Inilah Cara Mencari Jurnal Internasional dengan Gratis

Discussion in 'Education' started by Fadli Hafizulhaq, Jan 21, 2017.

  1. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Halo, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi untuk kamu yang saat ini sedang duduk di bangku S1 dan sedang dalam rangka mengerjakan skripsi. Tentu juga bagi kamu yang tengah menempuh pendidikan pascasarjana baik S2 maupun S3.

    Dalam mengerjakan sebuah penelitian, mencari sumber yang valid itu sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu referensi yang kita butuhkan harus referensi yang bisa dipertanggung jawabkan. Bukan referensi biasa dari internet seperti dari situs komersil, blog ataupun Wikipedia--itu tidak akan laku dalam menulis penelitian. Oleh karenanya, kamu perlu mencari referensi yang lebih ilmiah seperti jurnal.

    Jurnal sendiri juga ada dua tipe, pertama jurnal nasional, kedua jurnal internasional. Jurnal nasional adalah jurnal yang ditulis di dalam negeri dan menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan jurnal internasional adalah jurnal yang ditulis oleh berbagai peneliti di penjuru dunia dan pastinya berbahasa Inggris. Dalam mencari jurnal, khususnya jurnal internasional, itu susah-susah gampang. Tapi kamu tetap bisa dapat jurnal internasional dengan gratis, berikut cara mencari jurnal internasional dengan gratis.

    Memanfaatkan Google Scholar
    Pernahkah kamu mendengar info mengenai Google Scholar? Atau Google Cendikia? Itu adalah mesin pencari Google khusus untuk artikel ilmiah. Kamu dapat menggunakan layanan Google satu ini untuk mencari jurnal, hanya saja tidak semuanya gratis. Kunjungi saja http://scholar.google.com dan masukkan kata kunci yang ingin kamu cari.

    Cari di DOAJ
    DOAJ adalah singkatan dari Directory of Open Access Journal alias jurnal gratis. Kamu bisa mencari jurnal internasional di sini. Masuk saja ke situsnya http://doaj.org dan masukkan kata kuncimu.

    Bisa juga cari di Science Direct
    Salah satu situs yang dapat digunakan untuk mencari jurnal adalah http://sciencedirect.com, situs ini sangat populer. Jurnal yang ada di sini ada yang berbayar dan ada yang gratis. Kamu bisa menyaring pencarian menjadi "Open Access articles".

    Minta tolong orang lain
    Cara lainnya yang dapat kamu gunakan dalam rangka mencari jurnal gratis adalah dengan meminta tolong kepada orang lain, teman atau kenalan yang kampusnya berlangganan jurnal. Kamu tinggal memberikan judul atau url jurnal kepadanya.

    Nah, itulah tadi beberapa cara mencari jurnal internasional dengan gratis. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi yang sedang melakukan penelitian. Dan semoga penelitianmu lancar. Salam.

    Sumber: Cara Mencari Jurnal Internasional
     
  2. SyamsQ

    SyamsQ Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    487
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Terima kasih gan. Mohon doanya supaya skripsi saya cepat kelar.
     
Loading...

Share This Page