Honda Jazz Generasi Keempat Tidak Dijual Di Indonesia

Discussion in 'Otomotif' started by andikasa, Apr 1, 2021.

  1. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Pada Tokyo Motor Show 2019 Oktober lalu, Honda resmi mengungkap Honda Jazz 2020 versi internasional. Menampilkan desain yang lebih mulus dan kontemporer, Honda Jazz generasi 4 baru memiliki kontur yang mulus, wajah depan yang lebih menarik, dan tampilan eksterior yang lebih ramah secara keseluruhan. Memang tidak se-sporty hatchback generasi ketiga, tapi Honda mengatakan bahwa mereka harus mendesain ulang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

    [​IMG]

    All New Honda Jazz atau Jazz generasi 4 yang dikenal dengan nama Honda Fit di pasar Jepang memang menjadi bintang utama Tokyo Motor Show 2019. Tampangnya baru, platform-nya baru, fiturnya baru, hingga mesinnya juga baru. Semua yang ada di Jazz benar-benar segar. Honda Jazz baru memang dirancang untuk pasar dalam negeri Jepang. Walau, memang mobil itu pada akhirnya juga dipasarkan juga di negara seperti Singapura. Tapi, secara desain, jauh dengan ciri khas Honda Jazz selama ini yang kekar, penuh garis tegas, serta sporty.

    Bentuk desain tampilan Jazz baru ini mirip anjing Shiba Inu yang asli Jepang dan sangat populer sebagai binatang peliharaan. Ini terlihat dari grill yang ramping, kap mesin menonjol hingga ke bagian depan, yang membentuk ”hidung” dengan logo Honda di tengah. Hilangnya kesan sporty di Honda Jazz generasi keempat, ternyata disengaja karena di Jepang sendiri Jazz tidak terlalu identik dengan kesan mobil sporty.

    Karenanya, sekarang mereka mencoba menyasar pasar baru. Tepatnya, pasar kaum hawa. Menurutnya, Jazz baru generasi keempat ini dirancang sebagai ”partner” penggunanya dalam kegiatan sehari-hari. Karena itu desainnya harus lebih friendly. Lebih manis, lebih lucu, juga lebih akrab. Tampangnya bisa disebut Kawaii dalam bahasa Jepang yang artinya lucu atau imut. Padahal, secara fitur, Honda Jazz baru terbilang sangat baik. Ada banyak fitur futuristik dan canggih, kenyamanan meningkat jauh, juga kabin dan bagasi yang lebih lapang.

    [​IMG]

    Honda Indonesia menegaskan tidak akan membawa Honda Jazz generasi keempat ini masuk ke Indonesia. Model terbaru dari Jazz tersebut masih hanya dijual di Jepang. Menurut pihak Honda Indonesia, berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihaknya menyebutkan bahwa desain dari Jazz generasi keempat yang lebih lembut dan imut itu tidak sesuai dengan karakteristik preferensi pengendara di Indonesia. Orang Indonesia suka dengan tampilan yang cenderung sporty. Hal ini yang menjadi pertimbangan utama Honda menggantikan posisi Honda Jazz dengan Honda City Hatchback RS di segmen hatchback karena Honda Jazz generasi keempat terlalu imut dan kalem.
     
    Last edited: Apr 1, 2021
Loading...

Share This Page