Kemampuan Otak Manusia Dalam Menghafal Informasi

Discussion in 'Science' started by abdillah, Mar 31, 2015.

  1. abdillah

    abdillah New Member

    Joined:
    Mar 31, 2015
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kemampuan Otak Manusia Dalam Menghafal - Anda sudah tahu komentar para ahli otak tentang kedasyatan otak manusia yang sangat luar biasa. Akan tetapi rasanya kehebatan otak kita itu tidak ngaruh ya.. kalau di pake menghafal, tetep aja lupa. Anak-anak kita atau para siswa banyak yang sering lupa pelajarannya, padahal baru tadi malam dihafal. Eiitt.., bukan otaknya yang salah, tapi cara menggunakan atau memfungsikan otak yang tidak tepat.

    Nah saya akan memberitahu anda hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Prof. Roger Sperry dan timnya pada tahun 1960-an. Yang hasilnya bahwa bagian otak manusia yang bernama kortek selebral terbagi kedalam dua tugas, yaitu otak kiri dan otak kanan.

    [​IMG]

    Jika anda sedang memperhatikan guru menerangkan di depan kelas, berarti sedang memfungsikan otak kiri, karena kita sedang memperhatikan kata-kata. membaca buku, menghitung matematika. Saat kita sedang menggunakan logika kita, kitapun sama sedang memfungsikan otak kiri. Lainhalnya dengan otak kanan, jika anda sedang santai mendengarkan musik, atau sedang melamun diatas genteng, atau anda sedang membayangkan warna yang akan dijadikan cat rumah atau cat kamar anda, ataupun anda berkhayal ingin pergi ke bulan, nah ini anda sedang memfungsikan otak belahan kanan.

    Kedua belah otak diatas, jika difungsikan untuk menghafal, maka otak kanan akan lebih bersifat permanen jika dibandingkan dengan otak kiri, otak kanan bersifat ingatan jangka panjang sedangkan otak kiri ingatan jangka pendek.

    Saya tidak akan menjelaskannya terlalu mendalam, tapi saya akan memberikan sebuah bukti yang mungkin pernah anda alami selama ini:

    Bukti satu:

    Anda membaca satu buku pelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari 5 Bab, silahkan anda baca dalam satu malam saja. Harus selesai… ga boleh enggak ok!, Setelah anda beres membaca buku Bahasa Indonesia tersebut, tugas anda selanjutnya adalah membaca buku cerita novel (yaaa.. kisah percintaan anak remaja deh..) yang tebalnya sama dengan buku Bahasa Indonesia tersebut. Waktunya juga satu malam sama harus selesai.

    Kemudian buktikan mana yang lebih anda ingat? 5 Bab buku Bahasa Indonesia, atau Cerita Novel? Saya yakin 1000%, anda pasti lebih ingat alur cerita novel dari pada buku Bahasa Indonesia, Kenapa bisa terjadi? Karena Saat anda membaca buku Bahasa Indonesia, otak yang anda fungsikan hanya otak belahan kiri saja dan yang anda lakukan hanya membaca tidak ada yang lain. Akan tetapi saat anda membaca novel, otak yang anda fungsikan adalah otak belahan kiri dan kanan, saat otak kiri membaca sebuah paragraph, otak kanan membayangkannya alias berimajinasi.

    Misalkan dalam novel itu tertulis “di sebuah desa yang sangat terpencil, terlihat seorang gadis nan cantik jelita sedang mencuci di tepian sungai”, saat anda membaca paragraph tersebut, saya yakin anda pasti membayangkan kejadian tersebut.. bahkan kadang-kadang dilebih-lebihkan hahahah…, nah imajinasi itulah yang membuat anda ingat pada isi cerita tersebut seluruhnya.

    Bukti ke dua
    Suatu saat anda sedang berjalan-jalan di Alun-alun bandung, atau di Mall, atau mungkin dimana aja terserah anda mau jalan-jalan dimana saya ga urusan,, hehe.., kemudian anda bertemu dengan satusosok makluk yang bernama manusia,, perasaan anda mengenali wajahnya, diapun sama melihat anda seperti yang telah kenal sebelumnya, kemudian saling mendekat dan bertanya satu sama lain, “hai kayaknya kita pernah kenal” kata anda ke-PD-an “iya emang kayaknya kita temen SD ya..” sautnya sama-sama ke-PD-an “ohh… iya.. yaa tuhan, ya kita teman SD, aduuhh.. tapi saya lupa siapa namamu?” kata Anda yang bener-bener lupa namanya bukan so‟ lupa. “saya Pinto” jawabnya sambil menepuk dada sok ganteng (hehe..) “oh iya..

    Saat ketemu temen lama anda lupa namanya tapi dengan jelas anda mengenali wajahnya, meskipun teman lama anda sekarang sudah berjenggot., nah, otak kiri mengingat kata (nama) sedangkan otak kanan mengingat gambar (wajah). Wajah diingat lama dibandingkan nama.

