Kebab Baba Rafi Sukses Miliki 1300 Outlet Berkat Go Digital

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by harsonoegi, Apr 2, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kedai kebab lokal ini cukup populer karena banyaknya gerai yang tersebar di beberapa kota. Hendy Setiono baru-baru ini berbagi inspirasi agar pengusaha muda nasional berani terjun ke dunia bisnis dengan go digital.

    Hendy, co-founder PT. Baba Rafi Indonesia, berbagi kisah suksesnya saat menjadi pembicara di acara Surabaya Young Entrepreneur Summit (YES) 2019. Hingga kini, Hendy sendiri telah memiliki 1.300 gerai bahkan telah menembus mancanegara. Ia mengakui kesuksesannya saat ini memang banyak terbantu oleh teknologi.

    Ajang ‘Surabaya YES 2019’ mempertemukan kaum milenial kreatif dan pengusaha muda dari beragam jenis usaha mulai dari tingkat menengah ke atas hingga nasional. Dalam acara ini, peserta dapat saling berbagi jejaring, memahami akses teknologi, pembiayaan dan pemasaran. Materi lainnya yang mereka dapatkan yakni mengetahui akses terbaru perihal pasar dan keuangan langsung dari pemangku kepentingan.

    Ia memutuskan go digital setelah mantap menjalankan usaha kebabnya pasca kembali dari perjalanannya ke Qatar, tempat dimana ayahnya bekerja pada perusahaan minyak. Ide merintis usaha kebab bermula saat ia menemukan banyak penjual kebab di Qatar yang dikerumuni oleh pembeli.

    Dari situ ia terbersit keinginan untuk membuka usaha serupa di Indonesia. ”Berbekal pengetahuan tentang apa itu kebab, saya modal nekat saja, demi untuk mewujudkan mimpi saya membuka usaha kebab,” kata Hendy.

    Hendy menggandeng temannya, Hasan Baraja, memodifikasi rasa dan ukuran kebab yang sesuai dengan citarasa orang Indonesia. Pada September 2003, ia mulai berjualan dengan menggunakan gerobak di Nginden Semolo bersama Hasan. Hendy akhirnya rela meninggalkan bangku kuliah demi meneruskan bisnisnya.

    Dua tahun kemudian, ia mendirikan PT. Baba Rafi Indonesia lalu membuatnya sebagai waralaba. Waralaba miliknya menjadi merek dagang Kebab Turki Baba Rafi. Merek ini sudah menjadi 1.300 gerai di Indonesia, Malaysia dan Filipina.

    Kisah suksesnya membuat Hendy menitip pesan ke anak muda, terutama arek Suroboyo, agar wani atau berani dalam memulai usaha. Menurutnya, anak milenial Surabaya mengesankan dirinya sebab menjadi pengusaha meski usaha mereka masih muda.

    “Apalagi dengan didukung kemajuan teknologi, anak-anak sekarang kan tidak bisa lepas dari gadget,” ungkap Hendy tentang pengaruh go digital terhadap gerakan kewirausahaan di kalangan anak muda.

    Untuk menjadikan bisnisnya masuk ke ranah Internasional, tidak perlu menjadi perusahaan yang besar. Cukup memanfaatkan keberadaan digital untuk promosi bisnis. Hal inilah yang menjadi kunci sukses Hendy Setiono mengembangkan usaha miliknya.


    Sumber: kitadigi
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Mantab deh sudah memiliki 1300 gerai, artinya sudah menjadi bos kebab
    saya sendiri belum pernah makan kebab, mungkin ini semacam roti yang terbuat dari daging
     
  3. Fatah

    Fatah New Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Ini yang namanya "usaha keras tidak mengkhianati hasil" keren banget!!
    semoga bisa memotivasi anak muda *keren3*
     
  4. daarelhijrah

    daarelhijrah New Member

    Joined:
    Apr 26, 2020
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kebeb Baba Rafi memang bisnis yang menginspirasi banyak orang.
    semangat UMKM Indonesia

    Nice info

    thanks
     
Loading...

Share This Page