Lakukan 5 Hal Sepele Ini Agar Ototmu Tambah Kuat

Discussion in 'Health & Medical' started by Rasyid99, Sep 3, 2020.

Tags:
  1. Rasyid99

    Rasyid99 Member

    Joined:
    Jul 9, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Hal yang dilakukan secara harian bisa menjadi berefek pada keadaan otot individu. Perlu waktu yang panjang agar dapat mempunyai otot yang kuat, tapi perlu waktu lama lagi agar bisa menjaganya.

    Ada beberapa tahapan agar otot bisa terbentuk dengan baik. Membiasakan pola hidup yang benar adalah hal penting diterapkan agar otot pada tubuh jadi kuat dan terjaga.

    Otot yang kuat bukan cuma berguna untuk membuat penampilan jadi bagus tapi dapat mempengaruhi ke segala sisi kehidupan. Itu bisa memberikan hasil yang baik untuk pikiran, tulang dan sendi.

    Banyak orang beranggapan bahwa agar otot kuat, maka ditempuh dengan berolahraga dan angkat beban. Namun, beberapa aktivitas harian pun dianggap bisa bagus buat otot.

    Kebiasaan sederhana yang biasanya dilakukan setiap hari dinilai dapat berdampak baik pada otot. Diberitakan dari Reader Digest, inilah segelintir hal sepele yang mampu membuat otot menjadi kuat.

    Makan Buah Delima

    Disamping mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan lainnya, buah delima pun dapat memelihara kesehatan otot. Delima banyak mengandung molekul asam ellagik yang bisa diperoleh pula di dalam buah raspberry.

    Asam ellagik yang berada di dalam usus akan diubah oleh mikroba menjadi senyawa urolithin. Sebuah riset yang diumumkan di Nature Medicine pada 2019 menyatakan bahwa senyawa ini dapat membuat sel otot memproteksi secara mandiri dari mitokondria disfungsional yang berkaitan dengan umur seseorang.

    Berjemur di Pagi Hari

    Berjemur adalah hal yang dianjurkan agar tubuh sehat. Tidak hanya tubuh yang jadi sehat, ini pun berguna bagi pikiran agar sehat dan positif.

    Tubuh yang berada di bawah sinar matahari yang mengandung vitamin D dapat memperbaiki otot yang lemah. Saat individu mengalami kadar vitamin D yang kurang, maka bisa menderita otot lemah.

    Dengan meluangkan waktu 15 menit saja, Anda dapat menambah kadar vitamin D dalam tubuh. Betapa baik manfaatnya, maka kebiasaan ini bagus dan penting diterapkan oleh siapa pun.

    Rutin Angkat Beban

    Agar tulang tetap kuat, aktivitas olahraga ketahanan misalnya angkat beban dapat menunjang otot lebih kuat. Menerapkannya secara rutin dan teratur pun dapat membuat otot tetap terjaga dalam tubuh.

    Anda bisa melakukan angkat beban 8 sampai 12 kali. Pusatkan latihan tersebut ke semua tubuh termasuk perut, lengan, kaki, dada dan punggung. Tak hanya itu, Anda pun dapat menjalani aktivitas lain yakni yoga dan pilates.

    Menambah Asupan Protein

    Menaikkan asupan protein dalam tubuh dapat secara signifikan membangun dan menjaga otot. Hal yang utama adalah Anda harus tahu berapa jumlah protein yang diperlukan oleh tubuh.

    Menyantap makanan yang mengandung protein tinggi bisa berdampak baik pada kesehatan otot. Agar lebih akurat seberapa banyak protein yang dibutuhkan dan semestinya dikonsumsi, Anda dapat langsung konsultasi dengan ahli nutrisi.

    Jaga Keseimbangan Protein di Setiap Waktu

    Tak sekedar bisa menaikkan asupan protein, tapi Anda pun harus membuatnya seimbang. Riset yang dijalankan dari University of Texas di 2014 menemukan bahwa naiknya protein otot sekitar 25% sebaiknya dibagi dalam waktu makan pada pagi, siang dan malam hari.

    Menambah konsumsi protein dengan jalan ini dinilai dapat berguna membesarkan dan memelihara kondisi otot tetap baik. Anda pun perlu selektif sumber makanan berprotein yang bervariasi agar dapat merasakan manfaatnya.

    Beberapa tips di atas bisa menolong meningkatkan dan memelihara otot tetap sehat dan kuat. Langkah itu dapat Anda terapkan dengan mudah dan penting dalam memelihara keadaan otot Anda.
     
Loading...

Share This Page