Hasil dari Hutan Produksi Lestari

Discussion in 'General Discussion' started by ncdigital12, Mar 25, 2021.

  1. ncdigital12

    ncdigital12 New Member

    Joined:
    Mar 3, 2021
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Pengelolaan Hutan Produksi Lestari menghasilkan berbagai komoditas yang dapat membantu menyejahterakan masyarakat. Apa saja? Berikut daftarnya.


    Sebagai masyarakat yang baik, melindungi lingkungan adalah hal yang wajib dilakukan. Orang-orang boleh memanfaatkan lingkungan untuk kebutuhan ekonomi, tetapi dilarang untuk merusaknya.

    Salah satu ekosistem yang patut dijaga dan dilestarikan ialah hutan. Adanya program Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) mampu mewujudkan tujuan tersebut.

    Terlebih, hutan mampu menghasilkan banyak komoditas yang penting bagi kehidupan manusia sehingga tidak boleh dieksploitasi sembarangan. Apa saja komoditas yang dimaksud? Berikut daftar hasil hutan produksi lestari beserta kegunaannya!


    Hasil Hutan Kayu
    Hutan produksi lestari sebagian besar menghasilkan komoditas kayu. Kayu-kayu ini umumnya digunakan untuk pembuatan bangunan dan perabot rumah tangga. Beberapa contoh hasil kayu dari hutan produksi lestari, antara lain,

    1. Jati

    Jati merupakan jenis kayu dari pohon yang tumbuh di area bercurah hujan rendah, yakni sekitar 1.500 hingga 2.000 mm per tahun. Kayu jati sudah sejak lama menjadi primadona di bidang arsitektur dan bangunan karena ketahanannya yang tinggi.

    Sel-sel kayu jati mengandung endapan dan sejenis minyak yang membuatnya awet di luar ruangan sekalipun tanpa bahan pelapis.

    Oleh karena keunggulannya, kayu jati termasuk dalam komoditas langka. Tidak sembarang orang bisa menebang, mengolah, dan memperjualbelikan kayu ini. Pengolahan kayu jati harus diawasi dengan ketat serta dikelola oleh usahawan yang memiliki izin legal. Dengan begitu, kayu jati dapat didayagunakan secara berkelanjutan.


    2. Rotan

    Siapa yang tak mengenal komoditas satu ini? Sama halnya dengan jati, rotan merupakan jenis kayu yang sangat diminati dan kerap dijadikan sebagai bahan baku furnitur. Rotan memiliki banyak kelebihan, seperti bobotnya yang sangat ringan, awet, fleksibel, serta perawatannya yang mudah.

    Kayu ini biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Meskipun murah, nuansa natural dan variasi warnanya yang alami membuat kayu ini populer dari masa ke masa.


    3. Damar

    Hasil Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) berikutnya adalah damar. Pohon yang berasal dari Indonesia ini biasanya tumbuh di dataran rendah dan tersebar di daerah Sulawesi, Kalimantan, Maluku, atau Papua.

    Damar bisa dimanfaatkan dalam bentuk kayu maupun getahnya. Industri bangunan biasanya menggunakan kayu damar dalam konstruksi. Selain itu, damar juga bisa dipakai sebagai bahan dasar furnitur, seperti lemari, meja, dan kursi.


    Hasil Hutan Nonkayu
    Selain kayu, hutan produksi lestari juga menghasilkan bahan baku nonkayu. Beberapa contoh di antaranya adalah sebagai berikut:

    1. Madu

    Hasil hutan yang satu ini bisa dikonsumsi sebagai makanan maupun minuman. Madu merupakan bahan baku yang unik karena tahan lama dan memiliki aneka rasa sesuai dengan keadaan lingkungan.

    Beberapa ragam rasa madu yang populer, antara lain, madu rambutan, madu kopi, madu kaliandra, madu kelengkeng, dan madu bunga karet.

    Selain itu, rasa madu juga bisa berbeda sesuai daerah asal tumbuhan, seperti madu hutan Kalimantan, hutan Jambi, hutan Sumatra, dan hutan Sumbawa.


    2. Karet

    Karet merupakan bahan baku yang berasal dari getah pohon karet yang telah berusia puluhan tahun. Sebagai negara penghasil karet terbesar kedua di dunia, Indonesia mampu memproduksi 3 juta ton karet alami setiap tahun.

    Bahan baku yang elastis ini biasanya digunakan untuk keperluan seperti perabot rumah tangga, bahan bakar, dan campuran aspal.

    Itulah daftar hasil hutan produksi lestari yang patut Anda ketahui. Semuanya memiliki manfaat yang penting bagi manusia sehingga harus didayagunakan dengan cara yang tepat.

    Oleh sebab itu, program Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) hadir untuk mencegah pemanfaatan lingkungan yang merusak dan ilegal. Demi memperoleh hasil hutan yang berkualitas, mari sayangi dan jaga lingkungan bersama!
     
  2. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    117
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Ngomongin hutan jadi miris ya liat saat ini banyak yang merusak dan tindakan ilegal terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita :rolleyes:
     
Loading...

Share This Page