Aki alias battery merupakan salah satu komponen penting pada motor, tanpa aki semua komponen yang berhubungan dengan kelistrikan dipastikan tak berfungsi, jika kondisi aki soak motor tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Aki berfungsi untuk menyimpan listrik dan juga berfungsi untuk supply system kelistrikan pada motor. Jika aki soak atau tekor, motor tidak akan berfungsi dengan baik dan bisa jadi mogok di saat keadaan sedang genting. Aki soak dapat terjadi kapan pun dan dimana pun. Aki biasanya dipakai selama satu sampai dua tahun. Setelah itu sebaiknya pengendara motor senantiasa memeriksa kondisi aki secara berkala. Jika tidak demikian, ada kemungkinan aki soak dan mogok kapan saja. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan saat aki soak? Kebanyakan Motor Pakai Aki Kering Kebanyakan motor gunakan aki kering Kebanyakan motor sekarang menggunakan aki kering. Dimensi dari aki ini kecil dan lebih praktis. Sebenarnya aki ini sudah maintenance free dan tidak perlu menambah air aki lagi karena sudah kering. Perawatan aki kering pun lebih mudah dibandingkan aki basah. Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan untuk memperbaiki aki kering yang soak: Air accu Obeng minus atau pencukit Lem plastik Suntikan tinta Setelah bahan sudah siap saatnya untuk memperbaiki aki yang soak: Pertama adalah dengan melepas aki dari motor. Lepaskan dulu kutub positif. Selanjutnya bersihkan bagian luar aki. Ini agar saat nanti memperbaiki aki, kotoran tidak akan jatuh ke dalamnya. Usap bagian yang kotor dengan kain lap. Bongkar tutup aki kering bagian atas sampai terbuka dengan menggunakan obeng. Lakukan dengan hati-hati, jika dibuka dengan kasar ditakutkan membuat aki rusak dan tidak bisa diperbaiki. Membuka tutup aki secara sembarangan pun berisiko sebabkan aki pecah yang nantinya juga menyebabkan kebocoran. Selanjutnya, pastikan semua lubang karet sudah terbuka dan masukkan air zuur. Masukkan cairan air aki dalam suntikan dan masukkan ke dalam tiap-tiap lubang. Suntikkan jarum ke dalam lubang karet sampai 1 cm di bawah lubang tersebut. Lakukan sampai semua lubang sudah terisi. Isi sampai merata dan penuh. Tutup kembali lubang karet. Next step, pasang kembali penutup aki dan lem dengan lem plastik yang sudah disiapkan. Pastikan semua tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk atau keluar. Selanjutnya isi tegangan daya atau listrik dari aki. Proses ini biasanya disebut juga dengan setrum aki. Proses ini bisa dilakukan dengan mengecharge aki atau dengan melakukan jumper aki. Lakukan pengecekan dan aki bisa dipakai kembali. Jika aki masih belum bisa digunakan, lakukan pengecekan lagi dan bongkar kembali aki untuk tahu apakah ada sel-sel aki yang rusak. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini. Budimola, Sep 9, 2019 #1 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Jangan Bingung Begini Jangan Bingung, Begini Prosedur Pembuatan SIM C Budimola, Aug 30, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 941 Budimola Aug 30, 2019 Bingung? Ini Lho Pengertian dan Tempat Perpanjangan SIM C Budimola, Sep 20, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 1,196 Budimola Sep 20, 2019 Jangan Bingung, Ini Beda Kawasaki D Tracker dan D Tracker X Budimola, Sep 4, 2019, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 1,129 Budimola Sep 4, 2019 Dongkrak Mobil Jangan Asal, Ini Tipsnya! bimo dimas, May 19, 2021, in forum: Otomotif Replies: 1 Views: 1,887 blackking May 20, 2021 Jangan Terlalu Manjakan Mobil Baru Saat Masa Reyen defialvia, Jan 8, 2021, in forum: Otomotif Replies: 0 Views: 936 defialvia Jan 8, 2021 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in