Inilah Motor Batman Besutan Honda

Discussion in 'Otomotif' started by Rendi Rafli, Nov 18, 2016.

  1. Rendi Rafli

    Rendi Rafli Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Bentuk futuristik dan antimainstream ditambah balutan warna hitam, kian menguatkan bahwa kuda besi ini adalah motor dari tokoh superhero DC Comics.
    Sepeda motor yang satu ini memang mengedepankan teknologi, bukan hanya menonjolkan sisi badan yang bongsor juga mesin berkapasitas tinggi. Dapat dikatakan, motor yang satu ini sebagai salah satu motor futuristik dengan desain stylish.

    Harga Motor Honda NM4 Vultus ini dibanderol seharga Rp 435 juta on the road, memang terasa cukup mahal. Namun, harga tersebut cukup logis bagi mereka yang menginginkan sebuah motor gede (moge) yang lain dari biasanya. Mengusung tagline Beyond Futuristic, Vultus hadir dengan tampang yang beringas. Ditambah dengan Spesifikasi dapur pacu yang gahar.

    [​IMG]


    Vultus dipersanjatai mesin berkapasitas 750 cc Parallel Twin OCT ENgine. Kemudian dilengkapi dengan liquid cooled, 4 langkah, 8 Valve, SOHC, 6 percepatan dan mengusung teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Menariknya, motor ini adalah menggunakan dual sistem transmisi.

    Otokir berkesempatan untuk mencoba kehebatan dari motor Batman ini. Kesan pertama sebelum menunggangi motor ini adalah mewah, modern, memiliki tenaga layaknya bom waktu. Hal pertama yang menjadi penasaran adalah teknologi Dual Clutch Transmisition (DCT) Technology. Sebab, Vultus menjadi motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi transmisi tersebut. Maksudnya yang dilengkapi mode otomatis dan manual yang halus dan ultra resnponsif.

    Suara mesin berkapasitas 750cc dan dua silinder dari Vultus memang halus. Namun, jangan terkejut jika tuas gas ditarik dan akan menghasilkan suara bombastis layaknya Harley mungkin lebih :D

    Ketika duduk di atas motor, riding position dari Vultus nyaman dan cocok untuk motor touring. Kursi pun dapat diatur dengan fitur flip down passenger seat. Posisi duduk pengemudi dpaat nyaman dan dapat mengtatur sandaran duduk dengan tiga tahap sudut kemiringan dan empat posisi longitudinal berinterval 25 milimeter.

    Genggaman setang kemudi terasa pas dan nyaman dengan postur tubuh pengendara. Saat melihat panel instrumen, memang banyak sekali panel indikator, terlebih pada stang kiri dan kanan. Namun, itu tidak terlalu membingungkan dan mudah untuk dioperasikan. Pada setang kanan terdapat tuas pilihan AT atau MT lalu Drive, dan S lalu ada electric starter. Lalu di setang kiri ada shift up dan down, lalu lampu juga lampu sign.

    Setelah mencoba beradaptasi dengan Vultus, akhirnya Otokir mencobanya ke kawasan Bandung Utara hingga Kabupaten Subang. Daerah tersebut dipilih karena karakter jalan yang cocok untuk merasakan bagaimana sensasi berkendara dengan Vultus.

    Pertama, ketika mencoba Otokir memilih untuk mencoba transmisi AT. Perpindahan tiap gigi nyaris tidak terasa ada hentakan juga tanpa jeda. Jalanan menanjak yang dikombinasikan dengan kelokan di kawasan Bandung Utara dengan mudah dilibas. Mesin 750 cc pada Vultus mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 40.3 kW/6.250 rpm dengan torsi maksimal 68 Nm/4.750 rpm. Saat mencoba dengan transmisi manual, sama sekali tidak sulit untuk mengendalikannya, bahkan, touring menjadi lebih nikmat.

    Badan dari motor ini memang bongsor, namun tidak serta merta sulit dikemudikan dan tetap dapat melaju dengan lincah. Dimensi dari Vultus adalah 2.380 x 933 x 1.170 mm dengan bobot kosong 245 kilogram. Jika melihat angka tersebut, jelas akan menyiksa pengendara, namun saat melaju motor dapat dengan nyaman dikemudikan. Sekalipun dimensinya bongsor, jarak sumbu roda tidak terllau lebar yakni 1.645 milimeter. Rangka dari Vultus pun mengadatasi tipe rangka diamond yang menggunkana bahan baja pipa. Ketika mencoba meliuk-liuk di tikungan kawasan Bandung Utara, kaki-kaki dari Vultus nyaman dan kokoh.

    Suspensi depan menggunakan sistem suspensi teleskopik fork dengan rangka multi spoke casr alumunium. Kemudian suspensi belakang monoshock dumper dengan Pro Link swingarm. Ban depan berukuran 200/50 ZR17 dan belakang 120/70 ZR17.

    Sekalipun berbadan bongsor dan mesin besar, Honda Vultus tetap diberi sistem pengereman terbaik, yakni sistem single wavy hydraulic disc dua piston, sedangkan rem belakang hydraulic disc dengan piston tunggal.

    Sumber
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    makin gede aja bodi motornya :D
     
  3. Rendi Rafli

    Rendi Rafli Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Iya den, meski dimensi nya sangat bongsor namun top speednya ngaciiirr :D
     
  4. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
  5. Rendi Rafli

    Rendi Rafli Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Dapat mencapai 180 km / jam dalam hitungan detik gan
     
  6. nanank123

    nanank123 New Member

    Joined:
    Jun 4, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Njirr.. Kalo bawa itu mah gimbling pasti jadi kaya komeng :D
     
  7. woow keren sekali yah, tampilannya bagus
     
  8. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
Loading...

Share This Page