Kesahalan Branding Bisa Hilangkan Kepercayaan Pelanggan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by bintaroweb, Mar 1, 2016.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    148
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Ketika membangun sebuah bisnis, Anda tak bisa hanya terfokus untuk menghadirkan sebuah produk atau jasa yang unik. Satu hal yang tak kalah penting adalah proses branding bisnis.

    "Selama ini orang hanya berpikir kalau branding itu hanyalah sekadar pasang iklan dan promosi usahanya saja. Sebenarnya branding lebih dari itu," kata Amalia Maulana, Brand Consultant dan Ethnographer"

    Amalia mengatakan, branding bisnis merupakan sebuah cara untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan dari bisnis Anda kepada konsumen yang ditargetkan. Tak cuma sekadar memperkenalkan, branding juga merupakan sebuah proses untuk membuat usaha jadi dikenali, disukai, dipilih, hingga dipercaya konsumen.

    Kesalahan Branding.jpg

    Banyak cara yang digunakan untuk branding bisnis Anda, iklan salah satunya. Hanya saja, kesalahan yang umum terjadi, menurut Amalia, perusahan lebih banyak bergantung pada iklan dan promosi semata untuk memperkenalkan brand-nya.

    "Kesalahan umum yang dilupakan adalah branding internal-nya. Bagaimana orang mau kenal dan percaya dengan brand Anda kalau orang-orang yang bekerja di dalamnya saja punya persepsi yang berbeda tentang brand-nya sendiri. Kalau sudah begini, bagaimana mereka bisa memberikan pesan yang tepat kepada konsumen?" katanya.

    Dalam sebuah bisnis, branding yang kuat sangatlah diperlukan. Bagaimana tidak, branding yang kuat akan membuat konsumen kenal dan percaya dengan Anda. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya kesamaan persepsi, visi, misi, serta pesan yang ingin disampaikan perusahaan, dengan yang dipersepsikan oleh front liner atau sales hingga konsumen.

    Kebanyakan perusahaan baik kecil atau besar lebih fokus untuk branding ke luar (konsumen), dan tidak melupakan branding internal (kepada karyawan khususnya front liner). Akibatnya, ada ketidaksamaan pesan, visi dan misi yang dikirimkan pada konsumen.

    "Sering sekali konsumen dibuat bingung dengan perbedaan keterangan yang diberikan oleh sales satu dan lainnya. Perbedaan inilah yang nantinya membuat konsumen tidak lagi percaya dengan brand tersebut dan ini jadi lost momentum. Sangat merugikan, Anda bisa rugi uang, waktu, dan yang paling parah bisa jadi demotivasi bisnis," ujarnya.

    Solusinya, jelaskan secara detail apa konsep, visi, misi, dan juga keunggulan brand Anda kepada karyawan terlebih dulu. Berikan pemahaman yang sama tentang brand ini. Setelah semua pihak yang berhubungan langsung dengan konsumen punya persepsi yang sama tentang branding, mereka akan lebih mudah untuk mengirimkan pesan sebuah brand kepada konsumen yang ditemuinya. Konsumen yang menjadi sasaran bisnis Anda pun akan menerima pesan yang sama, memahami brand Anda bahkan melekat di benaknya, bukan sekadar mengenalnya. (female)
     
  2. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    104
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    yang terpenting lagi harus ada promosi supaya si konsumen mengetahui brand yang kita miliki
     
  3. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,151
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    48
    yang penting bisa melekat sama konumen :D
     
  4. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Kuatkan promosi supaya branding yang sudah mantap bisa dikenal
     
  5. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Untung sekarang sudah banyak yang mengajari tentang branding...
    Jadi g perlu meraba-raba lagi.....
     
  6. muna dl

    muna dl Member

    Joined:
    Apr 17, 2015
    Messages:
    167
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Harus lebh hati-hati dalam melakukan branding nih.
     
  7. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Intinya sih kalo mau membuat branding buat orang dalamnya harus punya persepsi yang sama mengenai banding ini.
    Btw, judulnya salah tuh om, 'kesalahan bukan' 'kesahalan' hehe.*berkeringat*
     
Loading...
Similar Threads - Kesahalan Branding Bisa
  1. royger
    Replies:
    2
    Views:
    2,477

Share This Page