Jenis - Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by babolonly, Apr 16, 2016.

  1. babolonly

    babolonly Member

    Joined:
    Feb 9, 2013
    Messages:
    544
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Siapa yang tidak suka minum teh? Semua orang pasti menyukai minuman yang satu ini. Teh, bisa menjadi sajian tepat untuk waktu bersantai anda. Ketika anda menonton tv, membaca buku atau bersantai bersama keluarga akan terasa kurang lengkap jika belum ditemani minuman ini. Bahkan akan terasa nikmat jika juga tersedia makanan atau camilan ringan, pasti akan menambah hangat suasana berkumpul keluarga anda.

    Bermunculannya berbagai produk teh dalam kemasan, membuat minuman ini sangat gampang dalam penyajiannya. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat atau air dingin, menambahkan sedikit gula kedalamnya, sudah jadi dan tinggal minum saja. Pilihan rasanya pun beraneka ragam. Tinggal sesuaikan mana yang sesuai dengan selera anda.

    Jenis - Jenis Teh

    1. Teh hijau
    Teh hijau sangat terkenal diasia karena manfaatnya yang luar biasa. Teh hijau juga sering dikonsumsi banyak wanita terutama mereka yang sedang menurunkan berat badan. Teh hijau dibuat dari daun teh yang masih muda. Setelah teh hijau dipetik, kemudian diproses dengan cara dikeringkan dengan udara panas.Daunnya kemudian digoreng sangrai namun tidak difermentasikan sehingga kandungan gizi dan vitamin di dalamnya terjaga dengan baik.

    2. Teh Oolong
    Berbeda dengan teh hijau, teh oolong mengandung 30 miligram kafein dalam satu cangkirnya. Dalam pembuatannya teh oolong hanya difermentasi dengan waktu yang sangat singkat.

    3. Teh Hitam
    Teh hitam memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau ataupun teh putih yaitu 40 miligram dalam setiap cangkirnya. Kandungan antioksidan thearubigins dan theaflavis sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Manfaat minum teh hitam secara rutin ini akan membantu menurunkan resiko seseorang tersebut dari serangan jantung dan stroke.

    4. Teh Putih
    Jenis teh selanjutnya adalah teh putih. Teh putih memiliki rasa yang paling lembut dan enak dibandingkan dengan teh-teh lainnya. Ini dikarenakan teh putih dibuat dari pucuk daun teh yang masih sangat muda. Kandungan kafein di dalam teh putih juga sedikit yaitu hanya 15 miligram per cangkir.

    5. Teh Herbal
    Jenis teh dan manfaatnya untuk kesehatan teh herbal. Pada umumnya teh herbal tidak dibuat dari daun dari tanaman Camelia sinensis. Akan tetapi teh herbal dibuat dari akar, biji, daun, bunga dan kulit kayu dari tanaman obat. Teh herbal mengandung vitamin C yang tinggi ang bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

    6. Teh kapulaga (Cardamom Tea)
    Anda mungkin masih belum mengetahui jenis teh ini. kapulaga merupakan jenis tanaman obat yang sering dimanfaatkan untuk mengobati segala macam penyakit. Teh kapulaga sendiri umumnya digunakan untuk mengatasi kram pada perut, meringankan perut kembung serta membantu sistem pencernaan tubuh.

    7. Teh jahe
    Sesuai namanya, teh ini dibuat menggunakan ekstrak jahe. Manfaat minum teh jahe berguna untuk membantu saluran pencernaan, mengurangi gas dalam perut sehingga dapat menyembuhkan perut kembung, dan mengatasi mabuk perjalanan.

    8. Teh gingseng
    Teh jenis ini sangat terkenal di negara cina, dan sering digunakan sebagai bahan pengobatan. Sama seperti jenis teh lainnya, teh gingseng juga dikenal sebagai teh herbal yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Teh gingseng ini dipercaya bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kanker tertentu, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi. Meksipun memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter sebelum meminum teh herbal.

    9. Teh chamomile
    Jenis teh yang terakhir adalah teh cahmomile. Teh ini termasuk kategori teh yang dibuat dari bunga - bungaan, yakni bunga chamomile. Bunga ini memiliki aroma yang sangat harum seperti hal
     
    Atik likes this.
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,131
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Sebenarnya jenis teh hanya 4 yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Namun istilah teh banyak digunakan untuk minuman lain yang bukan berasal dari daun teh. (termasuk teh nita, teh desi :D )
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Ane sih paling suka teh chamomile, enak aja rasanya di badan. Ditambah nyemil biskuit deh, mantap!
     
  4. Yoga Pratama

    Yoga Pratama Member

    Joined:
    Apr 10, 2016
    Messages:
    271
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    mau minum teh mana ya enaknya,...
     
  5. Alleria Clark

    Alleria Clark New Member

    Joined:
    Apr 20, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bener gan, biasa ane minum teh hijau untuk diet :D
     
  6. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    677
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Wah banyak juga ternyata variasi dari teh... Tahunya teh celup dan teh gelas..
     
  7. masdoni

    masdoni Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    167
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    minum teh hijau enak bgt rasanya, apalagi kalau hangat
     
  8. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
Loading...

Share This Page