Kenapa Manusia Sulit untuk Bersyukur?

Discussion in 'General Lifestyle' started by Faizalr, Jun 9, 2023.

  1. Faizalr

    Faizalr Member

    Joined:
    Dec 2, 2020
    Messages:
    46
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kehidupan manusia memiliki banyak aspek yang mempengaruhi mengapa mereka kadang-kadang sulit untuk bersyukur. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin menjelaskan mengapa manusia terkadang merasa sedih:

    1. Ambisi dan keinginan yang tak terbatas : Manusia cenderung memiliki ambisi dan keinginan yang tidak terbatas. Mereka seringkali membandingkan diri mereka dengan orang lain dan berusaha mencapai lebih banyak hal. Kebutuhan akan lebih banyak kekayaan, prestasi, atau hal-hal lain dapat mengungkapkan apresiasi mereka terhadap apa yang telah mereka capai dan miliki saat ini.

    2. Bias pemrosesan informasi negatif : Manusia cenderung memiliki bias pemrosesan informasi negatif, di mana mereka lebih memperhatikan hal-hal daripada hal-hal positif dalam hidup mereka. Oleh karena itu, mereka mungkin lebih cenderung fokus pada apa yang kurang atau belum mereka miliki daripada menghargai apa yang sudah ada.

    3. Adaptasi hedonik : Adaptasi hedonik adalah kecenderungan manusia untuk dengan cepat beradaptasi dengan perubahan dalam keadaan hidup mereka. Ketika mereka mencapai sesuatu yang diinginkan atau mendapatkan kebahagiaan, kepuasan mereka terhadap hal itu seringkali berkurang seiring berjalannya waktu. Hal ini menyebabkan mereka mencari kepuasan yang lebih tinggi lagi dan mungkin merasa sulit untuk bersyukur atas apa yang telah mereka capai.

    4. Perasaan kurang puas : Manusia cenderung memiliki perasaan kurang puas yang mendorong mereka untuk terus mencari kepuasan dan kebahagiaan yang lebih besar. Meskipun penyerangan mereka dapat signifikan, mereka mungkin tetap merasa tidak puas dan merasa bahwa mereka selalu kekurangan.

    5. Tuntutan sosial dan budaya : Beberapa tuntutan sosial dan budaya mungkin memengaruhi persepsi manusia tentang apa yang dianggap berhasil atau memadai. Mereka mungkin merasa tertekan untuk mencapai standar tertentu yang ditetapkan oleh masyarakat atau budaya mereka, yang dapat membuat mereka merasa tidak pernah cukup baik.
    Meskipun bersyukur, perlu diingat bahwa syukur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Menghargai apa yang kita miliki saat ini dapat meningkatkan kepuasan hidup, mengurangi stres, dan membantu kita melihat kebaikan dalam segala hal.

    “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku (Alloh swt) akan menambah (nikmat) kamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS.Ibrahim: 7)
     
  2. egihrsn

    egihrsn Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    111
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    makasih ane jadi lebih bersyukur dari sekarang
     
  3. Chandra Devi

    Chandra Devi Member

    Joined:
    Feb 22, 2020
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalau ilmunya masih sampai syariat, sudah jelas akan sulit untuk bersyukur.
     
  4. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    867
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Umumnya, sekarang ingat, besok lupa lagi, dan begitu seterusnya... Karena itu hanya sedikit orang yang bisa bersyukur...
     
  5. maxmanroe

    maxmanroe Member

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    353
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ambisius itu menurut saya wajar sebagai manusia. Justru kalau manusia tidak punya ambisi malah bahaya karena cenderung membuat kita menjadi manusia yang malas.

    Menurut saya, perasaan kurang puas juga bukan berarti tidak bersyukur.

    Bersyukur adalah sikap mental atau perasaan positif yang melibatkan penghargaan dan rasa terima kasih terhadap hal-hal baik yang telah diterima atau dialami. Ini mencakup kesadaran atas nikmat, berkat, atau peluang yang ada dalam hidup, baik yang besar maupun yang kecil. Orang yang bersyukur mengakui nilai positif dari apa yang mereka miliki atau alami, tanpa mengabaikan hal-hal tersebut.

    Bersyukur bukan hanya sekadar ungkapan verbal atau tindakan, tetapi juga merujuk pada pandangan hidup dan pikiran yang menghargai apa yang telah diberikan oleh kehidupan, orang lain, atau kekuatan yang lebih tinggi. Sikap bersyukur dapat membantu seseorang untuk mengembangkan rasa bahagia, merasa lebih puas dengan hidup, dan memiliki perspektif yang lebih positif dalam menghadapi tantangan.

    Kalau misalnya, seseorang mencapai sesuatu dan merasa bahagia, menghargai, dan ada kepuasan dalam hidupnya, tentunya kita tidak bisa bilang orang tersebut tidak bersyukur ketika dia kemudian ingin mencapai sesuatu yang lebih tinggi lagi.
     
    Faizalr likes this.
  6. yakub

    yakub Member

    Joined:
    Feb 23, 2016
    Messages:
    138
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Pada saat orang mencapai titik kepuasan dan hanya kenyamanan hidup
    Di saat itu setiap ada moment orang itu akan selalu bersyukur.
     
  7. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,872
    Likes Received:
    362
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Pada poin 1 (Ambisi), kadang juga dibarengi dengan perasaan iri pada lingkungan sekitar. Iri inilah yang membuat kita tidak melihat ke bawah... Hehe,,, pada akhirnya bisa menghalalkan segala cara untuk bisa bersaing... Makin jauh deh dari kata bersyukur...
     
Loading...

Share This Page