhkan kemampuan berpikir yang dalam dan tidak sedikit yang terkadang malah menjadi beban pikiran. Jika perangkat yang digunakan tidak mendukung, maka bukan tidak mungkin hasilnya malan menambah beban.

    Karena itu, jika kamu memang ingin serius melakukan pekerjan programming, maka sebaiknya gunakan laptop yang tepat agar kegiatan programming dapat diselesaikan tanpa terpengaruhi performa laptop yang kurang memadai.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/03/laptop-yang-cocok-untuk-programmer.html
    https://www.agres.id
     
  2. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    bagi sy lebih cocok utk kontent kreator kalau speknya tinggi
     
  3. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Yup....
    Kalo untuk Content Creator lebih srek pakai laptop yang touchscreen kalo ane
     
  4. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    untuk programmer mah gak perlu spek tinggi
     
  5. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Ada yang gak butuh spek tinggi, dan ada yang butuh gan *ketawa2*

    Kalo programmer yang bikin interface dll butuh spek tinggi gan :D
    Misal buat desain web mau bikin dari Photosop, biar enak desainnya + slicing kagak lemot.
    Terus buat bikin konten videonya kan butuh editing video dulu, biar cepet renderingnya.
    Dll.
    Kecuali dia 'to' programmer yang nulis kode doang, baru ane rasa gk perlu spek tinggi *jail*
     
Loading...

Share This Page