Hati-hati, Jangan Sampai 7 Kesalahan Terbesar Investor Saham Pemula Ini Terjadi Pada Anda!

Discussion in 'General Business' started by Herwin Junior Situmorang, Dec 16, 2020.

  1. Herwin Junior Situmorang

    Herwin Junior Situmorang New Member

    Joined:
    Nov 24, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Agar Anda tidak mengalami hal yang sama, berikut kami uraikan tujuh kesalahan terbesar investor saham pemula dan bagaimana tips agar terhindar dari kesalahan investor pemula dalam berinvestasi.


    7 Kesalahan Terbesar Investor Saham Pemula
    [​IMG]

    Banyak investor saham pemula yang sengaja atau tidak sengaja melakukan kesalahan sehingga pengalaman pertama mereka berinvestasi kurang mengenakan karena mengalami kerugian. Berikut kami himpun tujuh kesalahan terbesar investor saham pemula yang sering kami temukan.

    1. Mindset Investasi Jangka Pendek
    Menentukan tujuan dan rencana investasi sangatlah penting. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi saham, artinya Anda bersedia untuk menanamkan modal dan menjalani proses investasi selama paling tidak 10 tahun. Saham bukanlah jenis investasi jangka pendek, karena itu jika Anda merasa ingin investasi dalam jangka pendek, sebaiknya pilih jenis investasi lain yang lebih cepat mendapat untung.

    2. Tidak Melakukan Diversifikasi
    Melakukan diversifikasi dalam berinvestasi adalah menempatkan modal investasi di beberapa instrumen investasi yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko rugi dalam investasi. Karena saham adalah jenis investasi yang memiliki risiko tinggi, sebaiknya Anda jangan meletakkan semua modal Anda pada satu saham saja karena ada kemungkinan Anda bisa mengalami kerugian dan kehilangan modal yang sudah Anda tanamkan.

    3.Terlalu Fokus dengan Berita Keuangan
    Satu hal yang perlu investor saham pemula tahu: tidak ada satupun media keuangan di manapun yang benar-benar akurat dan dapat dijadikan acuan untuk Anda mendapatkan keuntungan dari investasi saham. Jika Anda terlalu fokus pada berita, Anda bisa jadi malah melupakan portofolio dan risiko yang Anda punya yang justru bisa menyebabkan kerugian.

    4. Tidak Paham dengan Jenis Investasi yang Diambil
    Salah satu kesalahan terbesar investor saham pemula adalah tidak memahami secara mendalam mengenai jenis investasi yang ia ambil. Padahal, kesalahan ini bisa menjadi fatal terutama apabila sudah terlanjur menanam modal besar pada instrumen saham yang memiliki risiko tinggi.

    5. Terlalu Takut Mengalami Kerugian
    Banyak kesalahan investor pemula terjadi karena mereka terlalu takut mengalami kerugian apabila mereka mengambil tindakan terhadap saham yang mereka punya. Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, seorang investor saham harus paham analisa fundamental dan analisa teknikal dalam investasi saham agar dapat memverifikasi apakah sebuah saham layak dikoleksi atau tidak dan tidak takut mengalami rugi saat akan mengambil tindakan jual/beli.

    6.Terlena dengan Iming-Iming Return Tinggi
    Kesalahan terbesar investor saham pemula selanjutnya adalah mudah mengambil keputusan karena rumor atau iming-iming pihak lain. Terkadang, karena investor terlalu mengikuti berita keuangan dan juga mengikuti rumor yang berlaku di pasaran, mereka dapat tiba-tiba mengambil keputusan untuk membeli saham tertentu. Sekali lagi, sebaiknya mengambil keputusan dalam berinvestasi saham bukanlah karena iming-iming atau rumor, namun harus berdasarkan pada keadaan riil perusahaan dan hasil analisa fundamental dan teknikal.

    7. Membeli Saham Gorengan
    Saham gorengan adalah saham yang harganya berfluktuasi dengan tajam. Hal tersebut disebabkan adanya manipulasi pergerakan harga saham yang dilakukan oleh bandar saham. Biasanya, fundamental perusahaan-perusahaan dari saham gorengan ini kurang bagus dan kapitalisasi pasar dan likuiditasnya rendah. Selain itu, ciri khas dari saham gorengan adalah penjualannya dilakukan dengan menyebarkan rumor tertentu yang membuat investor-investor bisa terjebak dan membeli saham tersebut. Padahal, saham gorengan ini punya risiko tinggi untuk disuspensi oleh Bursa Efek Indonesia. Bila investor saham pemula terjebak membeli saham gorengan, maka ada risiko investor mendapatkan return kecil dari saham tersebut atau bahkan malah merugi.


    Jangan ragu untuk terus belajar dan berdiskusi mengenai investasi. Bila Anda memiliki pendapat atau pertanyaan seputar investasi saham, silakan kunjungi https://juniorsaham.com/
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,811
    Likes Received:
    129
    Trophy Points:
    63
    Belum pernah beli saham, tapi biasanya cara analisanya sama atau mirip dengan morex
    terutama fundamental perusahaan tentang kinerjanya apakah bagus atau tidak
     
  3. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    saham gorengan menarik untuk dicoba tapi dengan kesadaran resikonya, karena resiko tinggi bisa juga profit tinggi. tinggal pintar-pintar pemilihan waktu jual dan beli.
     
Loading...

Share This Page