Ini Dia Tips Investasi Emas Untuk Pemula

Discussion in 'Education' started by RyanNDI, Dec 21, 2020.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    68
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Apakah Anda siap terjun ke dunia investasi? Anda memiliki serangkaian pilihan yang luar biasa, dengan perusahaan yang go public setiap hari. Namun, saham bisa berubah-ubah dan sulit diprediksi. Emas, di sisi lain, adalah investasi yang akan selalu memiliki nilai fisik.

    Pelajari cara investasi emas dan Anda dapat memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi, terutama dalam investasi jangka panjang selama beberapa dekade. Tidak hanya itu, mempelajari cara berinvestasi emas saat ini sangat penting, karena komoditas ini dapat membantu menyeimbangkan portofolio Anda secara keseluruhan. Baca panduan lengkap tentang cara investasi emas di bawah ini.

    Mengapa Anda harus berinvestasi dalam emas?

    Emas bisa terasa seperti investasi yang tidak stabil, tetapi jangan biarkan hal itu membuat Anda putus asa. Secara historis, emas secara konsisten naik nilainya — dan ketika investasi lain jatuh, emas dapat memperoleh keuntungan. Investasi emas Anda dapat membawa Anda melewati periode ketika saham tradisional Anda mungkin goyah. Investasi emas memungkinkan Anda memilih cara yang Anda inginkan dan kemudian menyesuaikan tingkat risiko Anda. Jika Anda menyukai aset fisik, Anda dapat membeli emas batangan atau perhiasan emas langsung. Jika Anda lebih suka mendiversifikasi portofolio Anda, carilah dana emas, emas digital atau dapatkan saham perusahaan pertambangan.

    Bagaimana cara membeli emas?

    Apakah Anda siap membeli emas sekarang? Beberapa orang lebih suka berinvestasi besar-besaran dalam emas untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, sementara yang lain ingin membeli emas sebagai investasi jangka pendek dan kemudian menjualnya dengan cepat. Memperhatikan pegadaian adalah cara terbaik untuk menemukan emas fisik. Koin emas dan perhiasan emas sering kali muncul di tempat-tempat seperti itu. Namun, jangan lupa untuk menyimpan tabungan emas Anda di tempat yang aman! Anda juga dapat berbelanja emas, secara digital, tanpa harus meninggalkan. Jika Anda sudah memiliki portofolio investasi yang lumayan, Anda mungkin sekarang ingin mempertimbangkan untuk melakukan diversifikasi dan menambah investasi emas.

    1. Emas batangan

    Emas batangan tersedia dalam satuan ons (atau sebagian kecil dari satu ons) atau dalam gram (atau beberapa gram). Belilah emas batangan fisik jika Anda menginginkan emas mentah yang dapat Anda pegang. Membeli emas batangan memberi Anda eksposur langsung ke emas, tetapi Anda harus menyimpannya di tempat yang aman jika terjadi keadaan darurat. Ingatlah bahwa emas batangan adalah investasi jangka panjang. Lalu, bagaimana dan di mana membeli emas batangan? Pilihan terbaik adalah melalui dealer emas terkemuka atau penjual emas yang terhubung dengan percetakan uang pemerintah untuk memastikan bahwa Anda menerima emas batangan asli. Dengan menggunakan dealer terkemuka, Anda mungkin tidak memerlukan pihak ketiga untuk menilai emas. Namun, jika Anda membeli emas dari sumber yang tidak diketahui, periksa tanda stempel 99.99% yang menunjukkan kemurniannya dan dapatkan penilaian, untuk memastikannya dan Anda tidak berakhir dengan emas batangan palsu. Anda bisa membeli emas batangan secara langsung atau online. Pastikan Anda juga hanya membeli emas murni (setidaknya 99.5% emas murni) batangan. Anda juga perlu memastikan bahwa itu dicetak oleh penambang emas populer seperti Antam.

    2. Emas Digital

    Membeli emas fisik tentu memiliki kelemahan. Ada masalah dalam mengidentifikasi keabsahan dan kemurniannya, lalu ada masalah penyimpanan. Satu masalah lagi adalah kita berada di tengah-tengah pandemi. Tidaklah ideal untuk pergi ke pedagang emas atau toko perhiasan. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih berinvestasi pada emas digital. Emas digital, di sisi lain, dapat dibeli secara online dan disimpan pada tabungan digital yang diasuransikan oleh penjual atas nama pelanggan. Ini juga membantu Anda mengatasi semua masalah pembelian emas fisik yang disebutkan di atas. Yang Anda butuhkan hanyalah internet/mobile banking dan Anda dapat berinvestasi emas secara digital kapan pun, di mana pun.

    Bagaimana harga emas ditentukan?

    Emas, seperti komoditas lainnya, dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan. Ketika lebih banyak orang membeli emas, harganya naik, dan ketika investor menjual emas, harganya turun. Sebagian besar komoditas naik dan turun secara bergelombang karena lebih banyak produk yang memasuki pasar, tetapi emas bisa turun dan naik ke arah yang berlawanan. Alasan mengapa emas berperilaku berbeda dari komoditas lain adalah karena logam mulia menginspirasi kepercayaan. Ketika komoditas lain mulai gagal, orang-orang akan segera membeli emas karena mereka yakin nilainya akan tetap tinggi. Permintaan ini mendorong harga lebih tinggi, secara otomatis menciptakan efek yang diinginkan dan memperkuat kepercayaan pada emas.


    Sumber Lengkap Artikel
     
Loading...

Share This Page