Kurang Laku, Apple Pangkas Produksi iPhone 12 Mini

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by bimo dimas, Mar 17, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    300
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Peforma penjualan iPhone 12 Mini di luar ekspektasi Apple. Baru-baru ini Apple dirumorkan akan mengurangi rencana produksi ponselnya itu. Kabar tentang kurang bersinarnya ponsel 'Mini' ini sudah beredar sejak paruh pertama Januari 2021. Salah satu penyebabnya karena konsumen Apple lebih memilih device iPhone 12 yang lebih besar.

    Melansir Nikkei Asia, perusahaan tersebut memang berencana memotong produksi semua seri iPhone hingga 20 persen. Tentunya sebagian besar untuk iPhone 12 Mini. Apple awalnya telah meminta suplier untuk menyediakan komponen untuk 96 juta unit iPhone untuk semester pertama tahun ini, termasuk untuk lini iPhone 12, iPhone 11 dan iPhone SE.

    Namun, rencana ini telah direvisi. Apple berencana menurunkan target produksi menjadi 75 juta unit. Perusahaan asal Cupertino itu akan memangkas produksi iPhone 12 mini lebih dari 70 persen pada kuartal pertama. Sedangkan iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max tidak banyak berubah, sebab ketiga model ini masih banyak diminati.

    Ponsel lain dalam seri iPhone 12 memiliki kinerja yang cukup baik dari segi penjualan. Bahkan, dikabarkan penjualan iPhone 12 sudah lebih unggul dari model terdahulunya yaitu iPhone 11. Hal ini menandakan smartphone ukuran kecil kurang diminati. Konsumen kini beralih ke smartphone yang ukurannya lebih besar karena layarnya yang lebih lapang.

    "iPhone Mini pada dasarnya hanya versi lebih kecil dari iPhone 12 dengan keawetan baterai lebih buruk. Meski menarik bagi orang dengan tangan yang lebih kecil, kebanyakan konsumen lebih memilih mengeluarkan ekstra US$100 untuk iPhone 12, yang baterainya lebih baik dan layar lebih besar," tulis CNBC.

    Produksi berhenti, bukan berarti penjualan ikut berhenti. Apple dikabarkan telah meminta beberapa suppliers-nya untuk memberhentikan proses pembuatan iPhone mini. Hal tersebut dikarenakan angka permintaan yang lemah. Rantai suplai kemungkinan juga akan dihentikan produksinya pada kuartal kedua tahun ini.

    Berhentinya produksi lebih disebabkan oleh stoknya yang Apple anggap sudah cukup memadai, sehingga tidak perlu produksi lagi. Namun, meskipun permintaan terhadap iPhone 12 mini lebih rendah dari perkiraan, Apple diprediksi tetap meluncurkan iPhone 13 mini atau iPhone 12s mini pada lineup-nya tahun ini.

    Sepanjang 2021, Apple berniat memproduksi 230 juta unit iPhone yang menandakan kenaikan 11,6 persen dibandingkan tahun 2020.

    Sumber: Link
     
Loading...

Share This Page