Instagram Marketing: 8 Cara Cerdik Meningkatkan Engagement di Instagram Menggunakan Menu Persisten

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Aug 4, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    45
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Instagram Messenger API telah mengubah cara bisnis & perusahaan berinteraksi dengan follower dan konsumen mereka. Brand dapat meningkatkan keterlibatan dengan berdiskusi satu lawan satu dengan follower dan pengguna pada pengaturan pemasaran, bisnis, dan dukungan dengan mengotomatiskan DM Instagram. Jika Anda telah membaca artikel Gupshup tentang Penyedia Chatbot API terbaik di Indonesia, Anda pasti sudah familiar dengan banyak pilihan yang disediakan oleh API, antara lain:

    v Meningkatkan ROAS menggunakan Iklan Langsung Instagram (Instagram Direct Ads)

    v Menggunakan Otomatisasi Dukungan Langsung Instagram, berikan layanan premium kepada klien

    v Meningkatkan Pencarian dan penemuan Produk yang diharapkan klien dengan Percakapan Instagram

    API Instagram mencakup sejumlah kemampuan, termasuk dalam upaya membantu pengiklan dalam memberikan pengalaman konsumen yang menarik selama chat di Direct xMessenger:

    v Ice breakers

    v template produk

    v Korsel (Carousels)

    v respon cepat

    Instagram Messenger API baru saja menyertakan fitur yang disebut Persistent Menu untuk memudahkan pelanggan Anda menelusuri dan mengakses fungsionalitas utama dari Instagram Direct Messenger otomatis Anda.

    Apa Arti Persistent Menu di Instagram DM?

    Menu Persisten adalah antarmuka pengguna yang muncul di dalam Instagram Direct Messenger yang dibuat untuk memberi klien Anda akses cepat ke fitur penting Instagram bot DM Anda. Ini adalah penggeser yang membuat akses pelanggan Anda ke menu utama bot Instagram terbuka setiap saat selama diskusi, sehingga mereka tidak perlu repot mengakhiri obrolan dan memulainya lagi untuk mengakses topik baru. Menu persisten Instagram dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
    [​IMG]

    Bagaimana Cara Kerja Menu Persisten Bot Instagram untuk Pengguna?
    Dengan menuju ke DM Instagram Anda dan mengklik simbol hamburger (3 garis sejajar) di area kanan atas, follower Anda dapat mengakses Menu Persisten. Kemudian, dengan berbagai pilihan dan koneksi, opsi Persistent Menu muncul di layar.
    [​IMG]

    Bagaimana Menu Persisten Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Keterlibatan di Instagram?
    Pertimbangkan Menu Persisten sebagai kartu menu DM Instagram Anda. Ini dapat digunakan untuk menyambungkan dan menyoroti subjek yang mungkin menarik bagi klien Anda. Anda dapat memilih dari total 20 opsi pada menu. Namun, demi kesederhanaan, kami menyarankan untuk menambahkan tidak lebih banyak pilihan daripada yang Anda yakini akan diperlukan untuk membantu klien Anda ketika mereka mengunjungi DM Instagram Anda.

    Berikut adalah beberapa strategi untuk menggunakan Menu Persisten untuk berinteraksi dengan audience Anda dan memperkaya diskusi channel apa pun yang dapat mereka mulai.

    1. Tampilkan Kategori Produk
    Di Menu Persisten, Anda dapat menyertakan "Kategori Produk" jika perusahaan Anda memiliki katalog produk yang besar. Misalnya, opsi "Kategori Produk" pada menu permanen akan memudahkan konsumen Anda untuk mengakses kategori yang sesuai dan memulai perjalanan mereka jika Anda adalah perusahaan telekomunikasi yang menyediakan internet, TV satelit, dan layanan SIM prabayar dan pascabayar. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan "Profil Pelanggan" dan "Rekomendasi Pribadi" sebagai pilihan untuk membuat segalanya lebih disesuaikan.

    2. Menyediakan Akses Ke Isu-Isu yang Sering Dipertanyakan
    Menurut prinsip pareto, 80% klien Anda cenderung menanyakan 20% pertanyaan Anda, memberikan kesempatan untuk memperkenalkan otomatisasi dan meningkatkan produktivitas. Membuat bot Instagram Anda memberikan tanggapan pertanyaan semacam ini sebagai FAQ mungkin cukup berguna untuk klien Anda. Selain itu, memudahkan pelanggan untuk mengaksesnya dengan menambahkan "FAQ" sebagai item menu ke Menu Persisten

    3. Tekankan Sesuatu yang Baru
    Setiap kuartal, musim, atau tahun bisnis Anda mungkin menawarkan barang, fitur, dan layanan baru. Anda dapat memajangnya di bot Instagram Anda. Untuk memberi tahu pelanggan setia Anda tentang item terbaru, mungkin ide yang bagus untuk menyertakan opsi "Yang Baru" di menu tetap Anda.

