Kata Tidak Baku yang Biasa Digunakan

Discussion in 'Education' started by Prito, Dec 23, 2015.

  1. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Aden dan Ajeng sebagai blogger tak ada salahnya kita belajar tata bahasa, perihal penulisan, EyD, dll.

    Saya sebenarnya bukan ahli di bidang ini, setahu saya saja. Maaf jika salah, silakan betulkan.



    Kata Tidak Baku yang Biasa Digunakan

    1. Silahkan, yang tepat silakan

    2. Sekedar, yang tepat sekadar

    3. Aktip, yang tetap aktif

    4. Nafas, yang tepat napas

    5. Sistim, yang tepat sistem

    6. Nasehat, yang tepat nasihat

    7. Analisa, yang tepat analisis

    8. Ijin, yang tepat izin

    9. Merubah, yang tepat mengubah

    10. Jadual, yang tepat jadwal

    11. Kwalitas, yang tepat kualitas

    12. Dollar, yang tepat dolar (dalam ejaan bahasa Indonesia, lho)

    13. Sukur, yang tepat syukur

    14. Nopember, yang tepat November

    15. Jaman, yang tepat zaman

    16. Mesjid, yang tepat masjid

    17. Sendal, yang tepat sandal

    18. Metoda, yang tepat metode

    19. Syah, yang tepat sah

    20. Motifasi, yang tepat motivasi. Berlaku juga untuk aktivis, aktivitas, kreativitas.
    Dll, mari tambahkan... He,
    Referensi Contoh Kata Baku dan Tidak Baku Secara Alfabetis
     
    Last edited: Dec 23, 2015
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Wah ternya kita banyak salah kaprah ya den .. merasa bener padahal salah .. naise shared den semoga inget ane , ehheheheh maklum pelupa
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,167
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Alasan mengapa silahkan salah? Bahasa Indonesia tidak ada kata silah, yang ada adalah sila. Jadi, kata sila ditambahi akhiran -kan menjadi silakan.
    Alasan mengapa sekedar salah? Bahasa Indonesia tidak ada kata kedar, yang adalah kata kadar. Jadi, bila awalan se- ditambahkan kepada kata kadar, maka menjadi sekadar.
     
  4. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Terima kasih tambahan penjelasannya kang Andre
     
  5. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Iya, tapi saya sih tak terlalu saklek juga. He. Asal pengunaannya tepat di suasana yang tepat. halah. Maksudnya kalau di artikel serius nan ilmiah memang hasus baku. Kalau bersosial gaul sih, tak masalah, menurut saya...
     
  6. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    855
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    mantap..
    tapi kalau bahasa Ane lain Lagi ( Bahasa Dayak )
    Lagi meen Tun kawal..??
    = Lagi ngapain nich teman..
     
  7. rahman andi

    rahman andi Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Cocok jadi guru bahasa indonesia kang , lengkap dan mudah di mengerti penjelasannya:D
     
  8. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,090
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Kalau gak salah ada istilah infiks *bingung*dalam tata bahasa Indonesia ...

    Kayak :

    Aktipasi menjadi Aktifasi ,

    Kwalitas menjadi Kualitas ,

    Spesipikasi menjadi Spesifikasi

    Propesi menjadi Profesi

    Kalau sesuai EYD wajib banget untuk karya ilmiah dan surat resmi .. Tapi kalau blog biasanya banyak " plesetan " kata padahal intinya itu2 aja ...hehehe
     
    Last edited: Dec 23, 2015
  9. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    iya, tapi perlu tahu juga yang bener, kan? He..
     
  10. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wah dayak ya... Muslim kan? Saya pernah baca banyak yang non muslim, betulkah? Bukannya menyinggung SARA, sekadar ingin tahu.
     
  11. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kang Andre memang TOP den...
     
  12. Outbound Puncak Bogor

    Outbound Puncak Bogor New Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    setuju.. karena sudah terbiasa diucapkan seperti itu jd kagok jika kembali kejalan yang benar.. hehee
    Outbound Bogor
     
    Last edited by a moderator: Dec 24, 2015
  13. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Yoi, betul sekali...
     
Loading...

Share This Page