    Disini saya akan menginformasikan orang-orang yang mempunyai daya ingat super dasyat, sebagi bukti bahwa ternyata ada manusia-manusia yang mempunyai daya ingat super, yang yang paling penting, anda bisa melakukannya seperti mereka selama terus berlatih. Dalam menguji daya ingat, ternyata memang sudah dipertandingkan sekitar dari tahun 1991 di London. Kejuaraan Dunia terdiri dari sepuluh disiplin ilmu yang berbeda, dimana pesaing harus menghafal sebanyak yang mereka dapat dalam periode waktu:

    1. Satu Jam Mengingat bilangan secara acak, Disini peserta harus mengingat ratusan deretan angka dan berapa bilangan yang akan peserta ingat selama 1 jam, misalkan 76798078586695959847685082475322093736342326537484937335354363637384904633538390573726322667224279240247223873973053949759705823712892 ...... dst

    2. 5 Menit Bilangan seperti yang dilakukan pada poin 1

    3. Bilangan Lisan Mengingat deretan angka, akan tetapi peserta tidak melihat atau membaca angka yang harus diingat, meraka harus mengingat setiap angka yang disebutkan, dan juri menyebutkan 1 angka setiap detiknya.

    4. 30 Digit Biner Menit, peserta harus mengingat nomor biner sebanyak 30 digit dalam jangka waktu 1 menit, misalkan 011100110001001 ...., berapa nomor biner yang akan diingat dalam 1 menit.

    5. Satu Jam Bermain Kartu, dalam satu jam penuh peserta harus mengingat beberapa deck kartu (kartu bridge) secara urut. Dan peserta hurus mengingat sebanyak-banyaknya deck kartu.

    6. Acak Daftar Kata, perserta mengingat daftar kata secara urut ataupun acak sebanyak-banyaknya, misalkan (Rumah, bermain, Orphan, Enyclopedia ....)

    7. Nama dan Wajah, Peserta dibeikan waktu selama 15 menit untuk mengingat beberapa wajah beserta namanya, yang terbanyak maka dialah yang mendapatkan point terbanyak
    8. 5 menit Tanggal Bersejarah, Peserta mengingat tanggal-tanggal bersejarah atau peristiwa fiksi, beserta tahun danbulannya, diberikan waktu selama 5 menit untuk mengingat sebanyak-banyaknya.

    Dan masih banyak lagi macam- macam disiplin yang dipertandingkan, setiap peserta harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan juara umum.

    Banyak disaat pertandingan yang dapat memecahkan record dunia dalam mengingat seperti:

    [​IMG]
    • Simon Reinhard dari Jerman dapat mengingat 300 kata acak dalam waktu 15 menit​
    • Simon Reinhard juga dapat mengingat 52 buah kartu permainan dalam waktu 21.97 detik
    • Wang Feng dari China dapat mengingat 480 angka dalam waktu 5 menit
    • Ben Pridmore sanggup mengingat 27 deck kartu permainan acak dalam waktu 1 jam
    [​IMG]

    Sungguh luar biasa, diluar akal sehat kita… akan tetapi ini nyata, dan yang pasti andapun bias melakukannya.
    Dominic Brian, remaja asal Bali, berhasil membawa pulang medali perunggu dalam World Memory Championships (WMC) ke-20 yang diadakan di Hotel Mount River, Guangzhou-China, 6-11 Desember 2011. Lomba yang diikuti oleh 120 peserta mewakili 20 negara dari 4 benua yakni Asia, Amerika, Afrika dan Eropa. Tak hanya medali yang diperoleh tetapi Brian juga mendapat penghargaan khusus karena masuk dalam Top 10 Junior.
     

    Attached Files:

    Fajar Sany likes this.
  2. lesakong

    lesakong New Member

    Joined:
    Jan 17, 2015
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Yupss betul, memang untuk melakukan hal itu perlu latihan, ga bisa hanya dalam 1 malam aja, bisa sih bisa tapi ga maksimal.
    Otak manusia itu merupakan alat yang lebih canggih dari teknologi apapun, karna teknologi berasal dari pemikiran manusia sendiri
     
  3. Yudi18

    Yudi18 New Member

    Joined:
    Jun 17, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    apa faktor bakat dari gen juga bisa menetukan kali yah
     
  4. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    yupss ,, bbener banget ... *keren3*
     
  5. Fajar Sany

    Fajar Sany Member

    Joined:
    Jun 23, 2015
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Pendapat saya...

    Setiap orang memiliki kecenderungan antara otak kanan atau kiri. Jadi tidak ada yang 50-50.

    Karena itulah semua orang harus berusaha menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri, tanpa kehilangan kecenderungannya. Termasuk saya sendiri.

    Tapi ada juga orang yang terkadang pada suatu waktu lebih dominan otak kanannya, suatu waktu lain lebih dominan otak kirinya.

    Ya begitulah manusia, unik.
     
  6. yuni a andani

    yuni a andani New Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tp sayangnya orang2 indonesia sudah terbiasa menggunakan otak kiri drpada otak kanan..
    Pdahal kalo mau sukses, otak kanan yg hrs dipake..
     
  7. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    633
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    buset *kaget1*salut deh sama simon. *akhirnya*
     
  8. sevelair

    sevelair New Member

    Joined:
    Sep 30, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  9. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  10. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    855
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Baru tahu nich..
    makin tahu makin nambah ilmu..heee
     
  11. edgar

    edgar Guest

    jika semakin di asa pasti tak terbatas mas.
     
  12. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    JIka dilatih dengan sangat baik, rutin, dan terus menerus, kemampuan otak manusia dasyat juga ya, bisa mengingat hal" yg rumit sekalipun
     
Loading...

Share This Page