Kegiatan Seru yang Bermanfaat untuk Isi Libur Kuliah

Discussion in 'Education' started by hamuraSGU, May 12, 2017.

  1. hamuraSGU

    hamuraSGU New Member

    Joined:
    May 12, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Libur kuliah adalah saat yang ditunggu-tunggu mahasiswa. Ada yang menisi libur kuliah dengan pulang ke rumah, liburan ke luar kota, atau hanya berdiam diri di kost atua kontrakan. Masing-masing punya rencana tersendiri untuk menghabiskan liburan kuliah yang rata-rata memakan waktu sebulan atau lebih. Rentang waktu yang lama itulah yang menjadi saat yang ditunggu mahasiswa.

    Untuk kamu yang tidak tahu harus melakukan apa ketika libur kuliah, tidak perlu khawatir akan bosan dengan waktu libur yang lama. Gunakan waktu untuk mengikuti kegiatan yang bermanfaat dan bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang penuh pengalaman dan pastinya bisa berpengaruh pada masa depan. Jangan hanya karena memiliki gelar libur kuliah, kamu menjadi tidak aktif dan hanya bermalas-malasam. Waktumu hanya akan terbuang percuma.

    Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat libur kuliah nanti:

    1. Ikut Kursus

    Liburan dihabiskan dengan kursus? Kenapa tidak. Libur kuliah bukan berarti libur berpikir dan aktif, bukan? Justru ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk memperdalam hobi atau keahlianmu. Jika kamu menyenangi musik, kamu bisa manfaatkan untuk kursus musik, hobimu terpenuhi tapi tetap mendapat ilmu.

    Positifnya lagi, kamu bisa mendapat teman baru dengan datang ke lingkungan baru. Siapa tahu mereka memiliki link untuk membantu kamu mencapai cita-citamu.


    2. Menjadi Relawan

    Memang kegiatan ini aktif namun tidak menghasilkan uang, tapi ini adalah kegaitan yang menunjukkan sisi kemanusiaan. Kamu bisa menjadi relawan di sekitar rumahmu atau mengikuti lembaga volunteer. Kamu bisa ikut menjadi relawan di temapt bencana atau menjadi relawan di sekitar rumahmu dengan memperbaiki tata lingkungan atau membuat sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh warga.

    Kamu bisa ajak teman-temanmu untuk melakukan hal ini. Kamu pasti akan menemukan kesenangan dan kepuasaan yang tidak ada duanya.



    3. Membuka Bisnis

    Buat kamu yang ingin belajar mencari uang tambahan sendiri, ini waktu yang tepat untuk memulai bisnismu. Tidak perlu membuat bisnis yang membutuhkan modal besar dan merepotaknmu. Buatlah bisnis yang bisa kamu lakukan dengan baik dan membutuhkan modal yang terjangkau. Bisnis online semakin marak, kamu bisa berjualan dengan melalui online, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Atau jika kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa membuka stand di rumahmu. Misalnya berjualan makanan atau minuman.


    4. Menulis Buku atau Novel

    Menulis buku atau novel bisa mnejadi pilihan untuk kamu yang gemar membaca dan menulis. Waktu liburan ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan karya sendiri. Kamu juga bisa menerbitkan novelmu secara pribadi. Sudah ada penerbita yang menyediakan jasa penerbitan secara pribadi. Kamu hanya perlu mengirim tulisan novelmu, maka penerbit akan membuatkan buku. Modal pemasaran kamu lakukan sendiri, mereka hanya menyediakan jasa penerbitan saja. Siapa tahu, ini bisa mnejadi awal mula bakat dan karirmu mendatang. Jika orang sudah banyak mengenal tulisanmu dan menyukainya, tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi penulis terkenal seperti agus noor mungkin, yang karyanya dapat menjadi best seller.


    5. Magang di Perusahaan

    Ini jelas bermanfaat untuk kamu. Selain dapat menjadi langkah awal jenjang karir mendatang, kamu juga kaan mendapatkan pengalaman yang menarik dari sini. Tujuan magang adalah untuk mencari pengalaman nyata di dunia kerja sambil menyerap ilmu-ilmu yang sering kali tidak didapatkan di kelas.

    Magang biasanya dilakukan pada perusahaan yang sama dengan jurusan kuliah yang tempuh. Biasanya perusahaan tempat magang tidak menerima magang individu yang tidak resmi. Sehingga harus ada surat pengantar magang yang menjadi pengantar kita dari institusi tempat kuliah. Surat pengantar ini kamu bisa dapatkan dengan mengajukan permohonan tertulis kepada fakultas untuk dibuatkan surat pengantar magang.

    Sedikit tambahan, jika kamu masih ingin berada di lingkungan kampus, kamu bisa mencari-cari kegiatan di kampus atau ikut partisipasi dengan komunitas di kampus, atau kamu riset tentang kampus yang belum kamu ketahui, seperti misalnya di swiss genman unniversity sedang ada masalah lahan dan bangunan sgu dan sedang naik banding, itu bisa kamu jadikan contoh riset kamu yang mungkin akan keluarga di mata pelajaran kamu nanti.
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    jadi freelance, jadi freelance writer, atau bisa jadi driver ojek atau taksi online
     
  3. Ahmad Mujib

    Ahmad Mujib Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    214
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    mending tidur aja sepuasnya,,hehe
     
Loading...

Share This Page