    4. Sorot Barang Populer
    Bahkan jika Anda memiliki berbagai macam produk, beberapa pasti akan lebih disukai oleh pelanggan Anda saat ini. Jadi mengapa tidak membuat sumber daya ini mudah diakses oleh pengguna akun DM Instagram Anda? Ini adalah pendekatan yang hebat untuk membuat pelanggan potensial menyelidiki item populer, menjawab pertanyaan mereka, dan kemudian melakukan pembelian langsung dari DM Instagram.

    5. Permudah Untuk Menghubungi Live Agent
    DM Instagram yang dibangun dengan baik dapat diatur untuk memberikan layanan pelanggan kelas satu melalui diskusi otomatis. Kenyataannya adalah bahwa menangani permintaan yang sulit masih memerlukan kemampuan eskalasi live agent. Untuk meningkatkan pengalaman dukungan pelanggan, opsi "Bicara dengan live agent" harus disertakan ke Menu Persisten. Staf Anda dapat terhubung dan melakukan percakapan real time dengan konsumen Anda di Instagram menggunakan dasbor Agent Assist Gupshup yang cerdas. Belum lagi banyak konektor yang disediakan Gupshup - Penyedia Chatbot API tepercaya di Indonesia - untuk membuat transfer agen bot menjadi lancar.

    6. Survei dan Umpan Balik
    Sangat penting untuk melakukan survei dan mendapatkan umpan balik untuk mengenal konsumen Anda lebih baik. Dan mengingat bahwa calon klien Anda berinteraksi dengan Anda di Instagram, mengapa tidak memberi mereka akses cepat ke survei ini melalui DM Instagram Anda? Selain memberi tahu klien Anda tentang aktivitas ini, opsi untuk "Survei dan Umpan Balik" berkelanjutan pada menu tetap akan membantu Anda mendapatkan balasan yang jujur.

    7. Izinkan Pemantauan (Tracking) Pesanan
    Penjualan adalah hasil akhir dari semua kegiatan komersial, baik langsung maupun tidak langsung. Jadi, mengapa tidak memudahkan klien yang sudah membeli barang Anda untuk menindaklanjuti pesanan mereka atau mengonfirmasi janji temu langsung dari DM Instagram? Sebaiknya sertakan opsi "Lacak Pembelian" di Menu Persisten agar klien Anda dapat memeriksa status pesanan atau reservasi mereka langsung dari Instagram.

    8. Soroti Kontes Atau Permainan yang Sedang Berlangsung
    Game, kuis, dan kontes adalah cara terbaik untuk membuat audiens Anda tetap tertarik. Faktanya, kontes atau giveaway di Instagram dapat mempercepat pertumbuhan follower Anda hingga 70% hanya dalam beberapa bulan. Selain itu, banyak aktivitas di Instagram dapat dibuat lebih partisipatif melalui obrolan. Oleh karena itu, membuatnya dapat diakses melalui Menu Persisten adalah langkah bijak untuk menarik lebih banyak klien dan meningkatkan traffic.

    Kesimpulan
    Instagram Direct Message Automation merevolusi cara perusahaan berkomunikasi dengan follower, pengguna, dan klien mereka di platform. Perusahaan terkemuka di seluruh dunia menggunakannya untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan komunitas Instagram. Livon dan Vicco adalah dua perusahaan terkenal yang menggunakan Instagram. Di zaman di mana chat di aplikasi perpesanan adalah norma, mengembangkan kemampuan percakapan untuk brand bukanlah pertanyaan apakah atau tidak, tetapi kapan dan bagaimana. Otomatiskan DM Instagram Anda sekarang juga dan ambil langkah untuk membangun pengalaman percakapan omnichannel untuk pelanggan Anda segera hanya di Gupshup, Penyedia Chatbot API pilihan di Indonesia.


    Sumber
    Dilokalisasi Dari:

    8 Clever Ways To Use Persistent Menu To Boost Engagement On Instagram

    Sumber Sekunder:

    Instagram Messenger API: All-In-One Guide For Marketers
     
  2. Ibnu Ayun

    Ibnu Ayun Member

    Joined:
    Apr 15, 2020
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    jadi kayak Swipe Up yang di Instagram Story tapi untuk di DM Instagram ya?
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,137
    Likes Received:
    150
    Trophy Points:
    63
    Menggunakan itu mungkin bayar kali ya.
     
  4. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    115
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Berbayar atau gratis ya? Kalau gratis lumayan juga karena instagram saya sepi
     
Loading...

Share This Page