Karakteristik Generasi Alpha, Generasi Abad 21

Discussion in 'Education' started by Bimbim33, May 3, 2021.

  1. Bimbim33

    Bimbim33 New Member

    Joined:
    Dec 27, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Pasti sudah tidak asing dengan lahirnya generasi Y ataupun biasa disebut generasi milenial yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, yaitu generasi X.

    Pada saat ini generasi Y ataupun milenial telah merambah umur 23– 36 tahun, dengan demikian umur produktif dikala ini ada pada generasi Y serta banyak orang tua- muda pula lahir pada generasi Y.

    Selanjutnya lahir adik dari generasi Y, ialah generasi Z ataupun generasi yang lahir antara tahun 1995– 2010. Butuh dicatat, generasi Z sudah mulai dewasa, sebentar lagi hendak mengambil alih kendali dunia dari para milenial. Di dikala yang sama, generasi baru timbul, para balita itu disebut Generasi Alpha.

    Mark McCrindle seseorang analis sosial mendefinisikan generasi alpha ataupun generasi A selaku generasi yang lahir pada abad ke- 21 sehabis generasi Z ataupun di antara tahun 2010- 2024. Mereka merupakan generasi yang telah akrab dengan teknologi semenjak lahir.

    Secara pemikiran, generasi Alpha dinilai mempunyai pemikiran yang lebih terbuka serta maju dari generasi tadinya.

    Bagaimana dengan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik generasi alpha ini? Pasti Pembelajaran yang bisa memfasilitasi generasi alpha ini merupakan pembelajaran yang telah akrab pula dengan teknologi digital, guru bukan lagi selaku sumber belajar salah satunya melainkan guru jadi fasilitator yang sanggup memfasilitasi belajar anak generasi alpha ini.

    Butuh mengkolaborasikan teknologi digital yang membuat pendidikan jadi lebih efisien serta efektif, dipadukan dengan aktivitas- aktivitas fisik yang mengasyikkan membuat semangat serta motivasi belajar anak jadi bertambah
     
Loading...

Share This Page