Kunci PENTING dalam mengukur keberhasilan sosial media marketing

Discussion in 'Internet Marketing' started by Wahyu Rusdiyanto, May 11, 2018.

  1. Wahyu Rusdiyanto

    Wahyu Rusdiyanto New Member

    Joined:
    May 10, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Saat ini Facebook dan Instagram menjadi salah satu platform sosial media yang paling banyak digunakan.

    Dan lebih dari 80% sebuah brand menggunakan Facebook dan Instagram.

    Diperkirakan hingga Desember 2018 dana yang dihabiskan untuk Instagram saja mencapai 5 Milyar USD.

    Ini menunjukan kepercayaan sebuah brand dalam efektivitas pengguaan social media dalam campaign mereka meningkat dari tahun-ketahun.

    Keberhasilan sebuah campaign digital secara umum dan social media marketing secara khusus dipengaruhi oleh bayak faktor.

    Contoh: Produk/layanan yang bagus dengan campaign yang biasa saja sudah cukup untuk mencapai penjualan yang baik.

    Tapi, produk yang buruk dengan campaign yang luar bisa belum tentu bisa mencapai penjualan yang diinginkan.

    Bahkan kemungkinan untuk repeat order sangat kecil.

    Karena kali ini saya ingin membahas salah satu hal teknis yang perlu dilakukan dalam strategi campaign sosial media, saya asumsikan bahwa produk/layanan Anda sudah bagus.

    Jika belum, segera tingkatkan mulai sekarang.

    Berikut ini adalah "Key Metrics" yang harus ada dalam campaign sosial media Anda.

    Kenapa harus ada "Key Metrics"? Jadi ini seperti variabel kunci yang perlu Anda ukur.

    Tanpa adanya sebuah metrics yang diukur, sosial media campaign itu ibarat berkendara tanpa speedometer.

    Sedangkan penggunaan "Key Metrics" supaya lebih fokus pada metrics-metrics yang dianggap penting saja.

    • Reach: Seberapa banyak pengguna yang bisa dijangkau oleh capaign kalian? Jika tidak cukup tingkatkan anggaran Anda.
    • Frequency: Seberapa banyak campaign Anda dilihat oleh target audience. Apabila campaign sudah terlalu sering dilihat tapi belum ada dampak terhadap goal yang ingin dicapai, coba ganti target audience atau bentuk penawarannya.
    • Cost per Action: Ini adalah metrik penting untuk mengukur seberapa efektif atau profitable campaign Anda. Semakin murah costnya, menandakan campaign semakin efektif.
    • Engagement: Seberapa besar tingkat interaksi dari target audience campaign Anda. Seperti like, coment dan share masuk disini.

    Apabila Anda antusias dalam social media marketing dan ingin meningkatkan bisnsi kalian, namun masih bingung, silahkan berikan feedback disini ya..
     
    Last edited: May 12, 2018
Loading...

Share This Page