Ketahuilah Gejala Penyakit Pleuritis

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Oct 25, 2018.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Pleuritis yaitu suatu kondisi dimana peradangan pada pleura yakni selaput yang menempel pada paru-paru dan pada tulang rusuk yang berfungsi sebagai memisahkan kedua organ tersebut. Penyakit pleuritis ini ditandai dengan timbulnya rasa sakit pada saat bernafas, hal tersebut timbul karena pada saat terjadi peradangan lapisan cairan yang menempel pada pleura akan menjadi lengket sehingga permukaan selaput pleura akan menjadi kasar.

    Sehingga akan timbul rasa sakit ketika kedua lapisan pleura tersebut saling bergesek, misalnya pada saat bernafasa atau batuk. Pleuritis ini merupakan salah satu penyakit yang umum sekali terjadi. Namun, kondisi ini akan lebih sering dialami oleh orang yang berusia 65 tahun keatas atau baru saja melakukan tindakan operasi didaerah dada.

    Dibawah ini ada beberapa ciri ciri penyakit pleuritis yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut :
    • Nafas Pendek dan Tersengal
    Gejala dari penyakit pleuritis yang akan dialami oleh penderita yaitu memiliki nafas yang pednek dan bernafas dengan tersengal-sengal. Nafas yang tersengal ini dapat diakibatkan dari lukanya paru-paru penderita. Karena virus yang menginfeksi pada pleura akan menimbulkan timbunan cairan pada paru-paru. Penimbunan cairan ini biasa disebut dengan efusi pleura.
    • Nyeri Pada Sendi dan Otot
    Nyeri pada sendi dan otot merupakan ciri ciri yang umum bagi penderita pleuritis yang akan dirasakan, nyeri sendi dan otot ini akan lebih sering dirasakan pada bagian dada dan punggung dari penderita. Tapi tidak menutup kemungkinan di bagian tubuh yang lain juga dapat merasakannya. Untuk mengurangi nyeri sendi dan otot, penderita harus mengurangi atau membatasi geraknya. Apalagi pada saat penderita bersin atau batuk maka nyeri pada sendi dan otot itu akan semakin menjadi parah.
    • Demam dan Pusing
    Gejala dari penyakit pleuritis yang pertama yaitu demam dan pusing, seperti penyakit yang lainnya penyakit pleuritis juga akan mengeluarkan gejala seperti demam dan pusing. Karena kondisi demam dan pusing ini bisa disebabkan oleh virus yang menyerang bagian pleura sehingga akan memicu adanya demam kelenjar. Dengan itu maka yang menderita penyakit pleuritis ini akan mengalami demam yang tinggi serta akan berkepanjangan dan pusing.
    • Batuk Kering
    Batuk kering ini pasti akan dirasakan bagi yang menderita pleuritis, penderita ini akan mengalami batuk kering yang akan menyiksa sehingga dapat menimbulkan bagian dada dan punggung penderita akan mengalami nyeri yang teramat sangat. Bahkan, dalam beberapa aksus menyebutkan bahwa batuk kering inid apat keluar disertai darah, batuk yang keluar disertaid arah ini menunjukkan bahwa paru-paru terluka dan dalam kondisi yang sangat buruk.
     
Loading...

Share This Page