Kebaikan Mengonsumsi Ketan Hitam

Discussion in 'Science' started by Linda Nur Wakidah, Oct 25, 2017.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    145
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Kebaikan Mengonsumsi Ketan Hitam – Ketan hitam merupakan salah satu jenis beras ketan yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Dengan mengonsumsi ketan hitam, manfat yang dapat diperoleh akan berlimbah dan baik bagi kesehatan.

    [​IMG]
    Beras ketan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, selain itu ada kandungan zat lain berupa anthocyanin yang merupakan zat alamiah antioksidan yang memiliki fungsi dasar melindungi tanaman ketan hitam dari radiasi sinar ultraviolet.

    Kandungan yang ada dalam ketan hitam sangat banyak, maka dari itu dahulu banyak yang menanamnya. Namun, sekarang masyarakat jarang menanam ketan hitam.

    Dalam beras terkandung pati, selain itu ada kandungan mineral, protein, vitamin, dan juga air. Untuk mengukur kadar air dalam beras, dapat menggunakan grain moisture meter.

    Beberapa kebaikan akan diperoleh dengan mengonsumsi beras ketan hitam. Diantaranya adalah :
    1. Cadangan makanan
    Kandungan karbohidrat yang tergolong tinggi, sehingga dapat membuat perut merasa kenyang tanpa mengonsumsi makanan yang banyak. Berasketan hitam juga dapat membuat kenyang lebih lama.

    2. Menjaga kesehatan kulit
    Sama seperti beras pada umumnya, ketan hitam mampu melembabkan, mandinginkan, dan membuat kulit menjadi halus dan carah. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan menjadikan beras ketan hitam maupun beras lainnya sebagai lulur.

    Pemakaian yang cukup mudah, beras ketan hitam mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit.
    3. Mencegah anemia
    Kandungan zat besi dalam beras ketan berguna untuk membantu produksi hemoglobin darah yang dibutuhkan oleh penderita anemia. Dengan mengonsumsi 2-3 kali dalam seminggu mampu membuat hemoglobin darah terjaga.

    4. Menjaga kesehatan otak
    Konsumsi ketan hitam mampu membantu perkembangan kognitif dan perkembangan otak. Dalam penelitian kekurangan fosfor dapat menghambat pertumbuhan otak. Maka dari itu dapat mengonsumsi ketan hitam, karena mengandung fosfor.

    5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
    Kekurangan fosfor dapat menyebabkan tulang keropos dan osteoporosis, maka konsumsi beras ketan hitam.Kandungan fosfor serta kalsium dapat menjaga kepadatan tulang serta gigi.

    6. Membantu penyembuhan luka
    Kandungan protein dapat menyembuhkan luka dengan cepat dan meregenerasi kulit, kandungan tersebut ada di dalam beras ketan hitam.

    7. Antioksidan
    Ketan hitam memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh, dan mengurangi resiko kanker dan tumor.
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. rajasales

    rajasales Member

    Joined:
    Oct 12, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ini yg ada di bubur kacang ijo kn ya?
     
  3. Selain rasanya mantaap, ketan hitam juga mempunyai manfaat *keren3*
     
  4. FixifPro

    FixifPro Member

    Joined:
    Oct 7, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Ternyata manfaatnya banyak ya, kalau beli ES kacang hijau itu biasanya ketan hitam request dikit aja, nantimah harus lebih banyak hehe biar kerasa manfaatnya
     
Loading...

Share This Page